Advertisement

Simak Tips untuk Menjaga Penglihatan Mata Tetap Baik

Nabila Dina Ayufajari
Rabu, 02 Maret 2022 - 22:57 WIB
Bhekti Suryani
Simak Tips untuk Menjaga Penglihatan Mata Tetap Baik Kaca mata hitam - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Merawat penglihatan mata sangat penting untuk kesehatan, kesejahteraan, dan kesegaran tubuh secara keseluruhan.

Kehilangan penglihatan bukan bagian normal dari penuaan. Karena itu, sangat penting untuk melindungi penglihatan kita, bahkan jika Anda memiliki kesehatan mata yang baik saat ini.

Advertisement

Normal untuk mengalami perubahan penglihatan seiring bertambahnya usia, seperti kesulitan membedakan warna, menyesuaikan diri dengan silau, dan rabun dekat atau rabun jauh. Namun, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk menjaga mata Anda tetap sehat dan membantu mencegah kehilangan penglihatan di kemudian hari.

BACA JUGA: Kualitas Pelajar di Jogja Merosot Gara-Gara Pandemi, Ini Datanya

Berikut 4 tips untuk menjaga penglihatan agar tetap baik seperti dikutip dari Pink Villa, Rabu (2/3/2022). 

1. Konsumsi makanan yang seimbang

Pilih makanan tinggi antioksidan, seperti Vitamin A dan C, sebagai bagian dari diet sehat Anda, seperti sayuran berdaun hijau dan ikan. Banyak makanan terutama ikan berlemak, seperti salmon, mengandung asam lemak omega-3 esensial yang penting untuk kesehatan makula, bagian mata yang bertanggung jawab untuk penglihatan sentral.

2. Tidur nyenyak

Ketika Anda cukup tidur, maka Anda akan melihat perbedaannya. Anda akan terlihat hebat, berkinerja baik di rumah atau di tempat kerja, dan tidur yang baik akan membantu kesehatan mata Anda. Tidur malam yang baik juga memiliki beberapa keuntungan, termasuk fakta bahwa tidur malam mendorong pertumbuhan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh kita.

3. Selalu pakai kacamata hitam

Cara terbaik untuk menjaga kesehatan mata Anda adalah dengan membeli kacamata hitam yang akan melindungi mata Anda dari sinar UV matahari. Cari kacamata hitam yang menawarkan perlindungan UVA dan UVB 99-100 persen. Katarak lebih mungkin terjadi jika Anda mendapatkan terlalu banyak paparan sinar UV.

4. Hindari menyentuh mata saat tidak perlu

Pertama dan terpenting, hindari kontak mata yang tidak perlu. Namun, jika Anda harus menggaruk, maka lakukan dengan tangan yang bersih. Banyak kuman dan bakteri hidup di tangan dan dapat masuk ke mata Anda yang menyebabkan infeksi, seperti konjungtivitis bakteri. Salah satu cara orang tertular kuman virus flu adalah dengan mengucek mata.

Jika Anda mengikuti cara-cara yang disebutkan di atas, maka Anda pasti akan menjaga mata Anda tetap sehat dan menjaga penglihatan yang baik. Selamat mencoba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement