HomeLifestyle

Kaum Muda Masih Butuh Pelatihan Perencanaan Keuangan

Oleh:Novita Sari Simamora
04 Januari 2020 - 07:27 WIB

Ilustrasi menabung. - Istimewa

Harian Jogja.com, JAKARTA — Kaum muda yang ingin menata pendapatan bulanan harus memiliki pengetahuan akan perencanaan keuangan.  

Chairman & Co-Founder Halofina, Eko P Pratomo mengungkapkan masyarakat yang belum teratur menabung, biasanya belum mendapatkan edukasi finansial. Menurutnya, gerakan edukasi finansial sangat dibutuhkan sejak masih duduk di bangku sekolah.

Eko pun telah terlibat dalam gerakan Indonesia Cerdas Finansial, yang juga menggandeng korporasi untuk menyasar segmen pekerja, ada juga segmen ibu-ibu. Menurutnya, program edukasi harus dilakukan bermitra dengan karyawan dan memberikan pelatihan di perusahaan.

Pendidikan pengelola keuangan tidak didapat dari sekolah, kondisi yang membuat banyak pemuda-pemudi yang bersifat konsumtif. Pepatah jangan lebih besar pasak daripada tiang telah dikenal sejak kecil akan tetapi hal tersebut tak dipaparkan secara detail kepada anak.

Eko menuturkan setiap orang perlu diberikan tips yakni menggunakan 40%-60% gaji untuk kebutuhan prioritas, lalu 20%-30% untuk tabungan dan 10%-20% untuk gaya hidup. Menurutnya, anak muda saat ini lebih banyak menghabiskan pendapatan untuk gaya hidupnya.

"Disiplin dalam menabung sangat diperlukan, sebab kebutuhan pada jangka panjang bakal semakin besar," tuturnya kepada Bisnis, Jumat (3/1/2020).

Di tengah kemudahan teknologi, sarannya, orang-orang yang berusia produktif dan berhubungan erat dengan digital disarankan untuk menjauhi pinjaman online. Sebab pinjaman online memberikan kemudahan yang sangat besar dan solusi cepat pada jangka pendek tetapi menyesatkan pada jangka panjang.

 

Sumber: bisnis.com Tag: literasi keuangan Editor: Bernadheta Dian Saraswati

Artikel Terkait
Lunasi Utang! Salah Satu Tips Menuju Keuangan Sehat 2022 3 weeks ago
Pos Keuangan Rumah Tangga yang Harus Diutamakan 3 weeks ago

Berita Pilihan

Bahaya Konsumsi Madu Berlebihan Makanan Ini Jangan Dikonsumsi saat Perut Kosong Tanda Pasangan Anda Berbohong Manfaat Menari untuk Kesehatan Anda Tips Memarkirkan Mobil di Rumah saat Liburan
Berita Terbaru
Alasan Kita Tidak Boleh ke Toilet Pesawat saat Landing maupun Take Off 13 hours ago
Ini Fakta-Fakta Anda Bisa Terinfeksi Ulang oleh Covid-19 18 hours ago
Ingin Revisi Data di KIA? Berikut Caranya 1 day ago
Ini Tanda Anda Harus Resign 1 day ago
Cara Cegah dan Hilangkan Tungau 1 day ago

Terpopuler

Kondom Tertinggal di Vagina? Jangan Panik! Ini yang Bisa Anda Lakukan TIPS HIDUP SEHAT: Jalan Kaki Bikin Langsing Lo... Karen Millen Menggebrak dengan Outfit Penuh Kemewahan Hai Milenial, Ini Tips Agar Anda Bijak Memanfaatkan Medsos Air Cucian Beras Punya Banyak Manfaat
Ini 6 Tips Sehat dan Panjang Umur saat Pensiun 1 day ago
Penting Disimak, Ini 7 Kebiasaan yang Bisa Membuat Kaya 2 days ago
Jangan Parasetamol! Beri Ini jika Anak Demam setelah Divaksin Covid-19 2 days ago
7 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Anda Kaya Raya dan Banyak Uang 2 days ago
Layak Dibaca, Ini 6 Buku Favorit Jeff Bezos Sang Miliarder 2 days ago