Lifestyle

Kecemasan Sosial Bisa Mengganggu Interaksi, Ini 3 Cara untuk Menurunkannya

Penulis: Akbar Evandio
Tanggal: 03 Januari 2020 - 15:27 WIB
Depresi - cadasorg

Harianjogja.com, JAKARTA -- Setiap orang mengalami kecemasan sosial secara berbeda. Jenis kecemasan ini dapat dipicu oleh berbagai situasi, mulai dari berbicara di depan umum hingga berbincang-bincang kecil atau berkencan.

Sebaliknya, perasaan cemas itu sendiri biasanya bermanifestasi dengan cara yang berbeda: tidak selalu terlihat atau terasa sama.

Dilansir melalui laman psychologytoday. Berikut adalah beberapa cara umum untuk menerunkan kecemasan sosial

1. Membingkai kembali kekhawatiran kita

Ketika kita mengalami banyak kecemasan dan kekhawatiran antisipatif, akan sangat membantu untuk mempraktikkan latihan-latihan pembingkaian kognitif untuk mengubah cara kita berpikir tentang kekhawatiran ini.

Beberapa pertanyaan yang berguna untuk diajukan kepada diri sendiri adalah:  Apa kemungkinan konsekuensi yang ditakuti akan terjadi? 2) Jika ya, apa hal terburuk yang bisa terjadi? 3) Apakah ada cara lain untuk menafsirkan situasi ini? dan 4) Apa yang akan kita beri tahu teman dalam situasi yang sama?

Latihan lain untuk dicoba adalah secara bertahap dan perlahan mendekati situasi-situasi yang kita tergoda untuk menghindarinya karena kecemasan kita. Ini disebut "paparan" dan ini adalah proses yang sangat kompleks, karena memerlukan melakukan hal-hal yang sama yang membuat kita cemas. Karena itu, Anda disarankan untuk mempraktikkannya di bawah perawatan dan bimbingan seorang profesional kesehatan mental.

2. Membuat Ruangan untuk Kegelisahan Kita

Beberapa orang mungkin mengalami kecemasan yang paling kuat ketika kita berada di tengah-tengah situasi sosial yang menakutkan. Ini sering dimanifestasikan sebagai kecemasan fisik: kita mungkin menemukan diri kita berkeringat, gemetar, gemetar, atau memerah.

Mungkin juga berbentuk kecemasan mental - mungkin kita ragu dan tidak tahu harus berkata apa atau dengan cepat setuju dengan pendapat orang lain walaupun itu jauh dari pendapat kita sendiri. Dalam kasus ini, kita dapat dengan mudah kehilangan jejak percakapan, menjadi tidak selaras dengan orang lain dan menjadi lebih cemas.

Ketika kita mengalami banyak kepanikan “pada saat ini,” akan sangat membantu untuk melakukan latihan kesadaran. Ini dapat mengajarkan kita bagaimana merangkul kecemasan kita tanpa berusaha melawannya atau membiarkannya sampai ke kepala kita.

Dalam hal ini, akan sangat membantu untuk mempraktekkan latihan "defusi kognitif" dari jenis terapi yang disebut Terapi Penerimaan dan Komitmen. Singkatnya, ini mengajarkan kita bagaimana mengamati dan membiarkan pikiran negatif tanpa melawan ke dalamnya dan mencoba beradaptasi.

3. Melepaskan Perenungan

Terakhir, kadang-kadang kita terlibat dalam perenungan luas tentang bagaimana kita melakukannya dalam situasi sosial. Ini disebut "pemrosesan pasca-peristiwa" dan pada dasarnya terdiri dari pengulangan setiap aspek kecil dari kinerja kami melalui lensa negatif.

Semua ini membuat kita merasa kurang percaya diri dalam keterampilan sosial kita, dan dengan demikian kita menjadi lebih cenderung khawatir tentang situasi sosial di masa depan. Karena itu, kita menjadi terjebak dalam lingkaran setan perenungan tentang masa lalu dan kekhawatiran tentang masa depan.

Ketika kita terlibat dalam banyak pemrosesan pasca-peristiwa, akan sangat membantu untuk memulai dengan mempraktikkan latihan pembingkaian kognitif yang serupa dengan yang dijelaskan di atas.

Jadi, misalnya, kita dapat bertanya pada diri sendiri: 1) Bukti apa yang kita miliki bahwa situasinya tidak berjalan dengan baik? 2) Apakah kita memiliki bukti yang bertentangan? 3) Apa yang akan kita beri tahu teman dalam situasi yang sama?

Kemudian, kita dapat mengalihkan fokus kita untuk mengidentifikasi aspek-aspek dari pengalaman yang berjalan baik dan membangun di atas mereka di masa depan. Dalam hal ini, 1) Bisakah kita memikirkan satu hal yang berjalan relatif baik? (Mungkin bahkan dengan baik?) 2) Apa hal yang dapat kita lakukan secara berbeda di lain waktu? 3) Apa hal yang tidak bisa kita ubah?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Berita Terkait

Kotak Kejujuran, Cara Unik Penduduk Shetland Inggris dalam Berbisnis
Museum Kacamata Tokyo, Toko Kacamata Ikonik yang Tinggal Kenangan
Tas Tangan Ini Diklaim Paling Ringan di Dunia karena 99 Persen Terbuat dari Udara
Remaja 17 Tahun Ini Habiskan Ratusan Juta untuk Tinggal di Kereta Api Selama Satu Setengah Tahun

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Pria Asal Bandung Curi 2 Unit iPhone di Service Center Sleman, Begini Modusnya
  2. PT Pegadaian Dukung Kesetaraan Gender Lewat Edukasi Keuangan Perempuan
  3. Pelatih Korsel Akui Indonesia Sulit Dikalahkan, Shin Tae-yong: Dia akan Stres
  4. Berikut Ini Lima Tempat Agrowisata di Jawa Timur

Berita Terbaru Lainnya

Resep Jangan Ndeso Lombok Ijo Khas Gunungkidul yang Nikmat untuk Disantap
Perhatikan Gejala dan Dampak Depresi pada Pekerja agar Segera Tertangani
Kerap Mengonsumsi Makanan Olahan Picu Menstruasi Lebih Cepat
Ternyata Rokok Bisa Menghambat Perkembangan Otot
Memeriksa Kadar Gula Usai Lebaran Penting, Ini Kata Pakar
Mengembalikan Kualitas Tidur Setelah Puasa, Ini Tipsnya
Hari Kartini, Saatnya Menyimak Lagi Sejarah Munculnya Kebaya
Libur Lebaran Telah Usai, Ini Kiat Agar Anda Tidak Terjebak Rasa Sedih
Hari Kartini 21 April, Ini Ide Ucapannya untuk Dikirim dan Dipasang di Media Sosial
Cegah Diabetes, Makan Kue Kering Maksimal 4-5 Keping Sehari