HomeLifestyle

17 Orang di China Meninggal karena Corona, Pelabuhan dan Bandara Ditutup

Oleh:Newswire
23 Januari 2020 - 15:17 WIB

Ilustrasi virus - Ist/webMD

Harianjogja.com, CHINA - Kasus novel coronavirus (nCoV) alias virus corona di China telah merenggut nyawa 17 orang. Pemerintah China pun mengambil langkah drastis dengan menutup sementara bandara dan pelabuhan di kota Wuhan, tempat wabah ini bermula.

Dilansir CNN, sudah ada setidaknya 547 kasus yang terkonfirmasi di China. Dari 17 kematian, delapan di antaranya terjadi di provinsi Hubei, dengan sisanya tersebar di Macao hingga Taiwan.

Di luar China, kasus pneumonia karena virus Corona juga terjadi di Korea Selatan, Thailand, Jepang, Australia, hingga Amerika Serikat dan Singapura.

Menteri Kesehatan China Li Bin mengatakan ada lebih dari 2.200 orang yang terindikasi melakukan kontak dengan pasien. Lebih dari 700 sudah dinyatakan sehat dan tidak terinfeksi, sementara sisanya masih menjalani pemantauan.

"Kami melihat adanya kemungkinan virus bermutasi dan menyebar lebih jauh," ujar Li Bin, sembari mengatakan risiko penularan meningkat jelang Tahun Baru Imlek.

Gejala virus corona yang menyebabkan pneumonia ini antara lain demam, batuk, dan kesulitan bernapas.

Pihak kesehatan berpendapat bahwa wabah akibat virus Corona ini berkaitan dengan pasar makanan laut di Wuhan. Tetapi, beberapa pasien baru mau menghindari pasar ini setelah didiagnosis dengan virus Corona.

Sekarang ini belum tersedia vaksin untuk jenis virus Corona baru. Tetapi, perlu diwaspadai kalau gejalanya meliputi demam, kesulitan bernapas dan infiltrat pneumonik di paru-paru.

Pihak berwenang China juga telah meningkatkan upaya pemantauan dan desinfeksi menjelang liburan tahun baru di akhir Januari. Karena, ada sekitar 1,4 miliar orang di negara itu melakukan perjalanan domestrik dan luar negeri.

Sumber: Suara.com Tag: kematian, Kesehatan Editor: Bernadheta Dian Saraswati

Artikel Terkait
Juragan Ayam Wates Tewas di Kamar Mandi, Polisi Turun Tangan 1 day ago
Hipertensi Bisa Dikontrol dengan Aplikasi Ini 2 days ago
5 Jenis Makanan Ini Harus Dihindari Saat Berusia 40 Tahun 3 days ago
Petani Gunungkidul Meninggal Dunia Setelah Terinfeksi Leptospirosis 1 week ago
Mau Tato Bagian Tubuh Anda? Pertimbangkan Hal Ini 1 week ago

Berita Pilihan

Bahaya Konsumsi Madu Berlebihan Makanan Ini Jangan Dikonsumsi saat Perut Kosong Tanda Pasangan Anda Berbohong Manfaat Menari untuk Kesehatan Anda Tips Memarkirkan Mobil di Rumah saat Liburan
Berita Terbaru
Putri Nurul Arifin Meninggal Mendadak karena Jantung, Kenali Penyebabnya! 4 hours ago
Penyebab Usai Minum Kopi Justru Ngantuk & Lemas 9 hours ago
Cara Hilangkan Kutu Beras 11 hours ago
Tips Cegah Serangga Masuk Rumah 18 hours ago
Alasan Kita Tidak Boleh ke Toilet Pesawat saat Landing maupun Take Off 1 day ago

Terpopuler

Kondom Tertinggal di Vagina? Jangan Panik! Ini yang Bisa Anda Lakukan TIPS HIDUP SEHAT: Jalan Kaki Bikin Langsing Lo... Karen Millen Menggebrak dengan Outfit Penuh Kemewahan Hai Milenial, Ini Tips Agar Anda Bijak Memanfaatkan Medsos Air Cucian Beras Punya Banyak Manfaat
Ini Fakta-Fakta Anda Bisa Terinfeksi Ulang oleh Covid-19 1 day ago
Ingin Revisi Data di KIA? Berikut Caranya 1 day ago
Ini Tanda Anda Harus Resign 1 day ago
Cara Cegah dan Hilangkan Tungau 1 day ago
Ini 6 Tips Sehat dan Panjang Umur saat Pensiun 2 days ago