Lifestyle

Di Arab Saudi, Banyak Perempuan Jadi Sopir Taksi

Penulis: Newswire
Tanggal: 10 Januari 2020 - 14:37 WIB
Ilustrasi taksi - Bisnis Indonesia/Nurul Hidayat

Harianjogja.com, ARAB - Banyak perempuan di Arab Saudi yang mengambil profesi sebagai sopir taksi. Salah satu penyebabnya adalah adanya keputusan Pemerintah Arab Saudi yang memperbolehkan perempuan mengendarai mobil sejak Juni 2018.

Fakta ini dijelaskan Majed Al-Zahrani dari Otoritas Angkutan Umum Arab Saudi seperti dikutip dari Arab News. Bahkan, Majed menerangkan bahwa jumlah perempuan jadi sopir taksi akan terus bertambah setiap tahunnya.

Ada alasan khusus kenapa semakin banyak perempuan yang ingin menjadi sopir taksi. Dijelaskan Majed, alasan terbanyak adalah penerimaan masyarakat Arab Saudi yang semakin baik terhadap perempuan pengemudi, lingkungan kerja yang aman, dan tak bisa dimungkiri alasan pendapatan yang 'besar' jadi alasan lainnya.

Salah seorang perempuan pengemudi taksi bernama Jamilah Al-Mahmoudi menerangkan alasannya kenapa dia mau menjadi pengemudi taksi. Baginya, sejarah masa lalu tidak perlu dilihat dan sekarang waktunya perubahan.

"Dengan menjadi sopir taksi, saya akhirnya tidak memiliki biaya untuk bayar sopir di rumah. Selain itu, dengan menjadi sopir taksi, saya malah mendapat penghasilan sendiri dari mengantar jamaah dan pengunjung di Makkah. Saya menikmati sekali pekerjaan ini," ungkapnya.

Di sisi lain, seorang pengemudi taksi pria bernama Khaled Al-Ghamdi mengungkapkan, dirinya tidak terkejut dengan fakta bahwa semakin banyak sopir taksi perempuan di Arab Saudi. Sebab, banyak pengguna taksi senang 'dibawa' perempuan.

"Masyarakat Arab Saudi secara terus menerus meminta diperbanyaknya pengemudi taksi perempuan," kata Khaled yang bekerja untuk perusahaan taksi Careem.

Khaled sendiri dulunya bekerja sebagai HRD di perusahaan telekomunikasi dan memilih pensiun di usia 46 tahun. Ia merasa perlu mendapatkan penghasilan yang lebih besar dan sopir taksi menjadi jawabannya.

Mengantongi SIM dari Amerika Serikat, Kuwait, dan Arab Saudi, Khaled pun merasa dirinya bisa bersaing dengan baik di bidang pekerjaannya tersebut.

Sementara itu, di Arab Saudi sendiri sekarang semakin banyak usaha taksi dan karena itu pemerintah Arab Saudi menyatakan bahwa negaranya membutuhkan 20.000 sopir taksi untuk menyukupi permintaan.

Penambahan jumlah sopir taksi ini didasari dari pertumbuhan bisnis taksi yang terus melonjak di Arab Saudi. Sejak 2016 saja, pengemudi taksi legal di sana ada 600.000 orang. Anda tertarik mengikuti jejak mereka?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone.com

Berita Terkait

Padukan Momentum Dengan Pelayanan, Strategi Kejar Target Metode Kontrasepsi Jangka Panjang
Indonesia Eximbank Gelar CPNE 2023, Bea Cukai Jadi Narasumber

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Cak Imin Tegaskan PKB Mau Gabung Koalisi Prabowo
  2. UIN Walisongo Ziarah Wali dan Masayikh, Ini Tujuannya
  3. Di Tangan Siswa SMAN 1 Teras Boyolali, Minyak Jelantah Jadi Lilin Aromaterapi
  4. Gibran Masih Cari Skema Terbaik Program Makan Siang dan Susu Gratis

Berita Terbaru Lainnya

Tingkat Kolesterol Bisa Diturunkan dengan Beberapa Suplemen
Resep Jangan Ndeso Lombok Ijo Khas Gunungkidul yang Nikmat untuk Disantap
Perhatikan Gejala dan Dampak Depresi pada Pekerja agar Segera Tertangani
Kerap Mengonsumsi Makanan Olahan Picu Menstruasi Lebih Cepat
Ternyata Rokok Bisa Menghambat Perkembangan Otot
Memeriksa Kadar Gula Usai Lebaran Penting, Ini Kata Pakar
Mengembalikan Kualitas Tidur Setelah Puasa, Ini Tipsnya
Hari Kartini, Saatnya Menyimak Lagi Sejarah Munculnya Kebaya
Libur Lebaran Telah Usai, Ini Kiat Agar Anda Tidak Terjebak Rasa Sedih
Hari Kartini 21 April, Ini Ide Ucapannya untuk Dikirim dan Dipasang di Media Sosial