Advertisement

Cara Usir Cicak di Rumah

Newswire
Senin, 10 Januari 2022 - 03:27 WIB
Jumali
Cara Usir Cicak di Rumah Cicak - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Cicak di dalam rumah tentu bukan suatu hal yang ingin kita temui. Selain mengganggu, mereka juga beracun karena masih termasuk dalam salah satu hama.

Dilansir dari laman Livespace, Minggu (9/1/2022) berikut 8 cara mengusir cicak dari rumah dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan.

Advertisement

1. Semprotan Lada

Salah satu cara mengusir cicak dari dalam rumah dapat dilakukan dengan menggunakan semprotan lada. Cara membuatnya, cukup campurkan bubuk lada hitam dengan air dan semprotkan cairan tersebut ke tempat di mana cicak biasa bersembunyi atau menempel.

Cicak sangat membenci larutan lada hitam karena dapat mengiritasi mereka sehingga kehilangan kemampuan menempel di dinding.

Selain lada, bisa juga gunakan cabai bubuk, atau cabai yang ditumbuk.

2. Bawang Merah dan Bawang Putih

Bumbu dapur ini memiliki bau menyengat yang dapat membuat cicak tidak nyaman. Caranya, tempatkan potongan bawang putih, bawang merah, atau bawang bombay ke sudut-sudut rumah yang biasa digunakan cicak bersembunyi.

Awalnya, bau ini mungkin juga sedikit mengganggu Anda, namun perlahan akan terbiasa. Jika tidak suka meninggalkan sampah potongan-potongan bawang, buatlah semprotan bawang.

3. Berikan Sirkulasi Udara

Salah satu tempat yang paling disukai cicak adalah tempat yang lembab, seperti lemari dapur, khususnya ruang penyimpanan di bawah wastafel. Jika ada pipa bocor, segera perbaiki sebelum mengundang cicak untuk mendekatinya.

Untuk mencegah ruangan lembab pada rak penyimpanan di bawah wastafel, buka rak secara berkala. Ini merupakan cara paling mudah untuk mencegah kadal sejenis cicak bertelur di sana.

4. Kamper

Jika Anda tidak memiliki anak kecil atau hewan peliharaan di rumah, kamper juga bisa dijadikan pilihan untuk mengusir cicak. Baunya yang menyengat akan membuat kadal menjauhi rumah Anda.

Tempatkan kamper di lemari, laci dapur, rak di bawah wastafel, dan tempat-tempat tertutup. Pastikan kaper jauh dari sumber air dan makanan.

5. Kulit Telur

Alih-alih langsung dibuang ke tempat sampah, gunakan kulit telur untuk mengusir cicak dari rumah. Pasalnya, cicak tidak tahan dengan bau menyengat dari kerak telur. Tempatkan kulit telur di sudut-sudut rumah yang sering dikunjungi cicak. Pastikan tidak mencuci kerak telur sebelum digunakan, cukup keringkan terlebih dulu.

6. Buang Sisa Makanan

Cicak biasanya masuk ke rumah untuk mencari sisa-sisa makanan atau remah-remah yang jatuh dari tempat penyimpanan makanan. Oleh karena itu, pastikan sisa dan tumpahan makanan segera dibersihkan.

Tetapkan jadwal untuk membersihkan lemari dapur secara mendalam supaya dapat menemukan sisa makanan jatuh dan membersihkannya dengan menyeluruh.

7. Saus Tabasco
Tidak hanya membenci baunya, cicak juga tidak suka rasa pedas dari saus tabasco. Cara menggunakan saus tabasco untuk mengusir cicak adalah mencampurkannya dengan air dan menggunakannya dengan semprotan.

8. Turunkan Suhu Ruangan

Kadal lebih menyukai iklim yang lebih hangat dan tidak dapat mengatur tubuh mereka. Itulah sebabnya, cicak jarang ditemukan di negara dingin, karena mereka akan sulit bertahan hidup. Sayangnya menggunakan kipas dan angin jendela saja tidak bisa mengusir cicak, karena Anda setidaknya harus membuat suhu ruangan mencapai 22 derajat Celcius.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Penyalahgunaan Narkoba: Polresta Jogja Tangkap 7 Orang, Sita Sabu hingga Obar Berbahaya

Jogja
| Selasa, 30 April 2024, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Kualitas Pelayanan Publik Meningkat, Pj Gubernur Jateng Raih Anugrah Inovasi Pembangunan Terpuji

News
| Selasa, 30 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement