Advertisement

Ini Tips Memilih Skincare untuk Kulit Sensitif

Annasa Rizki
Sabtu, 16 Oktober 2021 - 15:57 WIB
Bhekti Suryani
Ini Tips Memilih Skincare untuk Kulit Sensitif Kulit sensitif - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Kulit sensitif muncul karena berbagai faktor seperti masker wajah, perubahan iklim, faktor lingkungan dan gaya hidup seseorang yang tidak sehat. Orang yang memiliki kulit putih cenderung memiliki kulit yang mudah teriritasi.  

Pada kulit sensitif, sel-sel kulit tidak bisa menahan kelembapan. Hilangnya lebih banyak kelembaban dari kulit dapat dengan mudah membuatnya kering dan lebih reaktif terhadap produk.  

Advertisement

Berikut ini tips merawat wajah dengan tipe sensitif yang dilansir dari Pinkvilla (15/10/2021):

1. Gunakan pembersih wajah yang ringan tanpa bahan kimia. Pijat wajah dengan lembut, jangan berlebihan.  

Jangan eksfoliasi kulit terlalu sering. Gunakan hanya eksfoliator yang aman untuk kulit sensitif. Pengelupasan kulit yang berlebihan dapat mengganggu penghalang kulit hingga membuatnya lebih buruk.

Hindari mencuci muka dengan pembersih berbahan dasar sabun yang akan mengganggu skin barrier dan mengiritasi kulit sensitif.

2. Hindari pembersih yang mengandung bahan eksfoliasi 

Pembersih yang mengandung bahan eksfoliasi adalah asam alfa hidroksi, seperti asam glikolat, dan eksfoliator fisik, seperti scrub wajah yang dibuat dengan butiran.  

Gunakan toner bebas alkohol dan bahan kimia yang keras. Kandungan asam salisilat untuk kulit sensitif dapat menyebabkan sengatan ringan yang dapat dengan mudah mengiritasi kulit sensitif. Hal tersebut akan membuat kulit menjadi merah atau timbul jerawat.

Ganti seprai setidaknya 1 atau 2 minggu sekali. Kotoran di seprai dapat membuat iritasi pada kulit. Kulit sensitif Anda bersentuhan dengan make-up, keringat, kotoran, minyak kulit kepala, bakteri, dll setiap kali Anda berbaring di atasnya, yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan flare-up.

3. Oleskan pelembab pada wajah agar kulit tidak terlalu kering. 

Gunakan tabir surya dengan SPF 30 yang mengandung zinc oxide atau titanium dioxide. Bahan-bahan mineral ini kurang mengiritasi dan kurang reaktif untuk jenis kulit sensitif. Hindari sunscreen dengan kandungan oxybenzone dan avobenzone.

4. Jangan mandi air panas lebih dari 10 menit. Hawa panas akan membuat kulit iritasi

Jika akan menggunakan retinol, konsultasikan dengan dokter agar kulit tidak semakin iritasi. Jangan menggunakan terlalu banyak produk skincare.

Gunakan pelembap biasa atau ringan yang tidak mengandung bahan aktif yang dirancang untuk mengobati jerawat atau yang memiliki tujuan anti-penuaan. Jangan gunakan lebih banyak produk dengan bahan serupa karena dapat membuat kulit sensitif, meradang, dan ruam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

LKPJ Gubernur DIY 2023, DPRD Beri Catatan soal Penurunan Kemiskinan Belum Capai Target

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 13:17 WIB

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement