Advertisement

Cara Cek Kesehatan Jantung Anda di dalam Waktu Kurang dari 60 Detik Tanpa ke Dokter

Jessica Gabriela Soehandoko
Senin, 04 Oktober 2021 - 18:27 WIB
Budi Cahyana
Cara Cek Kesehatan Jantung Anda di dalam Waktu Kurang dari 60 Detik Tanpa ke Dokter Ilustrasi serangan jantung mendadak pada usia muda - JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – European Society of Cardiology pada 2020 lalu merilis sebuah penelitian yang mengembangkan metode menguji kesehatan jantung secara alami tanpa perlu mengunjungi dokter.
 
Yang Anda butuhkan untuk tes ini adalah stopwatch, waktu 60 detik, dan tangga.
 
Menurut Science Daily, Senin (4/10/2021), dalam pengumpulan 165 pasien kardiovaskular yang telah didiagnosis atau diduga penyakit jantung koroner, masing-masing diminta untuk berjalan di atas treadmill karena intensitasnya meningkat secara bertahap hingga kelelahan.
 
Banyak pasien telah mencatat bahwa selama olahraga teratur, mereka merasakan sesak napas atau bahkan nyeri dada. Begitu berada di titik kelelahan, para peneliti mengukur ‘kapasitas latihan’ melalui ekuivalen metabolik (MET).
 
Saat menggunakan ekuivalen metabolik selama aktivitas, oksigen yang digunakan individu selama waktu itu diukur. Pada skala 1 hingga 10 dengan 10 sebagai yang tertinggi, mereka yang mendapat skor lebih tinggi lebih cenderung bugar dan lebih sedikit menderita masalah kardiovaskular.
 
Setelah evaluasi treadmill, pasien diizinkan untuk beristirahat selama 15 hingga 20 menit, dan kemudian mereka diinstruksikan untuk menyelesaikan 4 tangga yang sama dengan 60 langkah secara individual, secepat mungkin.
 
Para peneliti sekali lagi mengukur ekuivalen metabolisme mereka, serta setiap pola detak jantung tidak teratur yang terjadi dalam salah satu tes, dan kemudian membandingkan tes secara berdampingan.
 
Hasil studi kardiovaskular ini berada di antara dua fase percobaan yang diberikan, keduanya mampu menunjukkan korelasi setara metabolisme dan kesehatan kardiovaskular.
 
Karena itu, ditentukan bahwa mereka yang mampu menyelesaikan tantangan tangga dalam waktu kurang dari satu menit memiliki jumlah setara metabolisme yang lebih tinggi.
 
Sementara mereka yang membutuhkan waktu lebih dari satu menit mungkin memiliki beberapa pekerjaan yang harus dilakukan dalam memperbaiki kesehatan jantung mereka karena mereka dengan MET yang lebih rendah lebih mungkin mengalami masalah kardiovaskular dan mereka memiliki tingkat kematian yang lebih tinggi.
 
Merawat jantung, paru-paru, dan pembuluh darah Anda di seluruh sistem kardiovaskular Anda mengatur panggung untuk bagaimana seluruh tubuh Anda akan berfungsi.
 
Sistem kardiovaskular Anda bertanggung jawab untuk mentransfer oksigen ke seluruh tubuh, efisiensi transportasi darah ke organ vital, serta pengaturan tekanan darah Anda, dan mengurangi kemungkinan kolesterol tinggi dan penyakit jantung koroner.
 
Dengan memiliki kesehatan jantung yang memadai, Anda dapat meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan, memperpanjang hidup Anda, dan memberikan stabilitas yang dibutuhkan agar seluruh tubuh Anda berfungsi dengan baik.
 
Sekarang setelah Anda mengetahui pentingnya memiliki sistem kardiovaskular yang kuat, berikut adalah bagaimana Anda dapat meningkatkan sistem kardiovaskular Anda di rumah setelah mengambil tantangan tangga:
 
Pertama, lakukan diet jantung sehat seperti makan makanan yang rendah gula, lemak trans, dan lemak jenuh, batasi garam Anda, dan makan sebanyak mungkin sayuran dan makanan berserat tinggi yang Anda bisa.
 
Kedua, berolahraga secara teratur. Terapkan rutinitas setidaknya 30 menit aktivitas sedang hingga intens setiap hari dan berjalanlah kapan pun Anda bisa.
 
Terakhir, tidurlah. Pastikan Anda mendapatkan tidur yang konsisten setiap malam untuk mengurangi tekanan darah dan tingkat kecemasan Anda.
 
Masing-masing hal di atas dapat membantu Anda meningkatkan aliran darah dan menciptakan lingkungan yang lebih sehat bagi jantung dan tubuh Anda untuk berfungsi di dalamnya.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Harga Tiket KA Bandara YIA Hanya Rp20.000, Berikut Cara Memesannya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement