HomeLifestyle

Wabah Corona, Pemerintah Indonesia Tak Larang Warga Pergi ke China

Oleh:Ria Theresia Situmorang
23 Januari 2020 - 09:17 WIB

China Airlines - wikipedia

Harianjogja.com, JAKARTA - Mewabahnya virus corona di China tidak membuat Pemerintah Indonesia membatasi warga negara Indonesia melakukan perjalanan ke negeri panda tersebut.

Hingga Kamis (23/1/2020), Kementerian Kesehatan tidak akan menutup akses atau melakukan pembatasan  perjalanan dari dan ke Daratan China melalui jalur udara, laut dan darat.

Sebagai gantinya, Kementerian Kesehatan hanya mengeluarkan anjuran perjalanan (travel advisory) guna meminimalisir dampak pandemi tersebut. 

"Kita tidak melakukan restriksi, pembatasan perjalanan orang, karena bisnis bisa merugi, ekonomi bisa berhenti," kata Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I, Bandara Soekarno-Hatta, dr. Anas Ma'aruf di Gedung Kemenkes, Kuningan, Jakarta Selatan pada Rabu (22/1/2020) malam. 

Anas menjelaskan terdapat upaya yang dilakukan pihaknya sebagai pintu gerbang negara dalam upaya membentengi diri dari penyebaran penyakit mematikan ini.

Hal tersebut seperti peningkatan pengawasan terhadap penerbangan asal China, pengadaan fasilitas kesehatan seperti thermal scanner, health alert card dan alat pelindung diri, serta membekali petugas dengan informasi terbaru.

Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan Kementerian Kesehatan, drg. Vensya Sitohang menambahkan, langkah konkret yang dilakukan pemerintah adalah memberi informasi perjalanan (travel information) guna mengedukasi masyarakat mengenai situasi kedaruratan kesehatan dunia saat ini. 

"Travel information meliputi hal-hal perlu diketahui oleh pelancong. Informasi ini agar bisa diketahui orang banyak dan gampang dicari, kami membuatkan link infeksiemerging.kemkes.go.id yang terhubung dengan Kementerian Pariwisata," pungkas Vensya. 

Sumber: Bisnis.com Tag: Penyakit, Kesehatan Editor: Bernadheta Dian Saraswati

Artikel Terkait
Hipertensi Bisa Dikontrol dengan Aplikasi Ini 2 days ago
5 Jenis Makanan Ini Harus Dihindari Saat Berusia 40 Tahun 3 days ago
Selain Leptospirosis, Ini Penyakit di Musim Penghujan 6 days ago
Tentang Leptospirosis, Penyebab Petani Gunungkidul Meninggal 1 week ago
Petani Gunungkidul Meninggal Dunia Setelah Terinfeksi Leptospirosis 1 week ago

Berita Pilihan

Bahaya Konsumsi Madu Berlebihan Makanan Ini Jangan Dikonsumsi saat Perut Kosong Tanda Pasangan Anda Berbohong Manfaat Menari untuk Kesehatan Anda Tips Memarkirkan Mobil di Rumah saat Liburan
Berita Terbaru
Putri Nurul Arifin Meninggal Mendadak karena Jantung, Kenali Penyebabnya! 2 hours ago
Penyebab Usai Minum Kopi Justru Ngantuk & Lemas 7 hours ago
Cara Hilangkan Kutu Beras 10 hours ago
Tips Cegah Serangga Masuk Rumah 16 hours ago
Alasan Kita Tidak Boleh ke Toilet Pesawat saat Landing maupun Take Off 23 hours ago

Terpopuler

Kondom Tertinggal di Vagina? Jangan Panik! Ini yang Bisa Anda Lakukan TIPS HIDUP SEHAT: Jalan Kaki Bikin Langsing Lo... Karen Millen Menggebrak dengan Outfit Penuh Kemewahan Hai Milenial, Ini Tips Agar Anda Bijak Memanfaatkan Medsos Air Cucian Beras Punya Banyak Manfaat
Ini Fakta-Fakta Anda Bisa Terinfeksi Ulang oleh Covid-19 1 day ago
Ingin Revisi Data di KIA? Berikut Caranya 1 day ago
Ini Tanda Anda Harus Resign 1 day ago
Cara Cegah dan Hilangkan Tungau 1 day ago
Ini 6 Tips Sehat dan Panjang Umur saat Pensiun 2 days ago