Advertisement

5 Trik Jitu Hilangkan Ketombe, Pakai Bahan di Sekitar Rumah

Bernadheta Dian Saraswati
Senin, 08 Agustus 2022 - 11:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
5 Trik Jitu Hilangkan Ketombe, Pakai Bahan di Sekitar Rumah Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Beberapa perempuan berhijab kerap menghadapi masalah ketombe. Meski penampakan kotombenya bisa tertutupi kain jilbab, tetapi rasa risih dan gatal tidak bisa dihindarkan. 

Jika ketombe sudah membuat masalah lain muncul, seperti rambut rontok hingga bau tidak sedap, para perempuan berjilbab akan semakin tidak nyaman. 

Advertisement

Untuk itu masalah ini perlu segera diatasi agar tidak semakin parah dan mengganggu penampilan. Ada cara alami yang dapat dipilih untuk menghilangkan ketombe di kepala. Bahan-bahannya pun mudah ditemui di sekitar rumah. 

Dilansir dari Sunsilk, ini 5 cara menghilangkan ketombe secara Alami untuk perempuan berhijab:

1. Lidah buaya

Selain bermanfaat untuk melembapkan dan melembutkan kulit wajah, ternyata lidah buaya juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan rambut, salah satunya adalah untuk mengatasi masalah ketombe. Hal ini dikarenakan lidah buaya memiliki kandungan antijamur dan antibakteri di dalamnya. Dari lidah buaya ini, kamu bisa memanfaatkan bagian gel yang terdapat dalam dagingnya (bagian dalam yang transparan) secara langsung atau dengan membeli aloe vera kemasan yang dijual di pasaran.

Cara menggunakannya juga sangat mudah yaitu dengan mengoleskan gel lidah buaya ke kulit kepala secara merata, kemudian berikan pijatan ringan menggunakan ujung jari dengan tekanan yang lembut dan konsisten secara menyeluruh. Setelah memijat kulit kepala secara menyeluruh, diamkan beberapa saat agar menyerap sempurna.

Kemudian, bilas menggunakan air bersih, bila perlu ulangi hingga beberapa kali dan diamkan rambut selama satu jam. Ingat, tak perlu menggosok rambut menggunakan handuk dan biarkan rambut mengering dengan sendirinya, ya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa melakukannya dua kali dalam seminggu.

2. Baking soda

Baking soda atau soda kue bisa dijadikan sebagai salah satu cara menghilangkan ketombe secara alami. Baking soda sendiri merupakan zat eksfolian yang dipercaya mampu mengangkat minyak dan sel-sel kulit mati di kulit kepala. Sama halnya dengan lidah buaya, baking soda juga memiliki kandungan zat antijamur yang bisa melawab jamur penyebab ketombe, seperti Malassezia Globosa.

Namun penggunaan baking soda yang berlebihan untuk mengatasi ketombe justru bisa membuat kulit kepala kehilangan minyak alaminya dan menyebabkan kulit menjadi sangat kering dan mudah iritasi. Untuk mencobanya di rumah, basahi rambut dan kulit kepala hingga merata, kemudian oleskan 2-3 sendok makan baking soda di kulit kepala secara menyeluruh.

Diamkan selama kurang lebih dua menit sebelum membilasnya menggunakan air bersih. Bila perlu, ulangi pembilasan dan pastikan tidak ada endapan baking soda yang tersisa di kulit kepala ya, Sist! Lakukan cara ini dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil terbaiknya.

3. Minyak kelapa

Bahan alami selanjutnya yang bisa kamu manfaatkan sebagai cara mengilangkan ketombe secara alami adalah minyak kelapa. Fungsi minyak kelapa dalam hal ini adalah untuk menghidrasi kulit kepala yang kering sebagai salah satu penyebab munculnya ketombe pada perempuan berhijab.

Tak hanya itu, kandungan zat antimikroba di dalamnya juga dipercaya mampu membantu melawan jamur dan bakteri penyebab ketombe. Untuk mengaplikasikannya oleskan dua sendok makan minyak kelapa di kulit kepala hingga merata. Berikan pijatan ringan menggunakan ujung jari, mulai dari tepi pinggir rambut, ke bagian tengah, dan bagian belakang rambut.

Diamkan selama satu jam, kemudian bersihkan rambut menggunakan sampo dan membilasnya menggunakan air bersih. Lagi-lagi, pastikan kulit kepala sudah bersih dan tidak ada sisa minyak kelapa yang menempel di kulit kepala dan helaian rambut.

4. Tea tree oil

Tea tree oil juga dikenal sebagai bahan alami yang banyak dimanfaatkan untuk mengatasi permasalahan kulit, salah satunya adalah kulit kepala. Hal ini karena tea tree oil memiliki kandungan antimikroba dan anti peradangan yang mampu melawan jamur penyebabb ketombe serta dermatitis seboroik dengan efektif.

Maka tak heran juga kalau tea tree oil seringkali dijadikan sebagai salah satu bahan alami yang terdapat pada produk sampo khusus ketombe. Untuk menggunakannya, campurkan 2-3 tetes tea tree oil dengan 3 tetes minyak kelapa, kemudian tuangkan ke kapas bersih. Setelah itu, oleskan pada kulit kepala secara merata. 

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini sebanyak tiga kali dalam seminggu. Namun perlu diingat, jika kamu termasuk salah satu perempuan berkulit sensitif, sebaiknya perlu berhati-hati dalam menggunakannya ya, Sist. Pasalnya, penggunaan tea tree oil mungkin saja menimbulkan iritasi pada kulit bagi beberapa orang. So, kenali dulu kondisi kulit kamu sebelum menggunakannya, ya!

5. Jeruk nipis

Cara menghilangkan ketombe dengan bahan alami lainnya bisa dengan memanfaatkan perasan air jeruk nipis. Sifat asam dan kandungan antioksidan di dalamnya dikenal mampu menghambat perkembangan salah satu jenis jamur penyebab ketombe, seperti Malassezia Furfur.

Cara menggunakannya pun cukup mudah, oleskan perasan jeruk nipis ke permukaan kulit kepala, kemudian diamkan selama beberapa menit agar sari jeruk nipisnya meresap sempurna hingga ke dalam kulit kepala dan folikel rambut. Setelah itu, bilas menggunakan air bersih dan dilanjutkan dengan keramas menggunakan sampo untuk atasi ketombe.

Lakukan cara ini secara rutin setidaknya hingga keluhan ketombe berkurang bahkan menghilang. Kamu juga bisa mencampurkan perasan jeruk nipis dengan cuka apel, minyak zaitun, atau garam dan aplikasikan pada kulit kepala secara merata sebelum membilasnya menggunakan air bersih dan melanjutkannya dengan keramas menggunakan sampo ketombe pilihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru! KRL Jogja-Solo Sabtu 20 April 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 00:57 WIB

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement