HomeLifestyle

Ini Penyebab Berat Badan Naik Setelah Berhenti Merokok

Oleh:Dinda Aulia Ramadhanty
15 Oktober 2021 - 04:27 WIB

Ilustrasi - Freepik

Harianjogja.com, JAKARTA - Penambahan berat badan merupakan hal umum yang terjadi ketika seseorang mencoba berhenti merokok. Perlu diketahui, merokok dapat menimbulkan banyak masalah kesehatan seperti kanker, penyakit jantung, stroke, penyakit paru-paru, dan diabetes.

Kenaikan berat badan yang disebabkan setelah berhenti merokok masih bisa dikendalikan. Di sisi lain, penyakit kronis lain yang disebabkan oleh rokok bisa berakibat fatal bagi tubuh.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal Drug and Alcohol Dependence mengungkapkan penyebab kenaikan berat badan saat berhenti merokok ternyata bersumber pada otak.

Hal tersebut dilatarbelakangi karena kandungan nikotin dapat meningkatkan keinginan tubuh untuk makanan yang tidak sehat dan diproses. Selain itu, rokok mampu mengurangi nafsu makan.

"Oleh karena itu, ketika perokok mencoba berhenti merokok, akan adanya peningkatan rasa lapar dan akhirnya makan lebih banyak dari biasanya," tulis penelitian yang diterbitkan Journal Drug and Alcohol Dependence seperti dilansir dari Times of India, Kamis (14/10/2021).

Faktor yang mengakibatkan seseorang mengalami penambahan berat badan ketika mencoba berhenti merokok. Kedua, adanya kenaikan berat badan setelah berhenti adalah metabolisme yang lambat akibat tidak adanya nikotin pada tubuh, lalu berakibat seseorang membakar lebih sedikit kalori saat tidak merokok.

Anda ingin berhenti merokok? Simak 4 langkah berikut ini agar tidak mengalami kenaikan berat badan seperti dikutip dari Times of India.

1. Bergerak Lebih Aktif

Jika sebelumnya sudah aktif secara fisik atau bahkan tidak, segera lanjutkan dengan rutinitas latihan olahraga yang aktif. Berolahraga mampu meningkatkan metabolisme dan membantu membakar lebih banyak kalori dari biasanya. Sertakan sesi latihan kardio dan kekuatan dalam rutinitas latihan setiap harinya dengan intensitas waktu setidaknya selama 45 menit.

2. Konsumsi Banyak Serat

Konsumsi lebih banyak serat akan menyebabkan kenyang yang lebih tahan lama, hingga dapat mencegah tubuh dari keinginan untuk makan makanan berlemak dan manis.

Cobalah makan lebih banyak sayuran berwarna, buah-buahan, dan lemak sehat untuk menurunkan berat badan dan pertahankan konsistensi cara ini supaya juga dapat mengurangi risiko penyakit kronis.

3. Jangan Kelaparan

Sebelum merasa lapar, sebaiknya buatlah jadwal makan terapkan dengan tekun dalam keseharian. Perlu diingat, dalam menyusun jadwal makan ialah kesenjangan antara waktu makan tidak boleh terlalu lama, karena hanya akan membuat diri sendiri kelaparan lalu berakibat makan lebih banyak selama waktu makan.

Dengan adanya jadwal tersebut, makanan akan masuk kedalam tubuh secara teratur, serta nutrisi makanan akan lebih terjaga karena makanan yang seimbang termasuk seluruh mikro dan makronutrien, sehingga dapat dipastikan tubuh jadi lebih sehat

4. Tidur Tepat Waktu

Perlu digarisbawahi bahwa jadwal tidur juga memegang peranan penting ketika mencoba menurunkan berat badan. Berbagai hal seperti kurang tidur dapat meningkatkan keinginan diri untuk makan makanan tidak sehat di pagi harinya. Hal ini juga dapat menyebabkan perubahan suasana hati, seperti lekas marah dan kurang konsentrasi.

Sumber: JIBI/Bisnis.com Tag: rokok Editor: Budi Cahyana

Artikel Terkait
Serapan Tembakau Dalam Negeri Bergantung pada Produksi Rokok Elektrik 1 year ago
Kemenkes: Kampanye Larangan Merokok Kalah dengan Iklan Rokok 1 year ago
Kasus Paru-paru Bocor akibat Vape Ditemukan di Indonesia 1 year ago
Ini Permintaan Kemenkes untuk Mengendalikan Vape 1 year ago
Banyak Perokok Beralih ke Vape Setelah Cukai Rokok Naik 1 year ago

Berita Pilihan

Jangan Panik! Akta Kelahiran Hilang Bisa Diurus dengan Cara Ini.. Di Indonesia, Usia 60 Tahun Sudah Jadi Prioritas Vaksin Influenza Dokter Sarankan Tidur Diganjal saat Asam Lambung Naik Hal Penting yang Perlu Dilakukan Sebelum & Sesudah Vaksin Covid Dana Darurat Perlu Disiapkan Sejak Dini, Ini Alasannya...
Berita Terbaru
Ini 5 Kebiasaan Buruk yang Merusak Liver & Wajib Dihindari Selagi Muda 7 hours ago
Kerap Sakit Kepala Belakang Bisa Jadi Tanda Kolesterol Tinggi 10 hours ago
Begini 5 Cara Ampuh dan Mudah Hentikan Kebiasaan Buruk 15 hours ago
Waspada! Ini 5 Tips Mengatasi Pasangan yang Manipulatif 1 day ago
Baju Model Simpel Banyak Dicari saat Pandemi, Mengapa? 1 day ago

Terpopuler

Kondom Tertinggal di Vagina? Jangan Panik! Ini yang Bisa Anda Lakukan TIPS HIDUP SEHAT: Jalan Kaki Bikin Langsing Lo... Karen Millen Menggebrak dengan Outfit Penuh Kemewahan Hai Milenial, Ini Tips Agar Anda Bijak Memanfaatkan Medsos Air Cucian Beras Punya Banyak Manfaat
Ini Cara-Cara agar Anda Terlihat Awet Muda 1 day ago
Ini Penyebab Perempuan Cerdas Cenderung Sulit Jatuh Cinta 1 day ago
Jangan Panik! Akta Kelahiran Hilang Bisa Diurus dengan Cara Ini.. 2 days ago
Ini Beragam Diet Sepanjang Sejarah yang Sudah Muncul Sejak Abad 18 3 days ago
Lurik & Pewarnaan Alam Diperkirakan Jadi Tren Fesyen 2022, Ini Alasannya.. 3 days ago