HomeLifestyle

Hal Penting yang Perlu Dilakukan Sebelum & Sesudah Vaksin Covid

Oleh:Newswire
17 November 2021 - 15:07 WIB

Ilustrasi vaksinasi Covid-19. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Harianjogja.com, JAKARTA-Vaksinasi adalah salah satu cara untuk melindungi diri dari Covid-19. Namun masih banyak masyarakat yang belum melakukannya lantaran takut pada jarum suntik.

Dikutip dari siaran resmi Good Doctor, Rabu (17/11/2021), berdasarkan data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia jumlah penduduk Indonesia yang mendapat vaksin dosis 1 baru mencapai 48,6 persen dan 28,04 persen untuk vaksin dosis 2.

Persentase itu belum mencapai persentase yang diperlukan untuk membentuk kekebalan kelompok (herd immunity). Dalam situs Infeksi Emerging Kemenkes RI dinyatakan bahwa bergantung pada seberapa menular suatu infeksi, biasanya 70 persen hingga 90 persen populasi membutuhkan kekebalan untuk mencapai kekebalan kelompok.

Saat ini, pilihan vaksin pun semakin beragam karena sudah banyak yang mendapat persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Sentra vaksinasi massal juga sudah banyak didirikan untuk mengakomodasi masyarakat.

Akan tetapi banyak masyarakat yang masih enggan untuk divaksinasi lantaran takut terhadap jarum suntik atau trypanophobia dan efek samping yang ditimbulkan.

Baca juga: Vaksinasi Jadi Syarat Mahasiswa Masuk Kampus UMBY

Lima hal yang harus diingat sebelum melakukan vaksinasi adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya termasuk kondisi tubuh sebelum dan sesudah vaksin, persiapkan mental, bicarakan kekhawatiran kepada orang yang terpercaya, alihkan perhatian saat disuntik dan ingat manfaat besar vaksin.

Berdasarkan rekomendasi UNICEF, setelah mendapat vaksin, pasien harus menjaga hidrasi tubuh, mengkonsumsi makanan bergizi seimbang, menerapkan protokol kesehatan, tidur minimal 7-8 jam, pantau kesehatan dengan dokter dan persiapkan untuk dosis kedua.

Sekalipun sudah divaksinasi dua dosis, masyarakat tetap harus mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan rajin mencuci tangan karena tidak ada vaksin yang memiliki tingkat keberhasilan 100 persen.

Seseorang yang sudah divaksin, masih mungkin tertular Covid-19, namun infeksinya akan jauh lebih ringan apabila sudah divaksin.

Setelah melakukan vaksinasi baik dosis pertama maupun kedua, pasien akan memperoleh sertifikat vaksin. Sertifikat ini sangat penting karena menjadi syarat dalam melakukan perjalanan ataupun akses ke fasilitas publik, seperti mal.

Sumber: suara.com Tag: Vaksinasi Editor: Bernadheta Dian Saraswati

Artikel Terkait
Vaksin Covid-19 Rutin Setahun Sekali Lebih Efektif daripada Booster 9 hours ago
Peneliti Uji Coba Vaksinasi Covid-19 lewat Hidung Bukan Suntikan 1 day ago
Dua Ormas di Bantul Diterjunkan Pemerintah untuk Vaksinasi Covid-19 2 days ago
Viral Siswa SD Disuntik Vaksin Kosong, Menkes: Berdosa 3 days ago
Viral Siswa SD Disuntik Vaksin Kosong 3 days ago

Berita Pilihan

Bahaya Konsumsi Madu Berlebihan Makanan Ini Jangan Dikonsumsi saat Perut Kosong Tanda Pasangan Anda Berbohong Manfaat Menari untuk Kesehatan Anda Tips Memarkirkan Mobil di Rumah saat Liburan
Berita Terbaru
Ini Fakta-Fakta Anda Bisa Terinfeksi Ulang oleh Covid-19 5 hours ago
Ingin Revisi Data di KIA? Berikut Caranya 13 hours ago
Ini Tanda Anda Harus Resign 15 hours ago
Cara Cegah dan Hilangkan Tungau 16 hours ago
Ini 6 Tips Sehat dan Panjang Umur saat Pensiun 1 day ago

Terpopuler

Kondom Tertinggal di Vagina? Jangan Panik! Ini yang Bisa Anda Lakukan TIPS HIDUP SEHAT: Jalan Kaki Bikin Langsing Lo... Karen Millen Menggebrak dengan Outfit Penuh Kemewahan Hai Milenial, Ini Tips Agar Anda Bijak Memanfaatkan Medsos Air Cucian Beras Punya Banyak Manfaat
Penting Disimak, Ini 7 Kebiasaan yang Bisa Membuat Kaya 1 day ago
Jangan Parasetamol! Beri Ini jika Anak Demam setelah Divaksin Covid-19 1 day ago
7 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Anda Kaya Raya dan Banyak Uang 2 days ago
Layak Dibaca, Ini 6 Buku Favorit Jeff Bezos Sang Miliarder 2 days ago
Tanda-Tanda Hubungan Pria dan Perempuan Tak Sekadar Romansa 2 days ago