News

Tidur Tanpa Bra, Apa Manfaatnya?

Penulis: Newswire
Tanggal: 21 Januari 2020 - 16:57 WIB
Ilustrasi tidur - Reuters

Harianjogja.com, JOGJA - Banyak perempuan yang memilih untuk tidur tanpa bra. Alasannya bermacam-macam, salah satunya untuk kesehatan.

Buku berjudul Dressed to Kill: The Link Between Breast Cancer and Bras yang dipublikasikan pada 1995 pun mendukung bahaya kesehatan pada payudara jika tidur pakai bra.

Buku tersebut memperkuat anggapan bahwa tidur dengan memakai bra dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan. Sejak itu, semakin banyak perempuan memercayai bra dapat memblokir kerja kelenjar getah bening saat tidur sehingga dapat menyebabkan timbulnya kanker payudara.

Hingga kini hasil penelitian yang dilakukan American Association for Cancer Research masih menjadi acuan para praktisi kesehatan terhadap anggapan tersebut.

Dilansir Suara.com dari Hello Sehat dari penelitian menunjukkan tidak adanya hubungan antara penggunaan bra saat tidur dengan kemunculan sel kanker pada payudara.

Hal senada turut diungkapkan oleh Dr. Amber Guth, direktur Breast Cancer Surgery Multidisciplinary Fellowship di NYU Langone Medical Center sebagaimana dilansir dari Huffington Post.

Manfaat tidur tanpa bra

Belum adanya pembuktian medis mengenai manfaat dan risiko menggunakan bra saat tidur membuat tidur tanpa bra menjadi sebatas pilihan untuk mendukung aspek kenyamanan saat tidur.

Akan tetapi, tetap terdapat beberapa manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan saat memilih untuk tidur tanpa menggunakan bra.

1. Mengurangi keringat

Menggunakan bra saat tidur apalagi ketika suhu ruangan naik di malam hari dapat menyebabkan Anda berkeringat. Beberapa jenis bra seperti yang terbuat dari bahan sintetik bahkan dapat membuat Anda mengeluarkan keringat berlebih.

Keringat berlebih saat tidur dapat membuat Anda sering terbangun di malam hari. Shawn Stevenson, penulis buku Sleep Smarter, menuturkan tidur tanpa mengenakan pakaian dapat menurunkan temperatur tubuh.

Pada dasarnya suhu tubuh memang menurun ketika tidur, melepas pakaian atau tidur tanpa bra dapat menjaga suhu tubuh tetap rendah. Dengan begitu, saraf parasimpatis yang membantu tubuh untuk beristirahat dengan lebih optimal pun bisa aktif lebih cepat.

2. Meningkatkan kualitas tidur

Kebanyakan desain bra, baik yang berkawat maupun yang tidak, disesuaikan dengan kebutuhan aktivitas sehari-hari—di mana penggunanya bergerak secara aktif—tapi tidak untuk beristirahat ataupun tidur.

Bentuknya yang ketat dapat membuat Anda merasa sesak atau pengap sehingga Anda tidak nyaman ketika memakainya saat tidur.

Perasaan tidak nyaman ketika tidur ini dapat menyebabkan Anda kesulitan untuk tidur atau mengalami gangguan tidur lainnya. Akibatnya, Anda tidak memperoleh waktu istirahat yang berkualitas sehingga energi tubuh tidak bisa sepenuhnya pulih.

Tidur tanpa bra dapat menjadi solusi bagi Anda yang merasa tidak nyaman tidur memakai bra sehingga bisa tidur dengan lebih cepat dan nyenyak sepanjang malam.

3. Mengurangi risiko infeksi kulit

Memakai bra seharian penuh dapat mengganggu sirkulasi udara pada pori-pori kulit yang tertutupi.

Saat bra tidak pernah dilepaskan, kulit akan sulit untuk menyerap udara sehingga menciptakan lingkungan lembap yang kondusif untuk perkembangbiakan bakteri berbahaya.

Infeksi bakteri ini dapat menyebabkan kemunculan jamur kulit dan iritasi sehingga muncul rasa gatal.

4. Mengurangi risiko penyumbatan limpatik

Bentuk bra yang terlalu ketat dan kaku dapat memberikan tekanan berlebih pada payudara Anda. Apabila Anda rutin memakai bra seperti ini ketika tidur, Anda bisa berisiko menyebabkan penyumbatan limfatik.

Penyumbatan ini terjadi akibat adanya penumpukan cairan pada kelenjar getah bening aksila yang terletak di daerah ketiak. Kelenjar inilah yang berfungsi melawan infeksi tubuh, zat-zat asing berbahaya, dan sel-sel kanker.

Selain itu, tidur tanpa bra dapat menghindari gangguan fungsi organ vital tubuh yang berkaitan dengan kelenjar limfatik seperti hati.

Kalau menurut kamu yang perempuan tidur tanpa bra, benarkah sudah terasa manfaatnya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Berita Terkait

WTP 13 Kali Berturut-turut, Pemkot Jogja Terima Penghargaan dari Kemenkeu RI
Penataan Kawasan Kumuh di Sungai Gajah Wong Dapat Apresiasi Bank Dunia
YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia
Daftar Sarapan Ideal untuk Penderita Asam Lambung
9 Makanan Pedas Bagi Kesehatan, Bikin Panjang Umur
Enam Makanan untuk Cegah Pilek di Musim Hujan
Ini Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Video Terbaru

Advertisement

Berita Lainnya

  1. Polres Sragen Terjunkan Intelijen Awasi Botoh di Pilkades Serentak
  2. BNN Jateng Sita Rumah di Semarang Diduga Hasil Bisnis Narkoba
  3. Jenazah Sekeluarga Ditemukan Dicor dalam Septic Tank di Lampung
  4. Dies Natalis ke-60 Fakultas Biologi UKSW Wujudkan Biology for a Better Life

Berita Terbaru Lainnya

Pilih Kemasan Galon AMDK Polikarbonat atau PET? Ini Kata Pakar
Daftar Sarapan Ideal untuk Penderita Asam Lambung
Selain Bikin Kulit Cantik dan Sehat, Kenali 5 Manfaat Lain dari Kolagen
Lagi Viral Nih...Ternyata Kode Tiktok 03031 Punya Arti Sensitif
Asupan Makanan Bisa Berefek pada Pola Tidur
Sering Dilakukan, Makan Sebelum Tidur Baik untuk Tubuh?
Dokter: Gas Air Mata Berbahaya bagi Mata, Saluran Nafas dan Kulit
9 Makanan Pedas Bagi Kesehatan, Bikin Panjang Umur
Enam Makanan untuk Cegah Pilek di Musim Hujan
Mengenal Slow Food, Gerakan Kembali ke Pangan Lokal