HomeLifestyle

Kebutuhan Emosional Penting Dipenuhi untuk Menjaga Keharmonisan

Oleh:Tika Anggreni Purba
14 Maret 2019 - 07:07 WIB

Ilustrasi - Elcrema

Harianjogja.com, JAKARTA—Setiap pasangan memiliki karakteristik hubungan yang berbeda. Akan tetapi, tetap ada kebutuhan emosional mendasar yang ahrus dipenuhi agar hubungan berjalan menjadi lebih baik.

Berikut ini adalah 5 kebutuhan emosional yang harus diperhatikan setiap pasangan untuk mencapai hubungan yang erat dan hangat setiap hari.

1. Kebutuhkan untuk didengarkan

Seseorang akan merasa lebih dihargai dan penting ketika dia didengarkan. Anda tidak perlu setuju dnegan semua hal yang dikatakan pasangan Anda, tetapi Anda harus belajar untuk mendengarkan. Dalam hubungan dengan pasangan, setiap pasangan harus saling menghormati pendapat. Dengan begitu, pasangan akan aktif mendengarkan, merefleksikan apa yang didengar, dan menggunakannya untuk saling membangun.

2. Kebutuhan untuk merasa diterima

Setiap pasangan perlu merasa bahwa mereka diterima oleh pasangannya apa adanya, sekalipun dia memiliki kekurangan, ketidaksempurnaan, dan kelemahan lainnya. Setiap pasngan harus merasa bahwa mereka adalah bagian dari kehidupan pasangannya, sehingga dia betah dalam hubungan mereka dan cukup nyaman untuk saling berbagi.

3. Kebutuhan akan kepercayaan

Pasangan perlu merasa bahwa dia dapat mempercayai pasangannya dan merasa aman di dalamnya. Kepercayaan biasanya menimbulkan rasa aman untuk berbagi apapun, baik pikiran dan perasaan. Kepercayaan juga akan membuat pasangan merasa selalu dicintai, diprioritaskan, dan dihargai.

4. Kebutuhan untuk dihargai dan diprioritaskan

Sangat penting untuk diketahui bahwa pasangan memiliki kebutuhan untuk dihargai oleh pasangannya. Pasangan harus menjadi orang pertama yang dihargai, dipriotitaskan, dan diutamakan dibandingkan dengan orang lain. Bukan berarti pasangan tidak boleh mandiri, tetapi hal ini untuk menunjukkan bahwa masing-masing pasangan mengetahui bahwa mereka saling membutuhkan.

5. Kebutuhan untuk merasa diinginkan

Dalam hubungan romantis, pasangan memiliki kebutuhan untuk merasa diinginkan oleh pasangan mereka. Hal ini akan meningkatkan keintiman dan kehangatan, sekalipun tidak melibatkan seks.

Sumber: JIBI/Bisnis Indonesia Tag: keluarga Editor: Maya Herawati

Artikel Terkait
Ayah dan Ibu, Begini Tips Pola Asuh Anak yang Baik dan Sehat dalam Keluarga 1 week ago
Dibenci Tetangga? Anda Tak Perlu Pindah Rumah 1 week ago
Kesalahan Wanita saat Memilih Suami 2 weeks ago
Manfaat Orang Tua Menemani Anak Bermain 2 weeks ago

Berita Pilihan

Bahaya Konsumsi Madu Berlebihan Makanan Ini Jangan Dikonsumsi saat Perut Kosong Tanda Pasangan Anda Berbohong Manfaat Menari untuk Kesehatan Anda Tips Memarkirkan Mobil di Rumah saat Liburan
Berita Terbaru
Jenguk Pasien, Perhatikan Etika Berikut Ini 2 hours ago
Marak Tren Trilingual di Media Sosial, Pakar Bahasa: Belum Tentu Merusak 3 hours ago
Atasi Kelilipan dengan Langkah Ini 3 hours ago
Cara Urus KK bagi Pengantin Baru 7 hours ago
Minum Kopi Bisa Bikin Jerawatan, Ternyata Ini Penyebabnya 18 hours ago

Terpopuler

Kondom Tertinggal di Vagina? Jangan Panik! Ini yang Bisa Anda Lakukan TIPS HIDUP SEHAT: Jalan Kaki Bikin Langsing Lo... Karen Millen Menggebrak dengan Outfit Penuh Kemewahan Hai Milenial, Ini Tips Agar Anda Bijak Memanfaatkan Medsos Air Cucian Beras Punya Banyak Manfaat
Mitos Perjaka dan Tidak Perjaka di Masyarakat 19 hours ago
Resep Sayur Asem Sunda 21 hours ago
Selain Leptospirosis, Ini Penyakit di Musim Penghujan 23 hours ago
Rambut Rontok Usai Melahirkan? Ini Cara Mengatasinya 1 day ago
Cara Cek Tiket Vaksin Booster 1 day ago