HomeLifestyle

Lakukan Ini jika Anak Remaja Anda Alami Stres!

Oleh:Mia Chitra Dinisari
19 Desember 2019 - 14:57 WIB

Ilustrasi stres - Reuters/Paul Hackett

Harianjogja.com, JAKARTA -  Lebih dari 90% anak usia 18 hingga 21 tahun saat ini mengalami setidaknya satu gejala fisik atau emosi akibat stres. Data tersebut berdasarkan survei American Psychological Association.

Selain gejala fisik yang dialami anak Anda, gejala stres umum lainnya termasuk perasaan tertekan atau sedih, menunjukkan kurangnya minat di sekolah atau kehidupan sehari-hari, kurang motivasi atau energi, dan merasa gugup atau cemas.

Penyebab stres pada remaja bukan hanya yang terjadi di rumah atau di sekolah. Tetapi juga efek dari media sosial atau pemberitaan di dunia.

Stres di usia remaja harus segera ditanggulangi, agar tidak berlanjut dan kian parah seiring usianya bertambah. Berikut beberapa kiat menangani remaja yang tengah dilanda stres :

1. Dengarkan saja

Minta mereka untuk menggambarkan keadaan sulit yang membuat mereka stres. Mungkin persahabatan yang bermasalah, mungkin lingkungan pertemanan yang mengganggu.

Pada tahap ini, akui bahwa kesulitan mereka serius, meskipun jika mereka agak dramatis atau berlebihan atau tidak rasional. Kuncinya adalah tidak menyangkal apa yang mereka alami dan bagaimana perasaan mereka. Sebagai tanggapan, tunjukkan rasa ingin tahu yang tenang tentang pengalaman mereka. Tujuannya bukan untuk menghilangkan rasa sakit mereka. Tujuannya agar mereka merasa dilihat dan didengar oleh Anda.

2. Dorong mereka untuk mendiagnosis stres

Kedua, bantu mereka mengidentifikasi perasaan mereka sebagai respons terhadap stresor.  Bantu mereka mengetahui apa yang membuat mereka stres dan cemas sehingga mereka bisa sadar  dan menghindari penyebabnya.

Selain mencari sumber stres, dapat bermanfaat bagi remaja untuk mengklasifikasikan jenis stres tertentu yang mereka alami: Apakah itu terkait dengan peristiwa kehidupan negatif? Apakah ini merupakan hasil dari kesulitan sehari-hari kumulatif yang berada di luar kendali remaja?

Stres kehidupan atau peristiwa adalah hal-hal seperti kematian orang yang dicintai, atau pindah sekolah, atau berurusan dengan perceraian orang tua Anda. Semakin banyak perubahan dalam kehidupan yang menuntut seorang remaja, semakin stres itu akan cenderung menghantam.

3. Memberikan pemahaman jika stres itu sehat

Ini dapat membantu remaja untuk mengajarkan mereka perbedaan antara stres dan kecemasan. Stres, adalah ketegangan atau ketegangan yang kita rasakan ketika kita didorong keluar dari zona nyaman kita. Stres itu sehat dan bermanfaat ketika itu menciptakan ketegangan dan ketegangan yang cukup untuk mendorong pertumbuhan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kita belajar dan tumbuh ketika kita berada di luar zona nyaman kita ketika kita menghadapi tantangan baru. Stres dapat bertindak seperti vaksin untuk stres di masa mendatang (peneliti menyebut ini "inokulasi stres."). Orang yang mampu mengatasi keadaan stres sering kali melanjutkan untuk menunjukkan ketahanan di atas rata-rata.

Kecemasan, di sisi lain, adalah ketakutan dan ketakutan dan kepanikan yang dapat muncul untuk kita di hadapan pemicu stres (atau bahkan hanya sekadar pemikir tentang pemicu stres).

Sumber: psycology today/Bisnis.com Tag: kepribadian Editor: Bernadheta Dian Saraswati

Artikel Terkait
4 Zodiak Ini Diramalkan Bakal Sukses dan Kaya Raya, Kamu Salah Satunya? 2 days ago
Bikin Sebal! 4 Zodiak Ini Punya Masalah Ego 1 week ago
Ini Jam Tidur Ideal Sesuai Zodiak, Scorpio dan Sagitarius Tukang Begadang 1 week ago
Kendalikan Sifat Pemarahmu dengan Cara Ini 2 weeks ago
Mau Tampil Menarik di Kantor? Jangan Buka Kehidupan Pribadi! 4 weeks ago

Berita Pilihan

Bahaya Konsumsi Madu Berlebihan Makanan Ini Jangan Dikonsumsi saat Perut Kosong Tanda Pasangan Anda Berbohong Manfaat Menari untuk Kesehatan Anda Tips Memarkirkan Mobil di Rumah saat Liburan
Berita Terbaru
Jenguk Pasien, Perhatikan Etika Berikut Ini 2 hours ago
Marak Tren Trilingual di Media Sosial, Pakar Bahasa: Belum Tentu Merusak 3 hours ago
Atasi Kelilipan dengan Langkah Ini 3 hours ago
Cara Urus KK bagi Pengantin Baru 7 hours ago
Minum Kopi Bisa Bikin Jerawatan, Ternyata Ini Penyebabnya 18 hours ago

Terpopuler

Kondom Tertinggal di Vagina? Jangan Panik! Ini yang Bisa Anda Lakukan TIPS HIDUP SEHAT: Jalan Kaki Bikin Langsing Lo... Karen Millen Menggebrak dengan Outfit Penuh Kemewahan Hai Milenial, Ini Tips Agar Anda Bijak Memanfaatkan Medsos Air Cucian Beras Punya Banyak Manfaat
Mitos Perjaka dan Tidak Perjaka di Masyarakat 19 hours ago
Resep Sayur Asem Sunda 21 hours ago
Selain Leptospirosis, Ini Penyakit di Musim Penghujan 23 hours ago
Rambut Rontok Usai Melahirkan? Ini Cara Mengatasinya 1 day ago
Cara Cek Tiket Vaksin Booster 1 day ago