HomeLifestyle

Olahraga Sambil Mendengarkan Musik, Apakah Lebih Efektif?

Oleh:Ria Theresia Situmorang
11 Januari 2020 - 08:07 WIB

Warga berolahraga pada malam hari di Lapangan Lumintang Denpasar Bali. - Bisnis.com/Feri Kristianto

Harianjogja.com, JAKARTA – Sebuah eksperimen yang dinamai Trust Me I’m A Doctor, menyebutkan olah raga seperti jalan cepat dapat cenderung meningkatkan aliran darah ke otak dan mengarah pada pelepasan hormon yang disebut BDNF (Brain Derived Neurothopic Factor) yang membantu merangsang produksi sel-sel otak baru sehingga sangat bermanfaat bagi individu seiring dengan bertambahnya usia.

Dalam sebuah penelitian oleh British Journal of Sports Medicine disebutkan mereka yang berjalan kaki cepat 24 persen hidup lebih lama dibanding mereka yang berjalan dengan kecepatan lambat. Definisi berjalan cepat yang jelas adalah dengan berjalan 100 langkah per menit dan dibantu dengan mendengarkan musik yang temponya lebih cepat.

Dengan menambah eksperimen baru yakni difasilitasi dengan musik, orang ternyata memiliki minat berlebih untuk menambah kecepatan berjalannya.

Untuk penelitian ini, 24 sukarelawan di rentang usia 25 hingga 65 tahun secara acak dibagi menjadi dua kelompok, dimintai untuk mencoba berjalan 10.000 langkah per hari, sementara kelompok lain berjalan cepat selama 30 menit per hari dengan fasilitas musik pilihan mereka sendiri.

Setelah diuji tekanan darah, kolesterol dan lemak tubuh disebutkan kalau perubahan positif terjadi pada dua kelompok. Namun berjalan dengan musik memberikan peningkatan yang sedikit lebih besar dibandingkan mereka yang berjalan 10.000 langkah.

Mereka yang berjalan 10.000 langkah mengalami penurunan rata-rata lemak tubuh mencapai 1,8 persen sedangkan pejalan kaki cepat dengan musik mengalami penurunan lemak tubuh mencapai 2,4 persen.

Mereka yang berjalan kaki cepat juga mengalami penurunan tekanan darah yang lebih besar, sehingga bagi Anda yang sedang menjalani program sehat sangat disarankan untuk berjalan cepat menggunakan musik fasilitas untuk memotivasi diri.

Sumber: Bisnis.com Tag: olahraga Editor: Nina Atmasari

Artikel Terkait
Sedih? Coba Usir dengan Olahraga Ini 4 days ago
Lari Bisa Menjaga Kesehatan Mental, Kok Bisa? 4 days ago
Popda DIY 2022 Pertandingkan 29 Cabor 5 days ago
Sanksi WADA Bakal Dicabut, Merah Putih Kembali Berkibar 6 days ago
PBSI Tak Ingin Promosi-Degradasi Pebulu Tangkis Diperdebatkan 2 weeks ago

Berita Pilihan

Bahaya Konsumsi Madu Berlebihan Makanan Ini Jangan Dikonsumsi saat Perut Kosong Tanda Pasangan Anda Berbohong Manfaat Menari untuk Kesehatan Anda Tips Memarkirkan Mobil di Rumah saat Liburan
Berita Terbaru
Putri Nurul Arifin Meninggal Mendadak karena Jantung, Kenali Penyebabnya! 3 hours ago
Penyebab Usai Minum Kopi Justru Ngantuk & Lemas 8 hours ago
Cara Hilangkan Kutu Beras 11 hours ago
Tips Cegah Serangga Masuk Rumah 17 hours ago
Alasan Kita Tidak Boleh ke Toilet Pesawat saat Landing maupun Take Off 1 day ago

Terpopuler

Kondom Tertinggal di Vagina? Jangan Panik! Ini yang Bisa Anda Lakukan TIPS HIDUP SEHAT: Jalan Kaki Bikin Langsing Lo... Karen Millen Menggebrak dengan Outfit Penuh Kemewahan Hai Milenial, Ini Tips Agar Anda Bijak Memanfaatkan Medsos Air Cucian Beras Punya Banyak Manfaat
Ini Fakta-Fakta Anda Bisa Terinfeksi Ulang oleh Covid-19 1 day ago
Ingin Revisi Data di KIA? Berikut Caranya 1 day ago
Ini Tanda Anda Harus Resign 1 day ago
Cara Cegah dan Hilangkan Tungau 1 day ago
Ini 6 Tips Sehat dan Panjang Umur saat Pensiun 2 days ago