Lifestyle

6 Tips Supaya Bisa Cepat Tidur Nyenyak

Penulis: Newswire
Tanggal: 02 Desember 2021 - 07:37 WIB
Ilustrasi perempuan memainkan gadget karena insomnia - Freepik.com

Harianjogja.com, JAKARTA - Insomnia merupakan salah satu gangguan tidur yang dialami banyak orang. Bagi Anda yang mengalami insomnia, ini 6 tips bisa cepat tidur nyenyak.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit atau CDC Amerika Serikat mengatakan rang dewasa harus berusaha tidur setidaknya tujuh jam setiap malam. Sayangnya, banyak yang tidak mencapainya karena mengalami kesulitan tidur atau insomnia.

Berdasarkan data Cleveland Clinic, Kebanyakan orang membutuhkan waktu antara 5 dan 20 menit untuk tertidur. Namun, hal-hal seperti kecemasan atau kamar tidur yang terlalu terang dapat membuat orang butuh waktu lebih lama.

Untuk mengurangi gejala insomnia, ini 6 tips yang disarankan pakar supaya Anda bisa tidur nyenyak seperti dilansir dari Livestrong dikutip dari Tempo.co, Rabu (1/12/2021).

1. Menyiapkan Tubuh

Di akhir hari, siapkan tubuh satu jam sebelumnya untuk tidur. Psikiater holistik Jodie Skilicorn mengatakan hal itu membantu tubuh Anda dekompresi dan mengirimkan pesan bahwa akan segera waktu untuk tertidur.

Dalam 20 menit pertama, selesaikan tugas ringan yang belum selesai seperti membersihkan piring atau memberi makan hewan peliharaan. Dalam 20 menit kedua, lakukan sesuatu untuk membantu bersantai, seperti menulis jurnal, berbicara dengan teman, atau melakukan teknik relaksasi. Dalam 20 menit terakhir, fokuslah pada kebersihan pribadi dengan menyikat gigi atau mandi air hangat.

2. Relaksasi

Relaksasi otot progresif adalah teknik berkontraksi kemudian mengendurkan otot-otot untuk melepaskan ketegangan.

Salah satu cara untuk mencoba relaksasi otot progresif adalah dengan menegangkan dan melepaskan otot-otot di jari-jari kaki dan kemudian perlahan-lahan naik ke seluruh tubuh.

Setiap kali meremas otot, tahan selama sekitar lima detik, lalu rileks selama 30 detik sebelum pindah ke bagian tubuh berikutnya.

3. Kenali Kronotipe Tubuh

Kronotipe adalah kecenderungan alami tubuh untuk tidur dan bangun pada waktu-waktu tertentu. Ada orang yang tipe pagi, tipe malam, atau bukan keduanya.

Kronotipe sebagian ditentukan oleh genetika, tetapi dapat dimodifikasi berdasarkan usia, aktivitas, lingkungan, dan perubahan musim, menurut tinjauan Oktober 2018 di Nature of Science and Sleep.

Dan mendapatkan jadwal tidur yang sesuai dengan kronotipe sangat berguna. Misalnya, jika tubuh secara intuitif naik ketika cahaya muncul, sesuaikan waktu tidur agar cukup sebelum jam bangun alami.

"Dengan bangun pada waktu yang sama setiap hari, tubuh melakukan dua hal: mematikan keran melatonin di kepala, yang menghentikan proses tidur, dan menurunkan kabut otak," kata Michael J. Breus, spesialis tidur bersertifikat dan psikolog klinis.

4. Teknik Pernapasan

Teknik pernapasan dalam (atau pernapasan diafragma) dapat membantu melepaskan diri dari pikiran dan mengambil oksigen lebih penuh, menurut Harvard Health Publishing. Semua ini dapat membantu tubuh lebih tenang dan siap tidur.

5. Self-Hypnosis

Hipnosis merupakan keadaan fokus atau konsentrasi tinggi yang dapat dicapai dengan bantuan terapis menggunakan pengulangan verbal dan citra mental, menurut Mayo Clinic. Dan pola pikir ini dapat bermanfaat untuk menutup mata. Menurut tinjuan di Journal of Clinical Sleep Medicine Februari 2018, hipnoterapi dapat meningkatkan kualitas tidur.

6. Konsumsi makanan Mengandung Melatonin

"Makanan tertentu yang mengandung melatonin, hormon yang diproduksi tubuh kita secara alami untuk mengatur siklus tidur-bangun - dan / atau triptofan dapat membantu tidur," kata Allison Siebern, seorang profesional pengobatan tidur.

Beberapa makanan untuk dimakan sebelum tidur antara lain telur, susu, dada ayam, ikan, kacang-kacangan dan biji-bijian, buah anggur, ceri, pisang dan kiwi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

Setop Migrain dengan Kenali Tahapan dan Cara Mengatasinya
Jaga Kesehatan Setelah Lebaran, Hindari Gorengan Agar Kolesterol Terjaga
Jangan Sepelekan, Tidur Singkat juga Punya Banyak Manfaat
Kiat Mencegah Kolesterol dan Asam Urat di Momentum Lebaran

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Kisah Petani Pepaya Raup Omzet Rp36 Juta/bulan, Makin Produktif dengan Kece BRI
  2. Kali Ketiga, David Singleton jadi Pelatih Lagi di IBL All Star
  3. Tak Terima Diputus, Pemuda Bantul Bunuh Pacar & Membuangnya di Pantai Depok
  4. Libur Lebaran Usai, Borneo Hornbills Bungkam Rajawali Medan

Berita Terbaru Lainnya

Kiat Menjaga Kesehatan, Jaga Kualitas Waktu Tidur
3,3% Calon Dokter Spesialis di Indonesia Alami Depresi, Begini Cara Menjaga Kesehatan Mental
Job Seeker Inilah 15 Perusahaan dengan Pengembangan Karier Terbaik di Indonesia
Tak Cuma Paru-Paru, Peneliti Sebut Vape Juga Bisa Merusak Jantung
Berpotensi Cuan, 10 Ide Bisnis Ini Bisa Anda Jalankan Setelah Lebaran
Siap-siap! Pengguna Akun Baru X Bakal Dikenakan Biaya
Bukan Introvert, Ini 8 Tanda Pria Kesepian
Setop Migrain dengan Kenali Tahapan dan Cara Mengatasinya
Jaga Kesehatan Setelah Lebaran, Hindari Gorengan Agar Kolesterol Terjaga
Tips Merawat Mobil yang Lama Ditinggal Mudik