HomeLifestyle

Ini Tanda-tanda Keracunan Vitamin D

Oleh:Ni Luh Anggela
16 Oktober 2021 - 13:17 WIB

Ilustrasi vitamin D untuk kesehatan - JIBI/Bisnis.com

Harianjogja.com, JAKARTA – Vitamin D merupakan vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin D memberikan sejumlah manfaat yang baik untuk tubuh, mulai dari mengurangi risiko penyakit jantung, menurunkan depresi, penyerapan kalsium hingga fungsi sel yang lebih baik.
 
Vitamin D terjadi secara alami ada pada beberapa makanan yang Anda konsumsi, atau dapat Anda peroleh melalui suplemen nutrisi juga dari sinar matahari.

Orang cenderung menderita kekurangan vitamin D, dan pada akhirnya memilih untuk konsumsi suplemen vitamin D. Namun, konsumsi berlebihan bisa berbahaya karena bisa membuat keracunan vitamin D.
 
Keracunan vitamin D terjadi ketika kadar meningkat melebihi 150 ng/ml. Itu terutama terjadi ketika seseorang mengonsumsi suplemen selama bertahun-tahun tanpa memantau kadar darah.
 
Perlu diketahui, melalui diet dan paparan sinar matahari saja, keracunan vitamin D tidak mungkin terjadi. Nutrisi ini, karena disimpan dalam lemak tubuh, membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk dikeluarkan dari sistem bahkan setelah Anda menghentikan suplementasi.
 
Ingin tahu apa saja tanda-tanda tubuh keracunan vitamin D? Berikut tanda-tandanya, menurut Times Now News, Jumat (15/10/2021).

1. Gangguan pencernaan

Kondisi seperti diare, sembelit dan sakit perut umum dijumpai pada seseorang yang menderita intoleransi makanan atau sindrom iritasi usus besar. Namun, ini bisa menjadi gejala keracunan vitamin D. Suplementasi vitamin D yang tinggi, dari waktu ke waktu, dapat menyebabkan sembelit dan sakit perut, sehingga harus dianggap sebagai tanda overdosis. Mual dan muntah juga dapat terjadi jika terjadi keracunan.

2. Sering buang air kecil

Tanda lain yang dapat langsung Anda ketahui adalah sering buang air kecil. Ini terjadi ketika kadar vitamin D meningkat secara drastis, kadar kalsium dalam darah juga meningkat sehingga mengakibatkan gejala seperti sering buang air kecil.

3. Rasa lemah

Rasa lemah ini dapat disebabkan oleh peningkatan kadar kalsium, juga dikenal sebagai hiperkalsemia, dalam darah karena keracunan vitamin D. Anda mungkin juga mengalami pusing, kebingungan, dan kelelahan saat keracunan vitamin D.

4. Kerusakan ginjal

Ketika kadar vitamin D Anda meningkat secara drastis, batu ginjal, kerusakan ginjal, dan cedera dapat terjadi. Overdosis kalsium yang muncul karena keracunan vitamin D dapat menyebabkan kerusakan ginjal.

5. Pengeroposan tulang

Meskipun vitamin D sangat baik dalam membantu menjaga kesehatan tulang Anda, nyatanya segala sesuatu yang berlebihan justru berdampak buruk, terutama pada kepadatan dan kekuatan tulang Anda, jika terlalu banyak mengonsumsi vitamin D. Untuk mengatasi efek negatif ini, cobalah untuk mengonsumsi makanan yang kaya vitamin K2, daging dan susu.

Sumber: JIBI/Bisnis.com Tag: Tips Kesehatan Editor: Budi Cahyana

Artikel Terkait
Obat Diabetes hingga Peradangan Ternyata Bisa Membunuh Sel Kanker 1 year ago
Mimpi Terjatuh Lalu Tersentak Bangun, Ternyata Ada Penjelasan Medisnya 1 year ago
Kacang Kenari, Camilan Lezat yang Bermanfaat untuk Usus dan Jantung 1 year ago
Ibu Hamil Jangan Sampai Stress, Bisa Pengaruhi Otak Janin 1 year ago
Tidur Tanpa Bra, Apa Manfaatnya? 1 year ago

Berita Pilihan

Jangan Panik! Akta Kelahiran Hilang Bisa Diurus dengan Cara Ini.. Di Indonesia, Usia 60 Tahun Sudah Jadi Prioritas Vaksin Influenza Dokter Sarankan Tidur Diganjal saat Asam Lambung Naik Hal Penting yang Perlu Dilakukan Sebelum & Sesudah Vaksin Covid Dana Darurat Perlu Disiapkan Sejak Dini, Ini Alasannya...
Berita Terbaru
Ini 5 Kebiasaan Buruk yang Merusak Liver & Wajib Dihindari Selagi Muda 9 hours ago
Kerap Sakit Kepala Belakang Bisa Jadi Tanda Kolesterol Tinggi 12 hours ago
Begini 5 Cara Ampuh dan Mudah Hentikan Kebiasaan Buruk 17 hours ago
Waspada! Ini 5 Tips Mengatasi Pasangan yang Manipulatif 1 day ago
Baju Model Simpel Banyak Dicari saat Pandemi, Mengapa? 1 day ago

Terpopuler

Kondom Tertinggal di Vagina? Jangan Panik! Ini yang Bisa Anda Lakukan TIPS HIDUP SEHAT: Jalan Kaki Bikin Langsing Lo... Karen Millen Menggebrak dengan Outfit Penuh Kemewahan Hai Milenial, Ini Tips Agar Anda Bijak Memanfaatkan Medsos Air Cucian Beras Punya Banyak Manfaat
Ini Cara-Cara agar Anda Terlihat Awet Muda 1 day ago
Ini Penyebab Perempuan Cerdas Cenderung Sulit Jatuh Cinta 1 day ago
Jangan Panik! Akta Kelahiran Hilang Bisa Diurus dengan Cara Ini.. 2 days ago
Ini Beragam Diet Sepanjang Sejarah yang Sudah Muncul Sejak Abad 18 3 days ago
Lurik & Pewarnaan Alam Diperkirakan Jadi Tren Fesyen 2022, Ini Alasannya.. 3 days ago