Lifestyle

Kenali Gejala Katarak, Jangan Disepelekan!

Penulis: Ni Luh Anggela
Tanggal: 12 Oktober 2021 - 23:17 WIB
Kanwil DJP Wajib Pajak Besar bekerja sama dengan Klinik Gedung Pajak Sudirman dan Arya Noble menggelar operasi katarak gratis. - Dok. Kanwil DJP Wajib Pajak Besar

Harianjogja.com, JAKARTA – Katarak adalah suatu kondisi dimana lensa bola mata berubah menjadi keruh sehingga menyebabkan menurunnya kemampuan penglihatan  hingga kebutaan. Kekeruhan ini disebabkan karena terjadinya reaksi biokimia yang menyebabkan koagulasi protein lensa.
 
Seiring bertambahnya usia, protein di dalam lensa Anda dapat menggumpal, mengubah lensa dari bening menjadi keruh. Perilaku tertentu dapat menempatkan Anda pada risiko yang lebih tinggi untuk mendapatkan katarak. Ini termasuk menghabiskan waktu terlalu banyak di bawah sinar matahari tanpa pelindung mata, merokok, gula darah tinggi, menggunakan obat steroid hingga paparan radiasi.
 
Di Indonesia, mengutip laman resmi Kementerian Kesehatan, 80 persen kebutaan disebabkan oleh katarak, sehingga penting untuk mengetahui gejalanya.
 
Berikut adalah gejala-gejala katarak yang perlu Anda ketahui, melansir Healthline, Selasa (12/10/2021). Jika Anda memiliki salah satu gejala berikut, segera konsultasikan dengan dokter mata

1.  Pengelihatan Anda buram

Kebanyakan katarak berkembang secara perlahan selama bertahun-tahun. Penglihatan Anda mungkin tampak sedikit buram. Efek ini biasanya meningkat seiring waktu. Dunia seakan tampak buram, mendung, atau redup.

2. Penglihatan di malam hari menjadi terganggu

Saat katarak terus berkembang, mereka mulai menjadi gelap dengan semburat kuning atau cokelat. Ini mulai memengaruhi penglihatan malam dan membuat aktivitas malam hari seperti mengemudi menjadi lebih sulit. Jika Anda menduga Anda menderita katarak, berhati-hatilah di malam hari dan jangan mengemudi saat penglihatan Anda terganggu.

3. Mata menjadi sangat sensitif terhadap cahaya terang

Sensitivitas cahaya adalah gejala umum katarak. Silau cahaya terang bisa menyakitkan, terutama bagi mereka yang menderita katarak subkapsular posterior, menurut Mayo Clinic. Jenis katarak ini dimulai di bagian belakang lensa, menghalangi jalur cahaya dan sering mengganggu penglihatan membaca Anda.

4. Anda melihat lingkaran cahaya ada dimana-mana

Kekeruhan lensa dapat menyebabkan difraksi cahaya yang masuk ke mata Anda. Hal ini dapat menyebabkan lingkaran cahaya muncul di sekitar sumber cahaya. Cincin di sekitar setiap lampu, terkadang dalam berbagai warna, dapat membuat mengemudi menjadi sangat sulit. Ini adalah alasan lain mengapa mengemudi di malam hari, terutama saat ada lampu jalan dan lampu depan, bisa berbahaya jika Anda menderita katarak.

5. Anda lebih sering mengganti kacamata

Jika Anda sering membutuhkan kacamata atau kontak yang lebih kuat, Anda mungkin menderita katarak. Sering mengganti kacamata tidak akan menyelesaikan masalah. Ada baiknya untuk menemui dokter mata jika penglihatan Anda berubah dengan cepat. Anda mungkin menderita katarak atau kondisi mata lain yang akan mendapat manfaat dengan perawatan segera.

6. Kemampuan Anda membedakan warna berkurang

Saat katarak berkembang, gumpalan protein yang mengaburkan lensa Anda bisa berubah menjadi kuning atau kecoklatan. Ini menghasilkan semua cahaya yang masuk ke mata Anda memiliki warna kuning. Ini hampir seolah-olah Anda mengenakan kacamata  blue blocker UV, yang menghalangi cahaya biru dan ungu. Ini mengubah cara Anda melihat warna dan mengurangi kemampuan Anda untuk membedakan antara warna.

7. Anda melihat dua atau lebih gambar dari satu objek

Difraksi dari kekeruhan lensa pada katarak sebenarnya dapat membuat Anda melihat dua atau lebih gambar dari satu objek. Banyak hal yang dapat menyebabkan penglihatan ganda, disebut juga diplopia, antara lain tumor otak, pembengkakan kornea, sklerosis ganda, stroke dan katarak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Berita Terkait

Stres Memicu Sakit Punggung, Ini Penjelasannya
Stres Bekerja Juga Sebabkan Sakit Punggung Loh!
Kiat Menjaga Kesehatan, Jaga Kualitas Waktu Tidur
Setop Migrain dengan Kenali Tahapan dan Cara Mengatasinya

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Kantor KPU Klaten Banjir Kiriman Karangan Bunga dari Sukarelawan 4 Caleg PDIP
  2. MMKSI Buka Diler Baru di Morowali Sulteng, Ada Banyak Promo Menarik
  3. Warga Semarang Keluhkan Elpiji 3 Kg Langka, Harga Tembus Rp24.000
  4. Militansi Edan Justin Hubner, dalam 24 Jam Membela 2 Tim Berbeda Jarak 8.126 Km

Berita Terbaru Lainnya

Stres Memicu Sakit Punggung, Ini Penjelasannya
Stres Bekerja Juga Sebabkan Sakit Punggung Loh!
Jangan Sampai Menyesal, Ini Tips Memilih Jasa Open Trip Saat Berwisata
Ini Dia 20 Negara dengan Udara Paling Tercemar di Dunia, Indonesia Salah Satunya
India Punya Lift Penumpang Terbesar di Dunia, Muat 235 Orang Sekaligus
Kiat Menjaga Kesehatan, Jaga Kualitas Waktu Tidur
3,3% Calon Dokter Spesialis di Indonesia Alami Depresi, Begini Cara Menjaga Kesehatan Mental
Job Seeker Inilah 15 Perusahaan dengan Pengembangan Karier Terbaik di Indonesia
Tak Cuma Paru-Paru, Peneliti Sebut Vape Juga Bisa Merusak Jantung
Berpotensi Cuan, 10 Ide Bisnis Ini Bisa Anda Jalankan Setelah Lebaran