News

Selain Seng, Ini Sejumlah Suplemen yang Diperlukan untuk Tubuh

Penulis: Newswire
Tanggal: 08 Maret 2021 - 11:47 WIB
Ilustrasi. - Reuters

Harianjogja.com, JAKARTA- Tubuh seringkali memerlukan suplemen makanan untuk berbagai fungsi. Seng memainkan sejumlah peran dan fungsi untuk struktur, integritas sel serta organ. Semuanya penting untuk fungsi kekebalan, penyembuhan luka dan perbaikan jaringan.

Karena itu, Clarrisa Lenherr, ahli nutrisi in-house untuk biohacking company bioniq, merekomendasikan minum suplemen seng untuk kecantikan kulit.

"Seng ditemukan dalam daging merah, makanan laut dan kacang-kacangan. Seng adalah mineral penting yang memainkan peran kunci dalam fungsi sistem kekebalan, metabolisme sel dan penyembuhan luka," jelas Clarrisa Lenherr dikutip dari Express.

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia, Jarak Suntikan Pertama dengan Kedua 28 Hari

Jika menyangkut kulit, zinc atau seng telah dipercaya baik untuk mengatasi masalah jerawat, psoriasis dan rosacea. Selain itu, seng juga bisa membantu mempercepat pertumbuhan rambut, mengatasi rambut rontok dan gejala umum lainnya.

Clarrisa Lenherr juga merekomendasikan vitamin dan mineral lainnya, termasuk vitamin yang mengurangi kecemasan dan mineral untuk membantu tidur.

1. Vitamin untuk meredakan kecemasan

Menurut badan amal kesehatan mental Mind, hampir 10 persen orang Inggris menderita kecemasan dan depresi. Meskipun ada banyak faktor berbeda yang menjadi penyebab kecemasan, tapi kekurangan nutrisi dan pola makan buruk bisa jadi penyebabnya.

Clarrisa Lenherr juga menjelaskan ada 8 vitamin yang berbeda, masing-masing ditemukan dalam makanan dan memberikan manfaat yang berbeda-beda.

Tapi, vitamin B yang dikonsumsi B kompleks dapat membantu mendukung tingkat energi dan menenangkan sistem saraf. Vitamin B juga membantu membuat neurotransmiter dan menyeimbangkan suasana hati Anda.

2. Mineral untuk menyeimbangkan gula darah

Ketidakseimbangan gula darah juga berhubungan dengan energi dan suasana hati. Clarissa mengatakan kondisi ini bisa terjadi ketika seseorang stres dan menghindari konsumsi makanan tinggi gula serta karbohidrat.

Konsumsi makanan dengan protein yang cukup, karbohidrat kompleks, lemak, buah-buahan dan sayuran bisa berkontribusi pada tingkat gula darah yang seimbang.

Mineral ini membantu mengangkut glukosa secara efisien ke dalam sel untuk energi dan membantu mendukung metabolisme karbohidrat, protein dan lemak.

3. Mineral untuk membantu tidur

Ada banyak penyebab orang kurang tidur, termasuk stres, kecemasan dan terlalu banyak paparan cahaya di dalam ruangan. Dalam hal ini, salah satu mineral terbaik untuk membantu tidur adalah magnesium glycinate.

Magnesium berkontribusi pada fungsi normal sistem saraf dan membantu mendukung ketenangan dan relaksasi, yang sangat dibutuhkan untuk tertidur lelap.

4. Vitamin untuk meningkatkan energi

Vitamin D sangat bagus untuk mendukung sistem kekebalan hingga peningkatan energi dan suasana hati. Vitamin ini berkontribusi besar pada banyak aspek kesehatan.

Clarissa mengatakan vitamin D disintesis oleh paparan sinar matahari pada kulit. Karena itulah, orang yang tinggal di iklim lebih dingin disarankan konsumsi suplemen vitamin D untuk memenuhi kebutuhan hariannya.

5. Vitamin untuk meningkatkan energi

Energi yang menurun dari waktu ke waktu mungkin pertanda tubuh kekurangan vitamin B12. Vitamin B12 adalah bagian penting dari produksi energi dan bisa ditemukan pada semua makanan hewani.

Karena itulah, orang yang menjalani pola makan vegan, vegetarian dan diet ketat mungkin akan kekurangan vitamin ini. Sehingga orang dalam golongan ini harus mengonsumsi suplemen.

Berita Terkait

WTP 13 Kali Berturut-turut, Pemkot Jogja Terima Penghargaan dari Kemenkeu RI
Penataan Kawasan Kumuh di Sungai Gajah Wong Dapat Apresiasi Bank Dunia
Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele
YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia
Tanda dan Ciri-Ciri Penyakit Jantung di Usia Muda
Benarkah Utang Tidur Bisa Dibayar? Ini Penjelasannya
Gejala Kadar Gula Naik dan Cara Pencegahannya
Terong Ungu Berkhasiat Atasi Kanker hingga Turunkan Gula Darah

Video Terbaru

Advertisement

Berita Lainnya

  1. Rekan Kecewa Febri Diansyah Bela Putri Sambo, Dianggap Tindakan Gegabah
  2. Ada Raisa hingga Kangen Band di Solo Batik Music Festival, Ini Jadwalnya
  3. 162 Judi Daring Diungkap, Pelaku Dijerat Pasal Pencucian Uang
  4. Dinobatkan sebagai Tokoh Transformasi Digital Kelistrikan, Ini Kata Dirut PLN

Berita Terbaru Lainnya

Waspada KDRT, Begini Cara Menghindarinya
7 Makanan dan Minuman Ini Ternyata Bisa Picu Diabetes
Tanda dan Ciri-Ciri Penyakit Jantung di Usia Muda
Etilen Oksida Bisa Membuat Manusia Mati Rasa
Benarkah Utang Tidur Bisa Dibayar? Ini Penjelasannya
Waspada! Kurang Bergerak Bisa Sebabkan Penyakit Kardiovaskular
Gejala Kadar Gula Naik dan Cara Pencegahannya
Mari Perhatikan, Ini Gejala Hewan Peliharaan Anda Terkena Rabies
Selain Salmon, Sederet Makanan Ini Juga Mengandung Omega-3 dan Murah
Berapa Gelas Maksimal Minum Kopi dalam Sehari?