Advertisement

Terlalu Banyak Konsumsi Protein Bisa Sebabkan Masalah Ginjal

Newswire
Minggu, 23 Oktober 2022 - 11:47 WIB
Lajeng Padmaratri
Terlalu Banyak Konsumsi Protein Bisa Sebabkan Masalah Ginjal Ilustrasi cek kesehatan. - freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Mengonsumsi protein yang berlebihan rupanya bisa membuat ginjal sulit bekerja.

Guru Besar Pangan dan Gizi Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof. Ali Khomsan mengatakan dari aspek gizi, persoalan ginjal biasanya terjadi karena orang mengkonsumsi terlalu banyak protein. “Sehingga ginjal itu mengalami situasi yang berat untuk melakukan proses pencernaan yaitu protein yang terlalu tinggi," ujar Prof. Ali dikutip dari Antara, Minggu (23/10/2022).

Advertisement

Saat ini, pembahasan mengenai sakit ginjal tengah menuai polemik setelah munculnya penyakit gagal ginjal akut yang menyerang anak-anak di Indonesia. Diduga penyebabnya ialah konsumsi paracetamol cair.

Prof. Ali menjelaskan gagal ginjal akut adalah kondisi yang baru terjadi dan berlangsung dengan proses yang cepat. Sedangkan gagal ginjal kronis, berlangsung secara perlahan dan lama seperti masalah stunting.

Dari sisi gizi, gagal ginjal bisa terjadi akibat konsumsi makan berlebihan, khususnya yang memiliki kandungan protein tinggi.

Menurutnya, apabila seseorang sudah memiliki riwayat penyakit ginjal maka harus lebih berhati-hati dalam memilih asupan makanan.

"Tapi itu kalau orang sudah mempunyai masalah. Jangan sampai kita mengatakan, 'Jangan makan protein nanti gagal ginjal.' Nanti keliru lagi, nanti anak-anak banyak stunting lagi," kata Prof. Ali.

Ia mengatakan kunci dari menjaga kesehatan organ tubuh termasuk ginjal adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat yang memenuhi anjuran gizi seimbang.

"Jadi jangan berlebihan karena kalau makanan itu kan kuncinya moderate is the best, yang sedang-sedang saja itu yang bagus, jangan kurang, jangan lebih,” urainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ini Rekayasa Lalu Lintas yang Disiapkan Polres Bantul Untuk Atasi Kemacetan saat Libur Lebaran

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

TWC Targetkan Wisatawan Candi Borobudur & Prambanan Naik 37% Saat Libur Lebaran

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 19:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement