HomeLifestyle

Tanda Awal Kanker Payudara Ini Mungkin Tidak Anda Sadari

Oleh:Ni Luh Anggela
13 Oktober 2021 - 22:47 WIB

Ilustrasi kanker payudara - boldsky

Harianjogja.com, JAKARTA – Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang terjadi pada payudara. Ini muncul karena adanya pertumbuhan abnormal sel-sel payudara yang terkadang dapat dirasakan sebagai benjolan atau massa yang disebut tumor.
 
Benjolan adalah  gejala awal kanker payudara yang Anda kenal. Tetapi kondisinya juga dapat muncul dengan cara lain. Kanker payudara dapat bermanifestasi dalam tubuh sebagai kulit lesung pipit, cairan puting yang aneh, ruam, perubahan bentuk payudara, dan gejala lain yang kurang diketahui.
 
Yang penting adalah perhatikan setiap perkembangan baru yang aneh pada puting atau payudara Anda, bahkan jika Anda tidak merasakan adanya benjolan. Itu bisa menjadi sinyal awal bahwa semuanya tidak baik-baik saja.
 
Dr. Janet Yeh M.D., seorang ahli bedah payudara di NYU Langone Hospital, menekankan pentingnya  melakukan mammogram dimulai pada usia 40, atau bahkan lebih awal jika Anda memiliki riwayat keluarga kanker payudara. Bahkan jika Anda belum menjalani mammogram, mengetahui apa yang ‘normal’ untuk dada Anda dan apa yang tidak akan membantu Anda mengetahui ketika ada sesuatu yang berubah atau tidak beres.
 
Melansir Bustle, Rabu (13/10/2021), berikut adalah beberapa tanda awal kanker yang mungkin tidak Anda sadari.

1. Benjolan di payudara atau ketiak

Bagi Anda yang belum pernah atau tidak terbiasa untuk memindai payudara Anda sesekali untuk mencari benjolan, Anda mungkin bisa memulai kebiasaan ini.
 
Cara mudah untuk melakukannya adalah di kamar mandi: Gunakan tiga jari tengah Anda untuk menekan (menggunakan tekanan ringan, sedang, dan kemudian kuat) di seluruh payudara Anda. Anda mencari benjolan, tentu saja, tetapi juga setiap simpul, serta setiap bintik yang terasa lebih tebal dari biasanya. Setelah Anda melakukan ini selama beberapa bulan dan Anda sudah mengenal payudara Anda, Anda juga akan mencari sesuatu yang terasa berbeda.
 
Selain merasakan benjolan di payudara Anda, Anda mungkin juga merasakan benjolan di ketiak Anda. Benjolan ini dapat menunjukkan bahwa kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening di ketiak, yang juga dapat membengkak setiap kali Anda merasa sakit atau sedang melawan penyakit. Ini masih tergolong tanda awal jika benjolan di payudara dan ketiak Anda berukuran kecil.

2. Keluar cairan dari puting

Keluarnya cairan dari puting susu adalah hal biasa dan itu tidak selalu berarti ada sesuatu yang salah, bahkan jika Anda tidak hamil atau menyusui. Namun, jika puting mengeluarkan cairan berdarah, ini merupakan tanda kanker payudara. Ini juga dapat disebabkan oleh penyakit lain yang lebih jinak, seperti penyumbatan di saluran susu Anda. Aturan praktis yang baik adalah, jika darah muncul, Anda harus mencari perhatian medis.

3.  Puting masuk ke dalam

Kondisi puting payudara yang masuk ke dalam, yang dalam dunia medis disebut dengan retraksi puting, bisa menjadi tanda kanker. Ini karena jaringan kanker mungkin menarik dinding payudara Anda, menarik puting ke dalam. Jika ini terjadi pada bagian lain dari payudara juga, itu bisa mengarah ke kanker.

4.  Lesung pipit pada payudara

Anda mungkin melihat lesung pipit pada payudara anda, pembengkakan atau kemerahan, atau tampilan kulit seperti kulit jeruk. Apapun seperti bengkak atau perubahan nyata pada tekstur kulit dada Anda juga harus diperiksa. Meskipun tidak mungkin, perubahan apa pun bisa menjadi tanda kanker payudara.

5.  Perubahan warna kulit

Jika kulit pada payudara Anda berubah warna di area tertentu dan Anda tidak tahu mengapa, itu bisa menjadi gejala kanker payudara. Kulit yang menghitam adalah masalah khusus, seperti kemerahan yang terus-menerus dan tidak dapat dijelaskan.

6.  Perubahan ukuran atau bentuk payudara

Sangat penting untuk memerhatikan setiap perubahan ukuran atau bentuk payudara Anda, seperti halnya perubahan apa pun yang mereka rasakan. Beberapa orang mengalami pembengkakan payudara selama periode mereka yang kemudian menyusut ketika periode berhenti, tetapi kanker tidak akan seperti itu; perubahan kemungkinan akan tampak permanen, atau tidak akan berubah tergantung di mana Anda berada dalam siklus Anda.

7.  Puting gatal, mengelupas atau mengeras

“Ruam yang tidak merata pada puting, pembengkakan kulit, dan perubahan kulit lainnya bisa menjadi tanda,” kata Dr. Yeh.
 
Gatal, mengelupas, atau mengeras pada satu puting bisa menjadi tanda kanker payudara inflamasi. Ini juga bisa menjadi gejala penyakit Paget. Penyakit Paget adalah peradangan pada puting yang berhubungan dengan kanker payudara; 1 sampai 4 persen dari semua pasien kanker payudara mengalaminya.

8. Nyeri baru di area payudara

Nyeri baru di area payudara yang tidak hilang juga dapat menjadi pertanda kanker. Umumnya, nyeri fokal terkait dengan siklus dan dapat bervariasi dari bulan ke bulan. Namun, jika nyeri ini masih ada setelah memar atau bengkak dari menstruasi Anda akan mereda, segera konsultasikan dengan dokter. Dan, jika Anda menemukan penebalan kulit atau benjolan keras yang diikuti dengan rasa sakit, Anda perlu mengambil tindakan segera.

Tag: Kesehatan Editor: Bhekti Suryani

Artikel Terkait
17 Orang di China Meninggal karena Corona, Pelabuhan dan Bandara Ditutup 1 year ago
Wabah Corona, Bandara Adisutjipto Perketat Pengawasan Penumpang 1 year ago
Wabah Corona, Pemerintah Indonesia Tak Larang Warga Pergi ke China 1 year ago
PENEMUAN BAYI: Polsek Ngemplak Serahkan Cantika ke Dinsos Sleman 1 year ago
Dokter di China yang Selidiki Virus Korona Malah Terinfeksi 1 year ago

Berita Pilihan

Jangan Panik! Akta Kelahiran Hilang Bisa Diurus dengan Cara Ini.. Di Indonesia, Usia 60 Tahun Sudah Jadi Prioritas Vaksin Influenza Dokter Sarankan Tidur Diganjal saat Asam Lambung Naik Hal Penting yang Perlu Dilakukan Sebelum & Sesudah Vaksin Covid Dana Darurat Perlu Disiapkan Sejak Dini, Ini Alasannya...
Berita Terbaru
Ini 5 Kebiasaan Buruk yang Merusak Liver & Wajib Dihindari Selagi Muda 8 hours ago
Kerap Sakit Kepala Belakang Bisa Jadi Tanda Kolesterol Tinggi 11 hours ago
Begini 5 Cara Ampuh dan Mudah Hentikan Kebiasaan Buruk 16 hours ago
Waspada! Ini 5 Tips Mengatasi Pasangan yang Manipulatif 1 day ago
Baju Model Simpel Banyak Dicari saat Pandemi, Mengapa? 1 day ago

Terpopuler

Kondom Tertinggal di Vagina? Jangan Panik! Ini yang Bisa Anda Lakukan TIPS HIDUP SEHAT: Jalan Kaki Bikin Langsing Lo... Karen Millen Menggebrak dengan Outfit Penuh Kemewahan Hai Milenial, Ini Tips Agar Anda Bijak Memanfaatkan Medsos Air Cucian Beras Punya Banyak Manfaat
Ini Cara-Cara agar Anda Terlihat Awet Muda 1 day ago
Ini Penyebab Perempuan Cerdas Cenderung Sulit Jatuh Cinta 1 day ago
Jangan Panik! Akta Kelahiran Hilang Bisa Diurus dengan Cara Ini.. 2 days ago
Ini Beragam Diet Sepanjang Sejarah yang Sudah Muncul Sejak Abad 18 3 days ago
Lurik & Pewarnaan Alam Diperkirakan Jadi Tren Fesyen 2022, Ini Alasannya.. 3 days ago