Lifestyle

4 Tips Mengatasi Rambut Rontok

Penulis: Nabila Dina Ayufajari
Tanggal: 18 Januari 2022 - 21:17 WIB
Ilustrasi Rambut rontok - klikdokter

Harianjogja.com, JAKARTA - Wanita biasanya mengalami rambut rontok yang parah pasca melahirkan. Hal ini tentu membuat mereka merasa khawatir karena takut mengalami kebotakan dan membuat tidak percaya diri.

Jangan panik dulu, ya. Dr. Amrendra Kumar, Konsultan Dermatologis dan Ahli Bedah Transplantasi Rambut menerangkan bahwa kerontokan rambut pasca melahirkan, dapat terjadi karena adanya perubahan hormon di tubuh Anda.

"Pada wanita hamil, produksi estrogen di dalam tubuh mengalami lonjakan sehingga memperpanjang fase hidup pada rambut. Imbasnya, rambut terasa lebih tebal dan hanya sedikit rambut yang rontok," ujar Dr. Amrendra Kumar seperti dilansir dari PinkVilla, Selasa (18/1/2022).

Sedangkan setelah melahirkan, dia mengatakan kadar hormon estrogen kembali menjadi normal dan mempengaruhi siklus pertumbuhan rambut. Itu sebabnya jumlah rambut yang rontok terlihat lebih banyak daripada biasanya.

Kondisi seperti ini biasanya akan terjadi selama beberapa bulan awal atau hingga satu tahun sejak melahirkan. Seiring berjalannya waktu, keadaan ini akan membaik dan rambut akan kembali tumbuh dengan normal.

Berikut 4 tips sederhana untuk mengatasi rambut rontok pasca melahirkan seperti dikutip dari PinkVilla, Selasa (18/1/2022).

1. Menjaga pola makan yang sehat

Diet sehat sangat baik untuk tubuh, khususnya untuk wanita pasca melahirkan. Tentu dapat membantu pemulihan secara keseluruhan dan mencegah kerontokan rambut pasca melahirkan.

Pastikan saat Anda diet, makanan yang Anda konsumsi mengandung vitamin dan nutrisi yang tepat, misalnya seperti sayuran, biji-bijian, dan buah segar agar selalu menjaga diri Anda terhidrasi.

2. Kurangi stres

Mengurangi stres dapat membantu mengatur ketidakseimbangan pada hormon. Dampaknya, siklus pertumbuhan rambut tetap terjaga dan tidak memperparah kerontokan.

Cobalah, untuk luangkan waktu sepert meditasi dan latihan pernapasan atau berolahraga ringan secara teratur, hal itu juga dapat membantu mengurangi stres.

3. Gunakan shampo antirontok

Tak ada salahnya jika mengatasi rambutrontok dengan shampo. Tujuannya agar kandungan baik yang berada pada shampo dapat membantu mengurangi kerontokan pada rambut.

Selain itu, Anda juga dapat Gunakan kondisioner agar menambahkan kelembapan pada rambut Anda sekaligus meningkatkan elastisitas dan memperbaiki kutikula batang rambut.

Pastikan, menggunakan kondisioner hanya pada ujung rambut Anda, bukan di kulit kepala karena akan mengakibatkan kerontokan pada rambut Anda.

4. Hindari penggunaan hairdryer atau bahan kimia

Setelah melahirkan, rambut Anda mungkin lebih rapuh. Tentu Anda perlu hindari penggunaan pengering rambut atau alat pengeriting rambut, serta bahan kimia dari pewarna rambut.

Untuk saat ini, cobalah mengistirahatkan rambut Anda dengan diberi nutrisi vitamin atau kondisioner untuk perawatan rambut Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Berita Terkait

Setop Migrain dengan Kenali Tahapan dan Cara Mengatasinya
Jaga Kesehatan Setelah Lebaran, Hindari Gorengan Agar Kolesterol Terjaga
Jangan Sepelekan, Tidur Singkat juga Punya Banyak Manfaat
Kiat Mencegah Kolesterol dan Asam Urat di Momentum Lebaran

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. KBMKB Sasar Pasung Klaten, Dana Rp560 Juta untuk Betonisasi dan Penyuluhan
  2. Calon Haji Sragen Tertua Berumur 90 Tahun, Termuda 18 Tahun
  3. IHSG Hari Ini Diprediksi Lanjut Menguat, Ini Faktor Pendorongnya
  4. Tebing 3 Meter di Kemuning Karanganyar Longsor, 1 Rumah Rusak

Berita Terbaru Lainnya

Ini Dia 20 Negara dengan Udara Paling Tercemar di Dunia, Indonesia Salah Satunya
India Punya Lift Penumpang Terbesar di Dunia, Muat 235 Orang Sekaligus
Kiat Menjaga Kesehatan, Jaga Kualitas Waktu Tidur
3,3% Calon Dokter Spesialis di Indonesia Alami Depresi, Begini Cara Menjaga Kesehatan Mental
Job Seeker Inilah 15 Perusahaan dengan Pengembangan Karier Terbaik di Indonesia
Tak Cuma Paru-Paru, Peneliti Sebut Vape Juga Bisa Merusak Jantung
Berpotensi Cuan, 10 Ide Bisnis Ini Bisa Anda Jalankan Setelah Lebaran
Siap-siap! Pengguna Akun Baru X Bakal Dikenakan Biaya
Bukan Introvert, Ini 8 Tanda Pria Kesepian
Setop Migrain dengan Kenali Tahapan dan Cara Mengatasinya