HomeLifestyle

Manfaat Menari untuk Kesehatan Anda

Oleh:Jumali
04 Januari 2022 - 09:27 WIB

Anak-anak dan remaja berlatih menari saat mengikuti workshop dalam rangkaian acara Jogja Menari di Ndalem Suryowijayan, Jogja, Kamis (13/12/2018). - Harian Jogja/Desi Suryanto

Harianjogja.com, JOGJA - Di Indonesia, menari sudah melekat dalam kehidupan masyarakatnya. Hal ini bahkan bisa kita lihat dalam perayaan hari besar atau budaya tertentu. Namun, terlepas dari itu, kini menari tak hanya dilakukan sebagai sarana rekreasi atau ekspresi diri, tapi juga bisa sebagai bagian dari olahraga yang punya sederet manfaat bagi kesehatan.

Berikut manfaat menari bagi kesehatan yang bisa kamu peroleh, seperti dikutip dari Alodokter, Senin (03/01/2022) :

1. Menjaga kesehatan jantung

Menari bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Serupa dengan olahraga kardio, saat menari, denyut jantung akan meningkat karena tubuh harus melakukan gerakan dan koreografi tertentu. Hal ini akan membantu memperlancar sirkulasi darah dan oksigen ke seluruh tubuh.

Sebuah penelitian bahkan menyebutkan, penderita gagal jantung yang secara rutin melakukan tarian Waltz mengalami peningkatan kualitas hidup jika dibandingkan dengan penderita gagal jantung yang tidak melakukan olahraga sama sekali.
2. Meningkatkan keseimbangan dan kekuatan tubuh

Menari juga dapat meningkatkan keseimbangan tubuhmu, lho. Pasalnya, ketika menari, tubuh dituntut untuk melakukan gerakan-gerakan tertentu yang akan membuat tubuhmu beradaptasi untuk menjaga keseimbangan dan postur tubuh yang baik. Ditambah lagi, menari secara rutin juga bisa melatih otot dan kekuatan tubuh.
3. Menurunkan berat badan

Jika kamu bosan melakukan olahraga rutin untuk menurunkan berat badan, kamu bisa coba mulai untuk menari. Selain lebih mengasyikkan, menari secara rutin juga bisa membantumu menurunkan berat badan, lho. Namun, perlu diingat ya, kamu juga harus mejaga pola makan supaya hasilnya maksimal.
4. Meningkatkan energi

Kamu sering merasa cepat lelah atau tidak berenergi? Kalau iya, mungkin ini saatnya kamu untuk mulai menari. Hal ini karena menari dapat meningkatkan kinerja jantung, memperlancar aliran darah dan juga oksigen. Dengan begitu, proses pembentukan energi juga akan meningkat, sehingga kamu tidak akan mudah lelah saat beraktivitas.
5. Menjaga fungsi kognitif

Seiring bertambahnya usia, volume otak dan kemampuan kognitif kita juga akan menurun, lho. Nah, menurut salah satu penelitian, menari dapat membantu menjaga fungsi kognitif dengan cara menjaga dan meningkatkan volume hippocampus, yaitu bagian otak yang menyimpan memori.
6. Mengatasi stres

Jika kamu sedang merasa stres, sesekali coba deh untuk menari. Pasalnya, penelitian menyebutkan, gerakan-gerakan yang dilakukan saat menari bisa membantumu melepaskan beban pikiran yang mengganggu, lho.

Selain itu, hampir sama saat kamu melakukan olahraga lain, saat menari, akan terjadi pelepasan zat kimia di dalam otak yang membantumu meredakan gejala kecemasan dan depresi.
7. Menjadi sarana bersosialisasi

Meski memang bisa dilakukan seorang diri, tetapi menari bisa membawa manfaat yang lebih banyak bila dilakukan beramai-ramai atau dalam kelompok.

Menari dalam kelompok bisa membantumu bersosialisasi dengan orang banyak, bahkan membuka kesempatan untuk bertemu teman baru. Hal ini dikaitkan dengan meningkatnya rasa bahagia, menurunnya tingkat stres, dan lebih terjaganya sistem kekebalan tubuh.

Tag: Tips Kesehatan Editor: Jumali

Artikel Terkait
Cegah Hepatitis Akut, Dinkes Kulonprogo Minta Masyarakat Lakukan Ini... 1 week ago
Tanda Kolesterol Tinggi Bisa Dilihat dari Kuku 2 weeks ago
Usai Lebaran, Warga Diminta Jangan Mager 2 weeks ago
Awas, Asam Urat dan Berat Badan Naik setelah Lebaran 2 weeks ago
Ahli Gizi: Silakan Makan Apa Saja saat Lebaran, tapi... 3 weeks ago

Berita Pilihan

Simpel dan Mudah! Ini Resep Nasi Daun Jeruk Ayam Laos Sederet Ucapan untuk Hari Buruh Sedunia 1 Mei Ahli Gizi: Silakan Makan Apa Saja saat Lebaran, tapi... Layak Dicoba! Daftar Resep Kue Kering untuk Lebaran, Ada Nastar dan Kastengel Ini Penyebab Hasil Antigen Negatif tapi Masih Ada Gejala Covid
Berita Terbaru
Baik untuk Kesehatan, Ini 5 Manfaat Daun Kelor 15 hours ago
Teh dan Kopi Tekan Risiko Kematian Akibat Strok dan Jantung 22 hours ago
Ini Daftar Makanan Super Khusus untuk Perempuan 1 day ago
Hal Wajib Dilakukan Saat Menempati Rumah Baru 1 day ago
Ramalan Zodiak 17 Mei -21 Mei 2022 1 day ago

Terpopuler

Teh dan Kopi Tekan Risiko Kematian Akibat Strok dan Jantung Baik untuk Kesehatan, Ini 5 Manfaat Daun Kelor Ini Nih…Model Kerudung Olahraga untuk Para Hijaber Perempuan Mau Piknik Sendirian? Ini 8 Tipsnya
Salah Waktu Minum Obat, Kolesterol Bisa Semakin Tinggi! 2 days ago
Zodiak yang Mampu Jalani Hubungan Percintaan LDR, Kamu Termasuk? 4 days ago
Inilah Makanan Tinggi Kalori yang Harus Diperhatikan! 5 days ago
Simpel dan Mudah! Ini Resep Nasi Daun Jeruk Ayam Laos 5 days ago
Lakukan Ini agar Motor Tetap Prima setelah Mudik Lebaran 6 days ago