Lifestyle

Tanda Awal Kanker Payudara Ini Mungkin Tidak Anda Sadari

Penulis: Ni Luh Anggela
Tanggal: 13 Oktober 2021 - 22:47 WIB
Ilustrasi kanker payudara - boldsky

Harianjogja.com, JAKARTA – Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang terjadi pada payudara. Ini muncul karena adanya pertumbuhan abnormal sel-sel payudara yang terkadang dapat dirasakan sebagai benjolan atau massa yang disebut tumor.
 
Benjolan adalah  gejala awal kanker payudara yang Anda kenal. Tetapi kondisinya juga dapat muncul dengan cara lain. Kanker payudara dapat bermanifestasi dalam tubuh sebagai kulit lesung pipit, cairan puting yang aneh, ruam, perubahan bentuk payudara, dan gejala lain yang kurang diketahui.
 
Yang penting adalah perhatikan setiap perkembangan baru yang aneh pada puting atau payudara Anda, bahkan jika Anda tidak merasakan adanya benjolan. Itu bisa menjadi sinyal awal bahwa semuanya tidak baik-baik saja.
 
Dr. Janet Yeh M.D., seorang ahli bedah payudara di NYU Langone Hospital, menekankan pentingnya  melakukan mammogram dimulai pada usia 40, atau bahkan lebih awal jika Anda memiliki riwayat keluarga kanker payudara. Bahkan jika Anda belum menjalani mammogram, mengetahui apa yang ‘normal’ untuk dada Anda dan apa yang tidak akan membantu Anda mengetahui ketika ada sesuatu yang berubah atau tidak beres.
 
Melansir Bustle, Rabu (13/10/2021), berikut adalah beberapa tanda awal kanker yang mungkin tidak Anda sadari.

1. Benjolan di payudara atau ketiak

Bagi Anda yang belum pernah atau tidak terbiasa untuk memindai payudara Anda sesekali untuk mencari benjolan, Anda mungkin bisa memulai kebiasaan ini.
 
Cara mudah untuk melakukannya adalah di kamar mandi: Gunakan tiga jari tengah Anda untuk menekan (menggunakan tekanan ringan, sedang, dan kemudian kuat) di seluruh payudara Anda. Anda mencari benjolan, tentu saja, tetapi juga setiap simpul, serta setiap bintik yang terasa lebih tebal dari biasanya. Setelah Anda melakukan ini selama beberapa bulan dan Anda sudah mengenal payudara Anda, Anda juga akan mencari sesuatu yang terasa berbeda.
 
Selain merasakan benjolan di payudara Anda, Anda mungkin juga merasakan benjolan di ketiak Anda. Benjolan ini dapat menunjukkan bahwa kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening di ketiak, yang juga dapat membengkak setiap kali Anda merasa sakit atau sedang melawan penyakit. Ini masih tergolong tanda awal jika benjolan di payudara dan ketiak Anda berukuran kecil.

2. Keluar cairan dari puting

Keluarnya cairan dari puting susu adalah hal biasa dan itu tidak selalu berarti ada sesuatu yang salah, bahkan jika Anda tidak hamil atau menyusui. Namun, jika puting mengeluarkan cairan berdarah, ini merupakan tanda kanker payudara. Ini juga dapat disebabkan oleh penyakit lain yang lebih jinak, seperti penyumbatan di saluran susu Anda. Aturan praktis yang baik adalah, jika darah muncul, Anda harus mencari perhatian medis.

3.  Puting masuk ke dalam

Kondisi puting payudara yang masuk ke dalam, yang dalam dunia medis disebut dengan retraksi puting, bisa menjadi tanda kanker. Ini karena jaringan kanker mungkin menarik dinding payudara Anda, menarik puting ke dalam. Jika ini terjadi pada bagian lain dari payudara juga, itu bisa mengarah ke kanker.

4.  Lesung pipit pada payudara

Anda mungkin melihat lesung pipit pada payudara anda, pembengkakan atau kemerahan, atau tampilan kulit seperti kulit jeruk. Apapun seperti bengkak atau perubahan nyata pada tekstur kulit dada Anda juga harus diperiksa. Meskipun tidak mungkin, perubahan apa pun bisa menjadi tanda kanker payudara.

5.  Perubahan warna kulit

Jika kulit pada payudara Anda berubah warna di area tertentu dan Anda tidak tahu mengapa, itu bisa menjadi gejala kanker payudara. Kulit yang menghitam adalah masalah khusus, seperti kemerahan yang terus-menerus dan tidak dapat dijelaskan.

6.  Perubahan ukuran atau bentuk payudara

Sangat penting untuk memerhatikan setiap perubahan ukuran atau bentuk payudara Anda, seperti halnya perubahan apa pun yang mereka rasakan. Beberapa orang mengalami pembengkakan payudara selama periode mereka yang kemudian menyusut ketika periode berhenti, tetapi kanker tidak akan seperti itu; perubahan kemungkinan akan tampak permanen, atau tidak akan berubah tergantung di mana Anda berada dalam siklus Anda.

7.  Puting gatal, mengelupas atau mengeras

“Ruam yang tidak merata pada puting, pembengkakan kulit, dan perubahan kulit lainnya bisa menjadi tanda,” kata Dr. Yeh.
 
Gatal, mengelupas, atau mengeras pada satu puting bisa menjadi tanda kanker payudara inflamasi. Ini juga bisa menjadi gejala penyakit Paget. Penyakit Paget adalah peradangan pada puting yang berhubungan dengan kanker payudara; 1 sampai 4 persen dari semua pasien kanker payudara mengalaminya.

8. Nyeri baru di area payudara

Nyeri baru di area payudara yang tidak hilang juga dapat menjadi pertanda kanker. Umumnya, nyeri fokal terkait dengan siklus dan dapat bervariasi dari bulan ke bulan. Namun, jika nyeri ini masih ada setelah memar atau bengkak dari menstruasi Anda akan mereda, segera konsultasikan dengan dokter. Dan, jika Anda menemukan penebalan kulit atau benjolan keras yang diikuti dengan rasa sakit, Anda perlu mengambil tindakan segera.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

Stres Memicu Sakit Punggung, Ini Penjelasannya
Dinkes DIY Mewaspadai Sebaran Flu Singapura
Tak Cuma Paru-Paru, Peneliti Sebut Vape Juga Bisa Merusak Jantung
Ikan Sarden sampai Teri Efektif Cegah 750 ribu Kematian pada 2050

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Pembalap Aston Martin Lance Stroll Terdepan di Sesi Latihan GP Cina
  2. Tips Aman Gunakan Lampu Jauh Saat Berkendara Motor
  3. Seusai Lebaran Sebagian Harga Komoditas Pangan di Solo Turun
  4. Terseret Banjir Lahar Dingin Semeru, Pasutri Asal Lumajang Ditemukan Meninggal

Berita Terbaru Lainnya

Stres Memicu Sakit Punggung, Ini Penjelasannya
Stres Bekerja Juga Sebabkan Sakit Punggung Loh!
Jangan Sampai Menyesal, Ini Tips Memilih Jasa Open Trip Saat Berwisata
Ini Dia 20 Negara dengan Udara Paling Tercemar di Dunia, Indonesia Salah Satunya
India Punya Lift Penumpang Terbesar di Dunia, Muat 235 Orang Sekaligus
Kiat Menjaga Kesehatan, Jaga Kualitas Waktu Tidur
3,3% Calon Dokter Spesialis di Indonesia Alami Depresi, Begini Cara Menjaga Kesehatan Mental
Job Seeker Inilah 15 Perusahaan dengan Pengembangan Karier Terbaik di Indonesia
Tak Cuma Paru-Paru, Peneliti Sebut Vape Juga Bisa Merusak Jantung
Berpotensi Cuan, 10 Ide Bisnis Ini Bisa Anda Jalankan Setelah Lebaran