Advertisement

Tips Supaya Tidur Lebih Nyenyak di Malam Hari

Nabila Dina Ayufajari
Sabtu, 12 Februari 2022 - 04:27 WIB
Budi Cahyana
Tips Supaya Tidur Lebih Nyenyak di Malam Hari Ilustrasi tidur nyenyak - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Tidur lebih nyenyak di malam hari kadang sangat sukar dialami sehingga kita butuh tips jitu.

Kebiasaan makan yang tidak sehat hingga terlalu melelahkan diri sendiri, semua itu dapat mengganggu jadwal tidur Anda dan memperburuk keadaan Anda.

Advertisement

Berikut 4 tips untuk membantu Anda agar tidur lebih nyenyak di malam hari, seperti yang dikutip dari Pink Villa, Jumat (11/2/2022).

1. Pertahankan rutinitas waktu tidur yang teratur

Pastikan Anda tidur nyenyak selama delapan jam setiap malam. Beberapa ahli menyarankan bahwa orang dewasa yang sehat membutuhkan, setidaknya, tujuh jam tidur setiap malam.

Apabila Anda tidak yakin cara mencapainya, maka mulailah dengan mengatur alarm. Pertahankan waktu yang sama untuk tidur dan bangun. Satu jam harus menjadi perbedaan maksimum antara jadwal tidur di hari kerja dan akhir pekan Anda. Mempertahankan siklus tidur-bangun yang teratur lebih mudah jika Anda menaatinya.

2. Mandi air hangat

Jika Anda mengalami hari yang melelahkan di tempat kerja, maka sangat penting bagi Anda untuk merasa rileks sebelum tidur. Hal ini bisa dilakukan dengan mandi air panas atau hangat. Dengan demikian, akan menghapus semua kelelahan dan akan membuat Anda segar kembali. Semakin santai Anda, maka semakin besar peluang Anda untuk tidur nyenyak.

3. Membatasi tidur siang di siang hari

Tidur siang yang lama di siang hari dapat mengganggu kemampuan seseorang untuk tidur di malam hari. Jika Anda memutuskan untuk tidur siang, maka pertahankan tidak lebih dari 30 menit dan hindari melakukannya lagi di sore hari. Untuk mengimbangi kurang tidur jika Anda bekerja malam, maka Anda mungkin perlu tidur siang sebelum berangkat ke kantor.

4. Berlatih meditasi

Berlatih meditasi adalah jawaban untuk hampir semua masalah. Jika Anda tidak dapat tidur nyenyak, maka berlatihlah meditasi. Anda dapat memulainya dengan melakukannya selama 5 menit setiap hari dan kemudian secara bertahap meningkatkan durasinya. Hal ini akan membantu Anda menjaga pikiran tetap tenang dan menghasilkan tidur yang nyenyak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Masa Jabatan Lurah Diperpanjang, Apdesi Bantul: Harus Dioptimalkan Untuk Peningkatan Kinerja Lurah

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement