HomeLifestyle

Ini 5 Kebiasaan Buruk yang Merusak Liver & Wajib Dihindari Selagi Muda

Oleh:Tresia
07 Desember 2021 - 04:37 WIB

Ilustrasi meminum alkohol di bar. - Freepik.com

Harianjogja.com, JAKARTA - Liver atau hati adalah salah satu organ yang paling vital di tubuh manusia. Sementara, lima kebiasan buruk harus dihindari oleh semua orang agar hati tetap sehat.

Setiap tahunnya, jumlah penderita penyakit liver bertambah. Selain faktor genetik, penyakit liver muncul akibat gaya hidup yang tak sehat

Penyakit hati kronis bisa dipicu oleh beberapa faktor. Dalam banyak kasus, kebiasaan makan dan minum menjadi penyebab memburuknya kondisi liver seseorang.

Berikut 5 kebiasaan yang buruk yang harus Anda hindari agar liver tetap sehat seperti dilansir dari Eat This, Senin (6/12/2021).

1. Konsumsi Gula Berlebihan

Makanan dengan rasa yang manis memanglah lezat. Namun, tahukah Anda jika makanan yang mengandung banyak gula bisa menyebabkan kerusakan liver?

Pasalnya, makanan yang mengandung gula terlalu tinggi bisa meningkatkan resistensi insulin. Seperti diketahui, insulin adalah hormon yang dilepaskan ketika gula memasuki aliran darah untuk menerjemahkan gula itu menjadi bahan bakar bagi tubuh.

Ketika sistem tubuh Anda terus-menerus dibanjiri gula, tubuh mungkin berhenti merespons insulin, menyebabkan gula menumpuk di dalam darah.

2. Minuman Alkohol

Asupan minuman alkohol yang berlebihan mengurangi kemampuan hati mengeluarkan racun dari tubuh. Ini akan membuat liver hanya fokus mengubah alkohol menjadi bentuk yang kurang beracun dan akan menyebabkan peradangan serta penyakit hati berlemak.

Untuk mengurangi risiko penyakit liver, sebaiknya Anda minum alkohol hanya dalam jumlah sedang. Patokannya, idak lebih dari dua gelas sehari untuk pria, dan tidak lebih dari satu gelas sehari untuk wanita.

3. Kurang Aktivitas

Sebuah penelitian dari Korea Selatan menganalisis sebanyak 13.000 orang dan hasil penelitiannya mengatakan bahwa waktu yang dihabiskan untuk duduk bisa menyebabkan penyakit hati.

Jika ingin liver sehat, coba untuk perbanyak aktivitas tubuh. Dengan berolahraga raga secara teratur, Anda dapat mengurangi resiko menginap penyakit liver kronis.

4. Obesitas

Dalam jurnal laporan tahun 2020 yang berjudul "Translational Gastroenerology and Hepatologi", para peneliti menulis tentang seluruh spektrum obesitas.

Mulai dari kelebihan berat badan hingga obesitas dan obesitas parah, dikaitkan dengan NAFLD. Non-Alkohol (NAFLD) merupakan kondisi terkait hati yang paling umum di AS, yang mempengaruhi sekitar 25 persen orang dewasa.

Kondisi tersebut disebabkan oleh jumlah lemak yang berlebihan yang menumpuk di hati. Hal ini dapat menyebabkan kondisi peradangan yang disebut steatohepatitis nonalkohol (NASH), jaringan parut (sirosis), kanker hati, dan gagal hati.

Karena itu, pertahankan berat badan yang sehat atau turunkan berat badan jika perlu. Menurut tinjauan studi tahun 2018, kehilangan hanya 10 persen dari berat badan sudah cukup untuk mengatasi NASH pada lebih dari 90 persen pasien.

5. Konsumsi Obat Pereda Nyeri

Jika anda mengalami nyeri pada bagian tubuh anda, cobalah untuk menggunakan
Obat acetaminophen pereda nyeri (nama merek Tylenol). Namun, jangan mengkonsumsinya lebih dari jumlah atau takaran yang disarankan karena akan menyebabkan kerusakan hati yang parah.

Seorang dokter Klinik Cleveland mengatakan jika mengkonsumsi secara teratur dan tidak minum lebih dari jumlah minuman beralkohol yang disarankan per hari, Anda sebaiknya hanya menggunakan asetaminofen dalam kasus yang jarang terjadi dan menghindari dosis harian lebih besar dari 4.000 mg.

Sumber: JIBI/Bisnis.com Tag: Tips Kesehatan Editor: Budi Cahyana

Artikel Terkait
Cara Cegah dan Hilangkan Tungau 15 hours ago
Selai Jeroan, Ini Pantangan Makanan Asam Urat 3 days ago
Atasi Kelilipan dengan Langkah Ini 4 days ago
4 Tips Mengatasi Rambut Rontok 5 days ago
3 Metode Diet Puasa untuk Turunkan Berat Badan 6 days ago

Berita Pilihan

Bahaya Konsumsi Madu Berlebihan Makanan Ini Jangan Dikonsumsi saat Perut Kosong Tanda Pasangan Anda Berbohong Manfaat Menari untuk Kesehatan Anda Tips Memarkirkan Mobil di Rumah saat Liburan
Berita Terbaru
Ini Fakta-Fakta Anda Bisa Terinfeksi Ulang oleh Covid-19 4 hours ago
Ingin Revisi Data di KIA? Berikut Caranya 12 hours ago
Ini Tanda Anda Harus Resign 14 hours ago
Cara Cegah dan Hilangkan Tungau 15 hours ago
Ini 6 Tips Sehat dan Panjang Umur saat Pensiun 1 day ago

Terpopuler

Kondom Tertinggal di Vagina? Jangan Panik! Ini yang Bisa Anda Lakukan TIPS HIDUP SEHAT: Jalan Kaki Bikin Langsing Lo... Karen Millen Menggebrak dengan Outfit Penuh Kemewahan Hai Milenial, Ini Tips Agar Anda Bijak Memanfaatkan Medsos Air Cucian Beras Punya Banyak Manfaat
Penting Disimak, Ini 7 Kebiasaan yang Bisa Membuat Kaya 1 day ago
Jangan Parasetamol! Beri Ini jika Anak Demam setelah Divaksin Covid-19 1 day ago
7 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Anda Kaya Raya dan Banyak Uang 2 days ago
Layak Dibaca, Ini 6 Buku Favorit Jeff Bezos Sang Miliarder 2 days ago
Tanda-Tanda Hubungan Pria dan Perempuan Tak Sekadar Romansa 2 days ago