HomeLifestyle

Kekurangan Vitamin C Bisa Mengakibatkan 5 Penyakit Ini

Oleh:Mia Chitra Dinisari
12 Oktober 2021 - 08:57 WIB

Vitamin C

Harianjogja.com, JAKARTA - Vitamin C dipercaya sebagai salah satu nutrisi paling penting yang penting untuk fungsi tubuh kita yang sehat.

Selain bertanggung jawab atas pembentukan kolagen yang tepat dalam tubuh, kolagen juga penting untuk perkembangan tulang, kesehatan pembuluh darah, dan penyembuhan luka.

Inilah sebabnya mengapa kekurangan vitamin C dapat menyebabkan banyak penyakit, yang dapat menyebabkan komplikasi lebih lanjut.

Berikut beberapa penyakit yang bisa disebabkan kekurangan vitamin C dilansir dari Times of India :

1. Kudis

Penyakit kudis adalah penyakit yang paling menonjol terkait dengan kekurangan vitamin C. Ini menunjukkan kekurangan vitamin C dalam makanan, yang menyebabkan memar, gusi berdarah, kelemahan, kelelahan, ruam dan banyak lagi.

Tanda-tanda peringatan dini mungkin termasuk kelelahan yang tidak dapat dijelaskan, nafsu makan berkurang, lekas marah dan nyeri sendi. Jika tidak diobati, itu juga dapat menyebabkan anemia, radang gusi, pendarahan kulit, dll.

2. Hipertiroidisme

Hipertiroidisme adalah ketika kelenjar tiroid mengeluarkan hormon berlebih. Vitamin C bersama dengan nutrisi penting lainnya penting untuk kesehatan tiroid Anda. Dikatakan, kekurangan vitamin C yang berkepanjangan dapat menyebabkan kelebihan sekresi hormon dari kelenjar tiroid, menyebabkan hipertiroidisme, menyebabkan gejala seperti penurunan berat badan yang tidak disengaja, jantung berdebar-debar, nafsu makan meningkat, gugup, tremor, perubahan pola menstruasi pada wanita dan banyak lagi.

3. Anemia

Memasukkan Vitamin C dalam diet Anda sangat penting. Terlepas dari manfaat lain, vitamin C membantu penyerapan zat besi, yang sangat penting untuk mencegah penyakit seperti anemia, yang merupakan hasil dari penurunan jumlah atau kualitas sel darah merah dalam tubuh Anda. Gejala mungkin termasuk kelelahan, pucat, sesak napas, pusing, penurunan berat badan dan banyak lagi.

4. Gusi berdarah

Ketika datang ke kesehatan gigi Anda, Vitamin C sangat penting. Tidak hanya memperkuat gigi, tetapi juga melindungi gusi. Oleh karena itu, kekurangan vitamin C dapat menyebabkan gusi berdarah dan penyakit gusi.

5. Penyakit kulit

Vitamin C berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Ini memiliki sifat antioksidan dan memainkan peran kunci dalam produksi kolagen, protein yang berlimpah di jaringan ikat seperti kulit, rambut, sendi, dll, penting untuk kesehatan kulit. Yang mengatakan, kekurangan vitamin C, juga dikenal sebagai penyakit kudis, dapat menyebabkan lesi kulit. Gejala awal termasuk bintik-bintik perdarahan subkutan kecil.

Sumber: Bisnis.com Tag: Kesehatan Editor: Bernadheta Dian Saraswati

Artikel Terkait
17 Orang di China Meninggal karena Corona, Pelabuhan dan Bandara Ditutup 1 year ago
Wabah Corona, Bandara Adisutjipto Perketat Pengawasan Penumpang 1 year ago
Wabah Corona, Pemerintah Indonesia Tak Larang Warga Pergi ke China 1 year ago
PENEMUAN BAYI: Polsek Ngemplak Serahkan Cantika ke Dinsos Sleman 1 year ago
Dokter di China yang Selidiki Virus Korona Malah Terinfeksi 1 year ago

Berita Pilihan

Di Indonesia, Usia 60 Tahun Sudah Jadi Prioritas Vaksin Influenza Dokter Sarankan Tidur Diganjal saat Asam Lambung Naik Hal Penting yang Perlu Dilakukan Sebelum & Sesudah Vaksin Covid Dana Darurat Perlu Disiapkan Sejak Dini, Ini Alasannya... Facebook Akan Matikan Sistem Pengenalan Wajah
Berita Terbaru
Mau Naik Gunung? Ini Daftar Peralatan yang Wajib Kamu Bawa! 3 hours ago
6 Tips Supaya Bisa Cepat Tidur Nyenyak 6 hours ago
Ini 7 Cara Ampuh untuk Turunkan Kadar Kolesterol 8 hours ago
Hidup Sederhana! Begini Tips Bahagia dari Si Jenius Albert Einstein 1 day ago
Kenali Penyebab Umum Sakit Asam Lambung 1 day ago

Terpopuler

Kondom Tertinggal di Vagina? Jangan Panik! Ini yang Bisa Anda Lakukan TIPS HIDUP SEHAT: Jalan Kaki Bikin Langsing Lo... Karen Millen Menggebrak dengan Outfit Penuh Kemewahan Hai Milenial, Ini Tips Agar Anda Bijak Memanfaatkan Medsos Air Cucian Beras Punya Banyak Manfaat
Olahraga Dapat Mencegah Alzheimer, Ini Buktinya 1 day ago
Ini Jenis Minuman Sehat yang Bisa Meningkatkan Imunitas Tubuh 1 day ago
Keajaiban Teh Hijau! Baik untuk Kulit Wajah hingga Rahasia Panjang Umur 1 day ago
Simak! Ini Tanda Pria Tidak Mencintai dan Hanya Memanfaatkan Perempuan 1 day ago
Ini 3 Hal Terlarang Saat Berkencan 2 days ago