News

4 Tips Mengatasi Rambut Rontok

Penulis: Nabila Dina Ayufajari
Tanggal: 18 Januari 2022 - 21:17 WIB
Ilustrasi Rambut rontok - klikdokter

Harianjogja.com, JAKARTA - Wanita biasanya mengalami rambut rontok yang parah pasca melahirkan. Hal ini tentu membuat mereka merasa khawatir karena takut mengalami kebotakan dan membuat tidak percaya diri.

Jangan panik dulu, ya. Dr. Amrendra Kumar, Konsultan Dermatologis dan Ahli Bedah Transplantasi Rambut menerangkan bahwa kerontokan rambut pasca melahirkan, dapat terjadi karena adanya perubahan hormon di tubuh Anda.

"Pada wanita hamil, produksi estrogen di dalam tubuh mengalami lonjakan sehingga memperpanjang fase hidup pada rambut. Imbasnya, rambut terasa lebih tebal dan hanya sedikit rambut yang rontok," ujar Dr. Amrendra Kumar seperti dilansir dari PinkVilla, Selasa (18/1/2022).

Sedangkan setelah melahirkan, dia mengatakan kadar hormon estrogen kembali menjadi normal dan mempengaruhi siklus pertumbuhan rambut. Itu sebabnya jumlah rambut yang rontok terlihat lebih banyak daripada biasanya.

Kondisi seperti ini biasanya akan terjadi selama beberapa bulan awal atau hingga satu tahun sejak melahirkan. Seiring berjalannya waktu, keadaan ini akan membaik dan rambut akan kembali tumbuh dengan normal.

Berikut 4 tips sederhana untuk mengatasi rambut rontok pasca melahirkan seperti dikutip dari PinkVilla, Selasa (18/1/2022).

1. Menjaga pola makan yang sehat

Diet sehat sangat baik untuk tubuh, khususnya untuk wanita pasca melahirkan. Tentu dapat membantu pemulihan secara keseluruhan dan mencegah kerontokan rambut pasca melahirkan.

Pastikan saat Anda diet, makanan yang Anda konsumsi mengandung vitamin dan nutrisi yang tepat, misalnya seperti sayuran, biji-bijian, dan buah segar agar selalu menjaga diri Anda terhidrasi.

2. Kurangi stres

Mengurangi stres dapat membantu mengatur ketidakseimbangan pada hormon. Dampaknya, siklus pertumbuhan rambut tetap terjaga dan tidak memperparah kerontokan.

Cobalah, untuk luangkan waktu sepert meditasi dan latihan pernapasan atau berolahraga ringan secara teratur, hal itu juga dapat membantu mengurangi stres.

3. Gunakan shampo antirontok

Tak ada salahnya jika mengatasi rambutrontok dengan shampo. Tujuannya agar kandungan baik yang berada pada shampo dapat membantu mengurangi kerontokan pada rambut.

Selain itu, Anda juga dapat Gunakan kondisioner agar menambahkan kelembapan pada rambut Anda sekaligus meningkatkan elastisitas dan memperbaiki kutikula batang rambut.

Pastikan, menggunakan kondisioner hanya pada ujung rambut Anda, bukan di kulit kepala karena akan mengakibatkan kerontokan pada rambut Anda.

4. Hindari penggunaan hairdryer atau bahan kimia

Setelah melahirkan, rambut Anda mungkin lebih rapuh. Tentu Anda perlu hindari penggunaan pengering rambut atau alat pengeriting rambut, serta bahan kimia dari pewarna rambut.

Untuk saat ini, cobalah mengistirahatkan rambut Anda dengan diberi nutrisi vitamin atau kondisioner untuk perawatan rambut Anda.

Berita Terkait

Cegah Hepatitis Akut, Dinkes Kulonprogo Minta Masyarakat Lakukan Ini...
Tanda Kolesterol Tinggi Bisa Dilihat dari Kuku
Usai Lebaran, Warga Diminta Jangan Mager
Awas, Asam Urat dan Berat Badan Naik setelah Lebaran

Berita Lainnya

  1. 10 SMA Unggulan di Magelang, 2 Masuk 100 Terbaik Nasional
  2. Sakura, Mobil Listrik Nissan Yang Dijual Seharga Rp200 Jutaan
  3. Ini Rangkaian Prosesi Pernikahan Adik Presiden Jokowi dengan Ketua MK
  4. Berperan Jadi Polisi di Film Terbaru, Ini Biodata Nicholas Saputra

Berita Terbaru Lainnya

Lepas Masker Sudah Boleh sih, tapi Perhatikan 3 Hal Penting Ini Dulu!
Yuk! Manfaatkan Diskon Tanggal Muda pada Long Weekend Pekan Ini
Prakerja Gelombang 30 Dibuka! Ini Caranya Biar Lolos
Perusahaan Terapkan WFA? Ini Yang Harus Anda Siapkan
Jangan Anggap Remeh! Kenali Gejala, Penyebab, dan Pengobatan Asam Urat
4 Kesalahan Aquarius dalam Menjalin Hubungan
Bubur Sumsum, Kuliner Jogja saat Pembubaran Panitia Hajatan. Resepnya?
Dimulai pada Usia 9-12 Tahun, Ini Tanda-tanda Menstruasi yang Sehat
Suara Berubah, Bisa Jadi Tanda-Tanda Kanker Tiroid
Mudah dan Hemat, Begini Cara Ubah Tampilan Rumah