HomeLifestyle

Tanda Kanker Sudah Menyebar, Bisa Dicek dari Punggung

Oleh:Mia Chitra Dinisari
12 Oktober 2021 - 14:47 WIB

Sakit punggung - istimewa

Harianjogja.com, JAKARTA - Seperti kebanyakan kondisi medis, deteksi dini kanker adalah kunci keberhasilan menekan penyebaran sel dan meningkatkan kelangsungan hidup.

Tapi, bagi Anda penderita kanker, rasa sakit di punggung Anda, tanda harus memerlukan perhatian medis.

Keterlambatan dalam pengobatan kanker yang disebabkan oleh pandemi berarti simpanan dalam pengobatan bisa memakan waktu bertahun-tahun untuk diselesaikan. 

Kanker perut, usus besar, dan rektum semuanya dapat menyebabkan rasa sakit yang menyebar dari lokasi tumor ke punggung bawah.

Ketika nyeri kanker menyebar ke bagian tubuh lain seperti punggung bagian bawah, biasanya akan menimbulkan gejala lain yang jelas.

Sakit punggung disertai dengan penurunan berat badan yang tiba-tiba tanpa sebab, kelelahan yang tidak dapat dijelaskan, kesemutan atau mati rasa pada lengan atau kaki harus memerlukan perhatian medis segera.

Bendera merah lainnya adalah sakit punggung yang tidak bertambah parah dengan gerakan.

Tanda lain bahwa sakit punggung bisa berasal dari kanker adalah rasa sakit yang memburuk di malam hari dan di pagi hari tetapi sebaliknya hampir tidak terlihat di siang hari.

Salah satu ciri umum kanker yang menyebabkannya menyebar ke tulang belakang adalah kanker yang bermetastasis, artinya berasal dari bagian tubuh yang berbeda.

Tulang belakang adalah situs paling umum ketiga untuk kanker metastasis.

“Nyeri punggung terus menerus dan dapat menjadi lebih buruk ketika Anda berbaring. Baal, lemas atau kesemutan pada kaki yang terus memburuk. Jika kanker menyebar ke saraf tulang belakang yang mengontrol kandung kemih dan usus, mungkin ada inkontinensia usus atau kandung kemih." tulis Blog Harvard Health dilansir dari Express.

Penyebab potensial lain untuk nyeri punggung bawah adalah kanker tulang, yang dimulai sebagai nyeri tekan yang secara bertahap berkembang menjadi nyeri persisten.

“Nyeri yang disebabkan oleh kanker tulang biasanya dimulai dengan rasa nyeri pada tulang yang terkena. Ini secara bertahap berkembang menjadi sakit yang terus-menerus atau sakit yang datang dan pergi, yang berlanjut di malam hari dan saat istirahat. Tulang apa pun dapat terkena, meskipun kanker tulang paling sering berkembang di tulang panjang kaki atau lengan atas." papar NHS.

Sumber: Bisnis.com Tag: Kesehatan Editor: Bhekti Suryani

Artikel Terkait
17 Orang di China Meninggal karena Corona, Pelabuhan dan Bandara Ditutup 1 year ago
Wabah Corona, Bandara Adisutjipto Perketat Pengawasan Penumpang 1 year ago
Wabah Corona, Pemerintah Indonesia Tak Larang Warga Pergi ke China 1 year ago
PENEMUAN BAYI: Polsek Ngemplak Serahkan Cantika ke Dinsos Sleman 1 year ago
Dokter di China yang Selidiki Virus Korona Malah Terinfeksi 1 year ago

Berita Pilihan

Jangan Panik! Akta Kelahiran Hilang Bisa Diurus dengan Cara Ini.. Di Indonesia, Usia 60 Tahun Sudah Jadi Prioritas Vaksin Influenza Dokter Sarankan Tidur Diganjal saat Asam Lambung Naik Hal Penting yang Perlu Dilakukan Sebelum & Sesudah Vaksin Covid Dana Darurat Perlu Disiapkan Sejak Dini, Ini Alasannya...
Berita Terbaru
Ini 5 Kebiasaan Buruk yang Merusak Liver & Wajib Dihindari Selagi Muda 8 hours ago
Kerap Sakit Kepala Belakang Bisa Jadi Tanda Kolesterol Tinggi 11 hours ago
Begini 5 Cara Ampuh dan Mudah Hentikan Kebiasaan Buruk 16 hours ago
Waspada! Ini 5 Tips Mengatasi Pasangan yang Manipulatif 1 day ago
Baju Model Simpel Banyak Dicari saat Pandemi, Mengapa? 1 day ago

Terpopuler

Kondom Tertinggal di Vagina? Jangan Panik! Ini yang Bisa Anda Lakukan TIPS HIDUP SEHAT: Jalan Kaki Bikin Langsing Lo... Karen Millen Menggebrak dengan Outfit Penuh Kemewahan Hai Milenial, Ini Tips Agar Anda Bijak Memanfaatkan Medsos Air Cucian Beras Punya Banyak Manfaat
Ini Cara-Cara agar Anda Terlihat Awet Muda 1 day ago
Ini Penyebab Perempuan Cerdas Cenderung Sulit Jatuh Cinta 1 day ago
Jangan Panik! Akta Kelahiran Hilang Bisa Diurus dengan Cara Ini.. 2 days ago
Ini Beragam Diet Sepanjang Sejarah yang Sudah Muncul Sejak Abad 18 3 days ago
Lurik & Pewarnaan Alam Diperkirakan Jadi Tren Fesyen 2022, Ini Alasannya.. 3 days ago