HomeLifestyle

Suhu Kamar Ternyata Bikin Kita Sulit Tidur Lho ...

Oleh:Newswire
31 Juli 2019 - 12:17 WIB

Ilustrasi tidur - Reuters

Harianjogja.com, JOGJA--Sulit tidur di malam hari ternyata disebabkan banyak hal. Tidak hanya stres dan banyaknya tekanan, kesulitan tidur juga bisa disebabkan suhu kamar tidur.

Suhu tubuh Anda berfluktuasi sepanjang hari dan mencapai puncaknya pada sore hari. Sesudahnya, perlahan-lahan mulai mendingin seiring dengan tubuh yang mulai rileks, bersiap untuk siklus tidur.

Sama seperti ritme sirkadian, suhu tubuh memiliki siklusnya sendiri. Jadi, ketika suhu tubuh sedang turun, suhu ruangan atau termostat harus selaras dengan suhu tubuh.

Mengutip Timesofindia, para ahli beri saran bahwa Anda harus mengatur termostat Anda antara 60-67 derajat Fahrenheit (15-19 derajat Celcius). Walaupun mungkin membuat Anda menggigil dan harus mengumpat di balik selimut, ingatlah bahwa tubuh Anda juga mengeluarkan panas.

Dalam lingkungan yang lebih dingin, panas tubuh akan didistribusikan secara merata dan Anda harus memberikan diri Anda lingkungan yang lapang untuk meringkuk. Menjaga suhu di sekitar angka-angka ini sangat ideal.

Menurunkan pengaturan termostat ke 16-17 derajat Celcius juga memastikan bahwa suhu inti tubuh turun dan Anda merasa sejuk dalam cuaca panas. Ini juga membantu Anda tertidur lebih cepat.

Sedangkan untuk bayi dan anak-anak di bawah usia 10 tahun, suhu kamar yang ideal harus berkisar antara 65-70 derajat Fahrenheit.

Selain itu, untuk tidur lebih nyenyak, Anda juga bisa menenangkan diri dan tidur lebih nyenyak dengan menyimpan segelas air dingin di dekat tempat tidur Anda di hari yang panas.

Atau Anda dapat mempertimbangkan menyimpan kompres es atau mengenakan bahan yang baik untuk kulit Anda bernapas saat tidur (atau bahkan tidur telanjang!). Ini dapat membantu mengatur suhu tubuh.

Sumber: Suara.com/Timesofindia Tag: Tidur Editor: Bernadheta Dian Saraswati

Artikel Terkait

Berita Pilihan

Bahaya Konsumsi Madu Berlebihan Makanan Ini Jangan Dikonsumsi saat Perut Kosong Tanda Pasangan Anda Berbohong Manfaat Menari untuk Kesehatan Anda Tips Memarkirkan Mobil di Rumah saat Liburan
Berita Terbaru
Alasan Kita Tidak Boleh ke Toilet Pesawat saat Landing maupun Take Off 13 hours ago
Ini Fakta-Fakta Anda Bisa Terinfeksi Ulang oleh Covid-19 18 hours ago
Ingin Revisi Data di KIA? Berikut Caranya 1 day ago
Ini Tanda Anda Harus Resign 1 day ago
Cara Cegah dan Hilangkan Tungau 1 day ago

Terpopuler

Kondom Tertinggal di Vagina? Jangan Panik! Ini yang Bisa Anda Lakukan TIPS HIDUP SEHAT: Jalan Kaki Bikin Langsing Lo... Karen Millen Menggebrak dengan Outfit Penuh Kemewahan Hai Milenial, Ini Tips Agar Anda Bijak Memanfaatkan Medsos Air Cucian Beras Punya Banyak Manfaat
Ini 6 Tips Sehat dan Panjang Umur saat Pensiun 1 day ago
Penting Disimak, Ini 7 Kebiasaan yang Bisa Membuat Kaya 2 days ago
Jangan Parasetamol! Beri Ini jika Anak Demam setelah Divaksin Covid-19 2 days ago
7 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Anda Kaya Raya dan Banyak Uang 2 days ago
Layak Dibaca, Ini 6 Buku Favorit Jeff Bezos Sang Miliarder 2 days ago