Advertisement

Khasiat Bawang Hitam, Redakan Hipertensi dan Kendalikan Kolesterol  

Ni Luh Anggela
Senin, 04 Oktober 2021 - 14:47 WIB
Budi Cahyana
Khasiat Bawang Hitam, Redakan Hipertensi dan Kendalikan Kolesterol   Bawang merah hitam - JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Bawang hitam merupakan hasil fermentasi dari bawang putih dalam suhu dan kelembaban tertentu. Selama proses fermentasi itulah warna bawang berubah menjadi hitam dengan tekstur yang lebih lembut  dan kenyal serta rasa yang lebih manis.
 
Bawang putih sendiri telah dikaitkan dengan khasiat obat selama ratusan tahun, begitu pula dengan bawang hitam.
 
Di antara manfaat besar bawang hitam, yang paling menonjol adalah kemampuannya yang dapat melawan hipertensi, kaya akan protein serta vitamin B. Tapi selain itu, mereka juga dapat menurunkan kolesterol, risiko diabetes tipe 2, kelelahan dan stres.
 
Di sisi lain, dia memiliki kapasitas antioksidan, meningkatkan pencernaan organisme, menyediakan energi dan sangat ideal untuk memperkuat kesehatan sistem kekebalan tubuh.
 
Menurut Tododisca, Senin (4/10/2021), dua sifat yang paling menonjol dari bawang hitam dan bawang putih tradisional adalah sifat antibakteri dan antiseptiknya. Selain itu, kita harus menambahkan dosis vitamin C yang baik yang dikandungnya; dan untuk semua ini adalah makanan yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan aksi pertahanan terhadap virus dan bakteri, terutama di masa pandemi ini.
 
Bawang hitam juga merupakan makanan super karena menyediakan 18 asam amino esensial bagi organisme, dari 20 jenis yang ada. Diantaranya adalah arginin dan triptofan.
 
Asam amino adalah zat penting yang tidak dapat dihasilkan oleh organisme dan perlu dimasukkan melalui makanan. Bawang hitam adalah makanan yang ideal dalam hal ini.
 
Secara keseluruhan, bawang hitam juga merupakan makanan super karena membantu mencegah penyakit kardiovaskular. Ini berkontribusi untuk memperbaiki kondisi arteri, karena mengurangi jumlah trigliserida dan kolesterol dalam darah.
 
Akhirnya, manfaat lain dari bawang hitam adalah sebagai sumber protein dan kolagen. Kolagen adalah zat penting untuk kesehatan kulit, yang terlibat dalam regenerasi dan penguatan sendi, jaringan, dan tulang.
 
Lalu bagaimana cara mendapatkan makanan super ini?
 
Bawang hitam adalah makanan yang telah masuk ke dunia kuliner, karena selain manfaat dan khasiatnya untuk kesehatan, mereka juga sangat serbaguna dalam hal menyiapkan berbagai resep.
 
Anda dapat menambahkan bawang hitam ke salad, ayam, dioleskan pada roti panggang atau ditambahkan ke pasta.  

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok Cabai Melimpah, Harga Cabai di Sleman Anjlok Ancam Petani

Sleman
| Jum'at, 29 Maret 2024, 17:47 WIB

Advertisement

alt

Sempat Ditangkap, Jambret di Jaksel Kabur Pakai Mobil Patroli Polisi

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 17:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement