Advertisement

Perempuan Perlu Pelajari Menopause Sejak Usia Muda

Newswire
Jum'at, 21 Oktober 2022 - 05:47 WIB
Lajeng Padmaratri
Perempuan Perlu Pelajari Menopause Sejak Usia Muda Ilustrasi Menstruasi - ist/classic105

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Bagi setiap perempuan yang menstruasi secara normal, biasanya akan mengalami menopause atau berakhirnya siklus menstruasi di usia sekitar 45 tahun.

Fase tersebut membuat perempuan sudah tidak bisa hamil lagi. Lebih dari itu, menopause juga membuat kepadatan tulang perempuan menurun sehingga lebih rentan terkena osteoporosis.

Advertisement

Agar lebih siap ketika memasuki masa menopause, anggota Komnas Perempuan Retty Ratnawati berpesan agar para perempuan muda mulai mempelajari seluk beluk tentang menopause. Ia juga meminta perempuan mengetahui cara menjaga kesehatan diri sejak dini.

Menurut dia, hal ini penting agar perempuan mengetahui tanda-tanda menopause hingga perubahan kondisi psikologis yang terjadi saat memasuki masa menopause.

"Tanda-tanda menopause itu ketika satu tahun sudah tidak menstruasi, kadang-kadang bisa sampai satu setengah tahun. Itu (menstruasi) masih datang dan pergi. Terus tiba-tiba (perasaan) bisa jadi sensitif banget ya. Kalau kita menyadari ini, kan respons kita akan jadi berbeda," katanya dikutip dari Antara, Jumat (21/10/2022).

Selain itu, dengan memahami bahwa masa menopause akan terjadi, perempuan juga akan lebih berupaya menjaga kesehatan dirinya.

"Jangan sampai menopause dulu, baru memperhatikan kesehatan. Itu sudah terlambat," kata Retty.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

BPBD DIY Catat Sejumlah Kejadian Selama Libur Lebaran, Berikut Daftarnya

Jogja
| Selasa, 16 April 2024, 12:17 WIB

Advertisement

alt

Amerika Serikat Bungkam Soal Rencana Balasan Israel ke Iran

News
| Selasa, 16 April 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement