Advertisement

Tes DNA Ternyata Punya Manfaat untuk Kesehatan

Intan Riskina Ichsan
Senin, 25 Juli 2022 - 21:27 WIB
Bhekti Suryani
Tes DNA Ternyata Punya Manfaat untuk Kesehatan Test DNA - clevelandclinic

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Ketika Anda melakukan tes DNA, Anda dapat mempelajari banyak sekali informasi tentang diri Anda sendiri.

Pengetahuan soal DNA ini juga dapat meningkatkan kualitas hidup Anda ke depannya.

Advertisement

Tes DNA juga sangat bermanfaat untuk kesehatan dan preventif kesehatan Anda.

Anda dapat mengetahui informasi tentang kebutuhan diet Anda, ciri-ciri kepribadian, kanker dan risiko penyakitnya, kesehatan otak, mengetahui kondisi stres dan kebutuhan tidur, keluarga berencana, ciri-ciri perilaku, ciri-ciri fisik, informasi keturunan dan banyak lagi.

Berikut 10 manfaat terbaik dari tes DNA yang memiliki kaitan dengan kondisi kesehatan, dilansir dari Circle Magazine:

1. Kebutuhan Diet

Tes DNA dapat membantu Anda mengoptimalkan kesehatan dengan memberikan informasi tentang kepekaan Anda terhadap makanan, intoleransi makanan, dan diet optimal berdasarkan gen Anda. Tes DNA akan memberi Anda profil diet untuk Anda sendiri, lengkap dengan rekomendasi berdasarkan kebutuhan diet Anda. Anda akan belajar tentang hal-hal seperti sensitivitas karbohidrat, intoleransi laktosa, dan lainnya.

2. Laporan Nutrisi Genetik

Laporan DNA Anda dapat memberi tahu Anda tentang kemampuan tubuh Anda untuk menyerap vitamin dan mineral penting tertentu berdasarkan genetika. Misalnya, jika Anda secara genetik memiliki kebutuhan zat besi yang lebih tinggi, Anda akan menyadari bahwa Anda perlu menambahkan lebih banyak zat besi ke dalam makanan Anda. Laporan nutrisi genetik ini membantu mengubah kesehatan Anda.

3. Mencegah Kanker dan Risiko Penyakitnya

Salah satu manfaat utama dari tes DNA adalah Anda dapat mengetahui risiko kanker. Anda juga akan belajar tentang risiko kondisi kesehatan lainnya, termasuk risiko obesitas, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung. Jika Anda mengetahui bahwa Anda berisiko terkena penyakit atau kanker, Anda dapat mengambil tindakan pencegahan dengan menyesuaikan pilihan gaya hidup, melakukan tes skrining, dan lainnya.

4. Informasi Keturunan

Salah satu manfaat lain dari tes DNA adalah belajar lebih banyak tentang latar belakang etnis Anda. Tes DNA dapat memperkirakan persentase asal nenek moyang Anda di enam wilayah geografis yang berbeda.

5. Profil Genetik Kulit

Salah satu manfaat paling menarik dari tes DNA adalah Anda dapat mempelajari profil genetik kulit Anda dan mengambil tindakan pencegahan terhadap kondisi kulit. Anda dapat mengetahui tentang kekuatan dan kelemahan alami kulit Anda. Anda akan belajar tentang usia kulit Anda, risiko jerawat, kecenderungan selulit, risiko pembentukan kerutan, kecenderungan kulit memar, kebutuhan hidrasi kulit, dan lainnya.

6.  Wajah, Tubuh, dan Ciri Fisik

Tes DNA dapat memberi tahu Anda banyak tentang ciri fisik Anda. Anda lebih bisa memahami tubuh Anda, misal jika Anda kebingungan mengapa kesulitan menambah berat badan. Maka dengan tes DNA, Anda akan mengetahui ada masalah apa dalam tubuh Anda.

7. Kepribadian dan Perilaku

Mengenal diri sendiri lebih baik membantu Anda mencintai dan menerima diri sendiri. Neurotransmiter seperti dopamin, serotonin, dan oksitosin menciptakan kerangka kerja untuk kepribadian inti Anda. Tes DNA menganalisis gen yang terkait dengan neurotransmiter ini untuk menentukan disposisi perilaku genetik Anda. Anda akan belajar tentang genetik Anda dalam hal keramahan, keterbukaan, dan lainnya.

8. Kecenderungan Kecanduan

Kecanduan dalam bentuk apa pun adalah masalah kesehatan yang sangat serius, jadi akan sangat membantu untuk mempelajari kecenderungan kecanduan Anda berdasarkan DNA Anda. Jika Anda berisiko kecanduan makanan, kecanduan alkohol, atau kecanduan merokok, tes DNA Anda akan menyertakan informasi tentang risiko ini.

9. Program Pelatihan Optimal

Tes DNA dapat membantu Anda memahami tipe tubuh Anda dan mengetahui program pelatihan optimal terbaik. Kekuatan dan daya tahan tergantung pada genetika Anda. Dapat membantu Anda menemukan cara untuk memodifikasi rutinitas latihan dengan memanfaatkan daya tahan tubuh dan mengatasi kelemahannya dalam hal kekuatan.

10.  Keluarga Berencana Berdasarkan DNA Anda

Jika Anda dan pasangan sama-sama mendapatkan tes DNA yang komprehensif, Anda bisa mendapatkan wawasan genetik tentang apakah Anda atau pasangan membawa kondisi yang dapat diwariskan dan diturunkan kepada anak-anak Anda. Banyak dari kita adalah pembawa dan kita tidak mengetahuinya. Ini penting untuk mengetahui risiko menurunkan suatu kondisi kepada anak Anda yang belum lahir.

Salah satu perusahaan yang menyediakan tes DNA untuk kesehatan di Indonesia yakni Diagnos dengan metode DNAandMe.

Ini adalah pemeriksaan genetik dari Diagnos Genomik yang bisa memberikan informasi mengenai keunikan seorang individu berdasarkan susunan gen yang menyusun seorang individu tersebut.

Mereka menyatakan hasil tes DNAandMe akurasi mencapai 98,5% dengan Advanced Technology yang berbasis DNA Asia.

Menggunakan Teknologi Microarray (Illumina Tech) sehingga mampu menganalisis secara simultan ekspresi ribuan gen dalam sel.

Dengan mengetahui sifat keunikan ini, Anda bisa merencanakan masa depan berdasarkan potensi maksimal yang Anda miliki 

Dokter Spesialis Patologi Klinik Laboratorium Diagnos dr Ricky Tjahjadi, SpPK, mengatakan tes DNA tersebut dilakukan melalui swab, atau tes usap untuk mengambil sampel dari pipi bagian dalam. Setelah itu, sampel akan dikirimkan ke laboratorium dan hasilnya bisa diakses di aplikasi.

Proses pengambilan sampel

  1. Kumur-kumur dengan air/minum air putih
  2. Gunakan sarung tangan sebelum mengambil sampel DNA
  3. Tekan, gosokkan, dan putar dakron swab selama minimal 1 menit di dinding pipi kanan, dan 1 menit di dinding pipi kiri
  4. Masukkan dakron swab ke dalam tabung dan patahkan di bagian yang sudah diberi tanda
  5. Kocok tabung selama 10x
  6. Selimuti tabung dengan absorben pad
  7. Masukkan tabung ke dalam pouch
  8. Masukan pouch berisi sampel dan consent form ke dalam box kit

Adapun, tes DNA yang mereka layani bisa mengetahui mulai dari risiko alergi, karakteristik perilaku, masalah kesehatan umum, risiko komplikasi covid, kesehatan gigi dan mulut, diet dan nutrisi, penyakit, kesehatan mata, perencanaan keluarga, kebugaran, karakteristik gender, kesehatan mental, sistem syaraf, kesehatan anak, karakteristik kepribadian dan kesehatan kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Sambut Pemudik dan Wisatawan Libur Lebaran 2024, Begini Persiapan Pemkab Gunungkidul

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement