News

Perempuan Mau Piknik Sendirian? Ini 8 Tipsnya

Penulis: Bernadheta Dian Saraswati
Tanggal: 19 Mei 2022 - 14:07 WIB
Ilustrasi traveling - Reuters

Harianjogja.com, JOGJA-Ada kalanya seorang perempuan ingin piknik sendirian atau solo travelling. Ia ingin berjalan-jalan sendirian untuk menghilangkan penat, merefresh pikirannya, atau sekadar mengisi waktu luang saat mendapat cuti kerja. 

Pelonggaran dalam hal perjalanan yang dilakukan pemerintah membuat siapapun kini semakin leluasa untuk melakukan traveling. Masyarakat boleh bepergian baik ke dalam negeri maupun luar negeri asal memenuhi persyaratan pandemi Covid-19.

Bagi kaum perempuan yang ingin melakukan solo trevelling, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan. 

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini tips bagi perempuan yang akan melakukan solo travelling

1. Cari Informasi Detil

Sebaiknya Anda mencari informasi dengan detail terkait tujuan destinasi Anda, sebelum pergi sendirian. Informasi seputar cuaca di daerah yang akan dituju, jam harian yang paling ramai dan paling sepi, akses transportasi, serta kebudayaan penduduk setempat, perlu diketahui sebelumnya.

2. Bawa Barang Secukupnya

Pergi sendirian tentu membuat Anda harus membawa seluruh barang bawaan sendirian. Tidak ada teman yang bisa membawakan barang Anda sewaktu kelelahan. Untuk itu, sebaiknya bawalah barang-barang yang sangat diperlukan dan tidak berlebihan. Bawa pakaian beberapa potong saja agar tidak menambah tas bawaan. 

3. Catat Nomor Telepon Penting 

Ketika akan pergi, pastikan sudah mencatat nomor telepon orang terdekatmu dalam selembar kertas. Catat nomor orang tua, saudara kandung, pacar, atau sahabat, dan juga polisi, rumah sakit, hingga penginapan yang sudah dipesan. Hal ini mengantisipasi jika ponselmu hilang di jalan. 

4. Jangan Gampang Percaya

Perempuan pergi sendirian akan lebih riskan untuk itu Anda harus tetap waspada dengan orang-orang yang baru saja dikenal demi meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Bagaimana pun, mereka adalah orang asing.

5. Pilih Penginapan terpercaya

Pastikan tempat penginapan yang Anda pesan merupakan tempat terpercaya. Anda bisa mencari tahu bagaimana pengalaman orang-orang setelah menginap di tempat tersebut melalui ulasan. Pilih penginapan yang bukan di daerah terpencil tetapi di lokasi yang strategis dan mudah dijangkau seperti di tepi jalan besar. 

6. Hindari Jalan Sepi

Hindarilah berjalan di jalan yang sepi, gelap dan larut malam karena perempuan rentan menjadi korban kejahatan. Maka perhatikanlah waktu bepergian saat berwisata. 

7. Jangan Berpakaian Terbuka

Memakai pakaian yang sesuai tradisi masyarakat setempat adalah penting dilakukan. Jangan sampai Anda salah kostum di daerah orang. Amannya, pakailah pakaian sewajarnya dan tidak terbuka untuk menghindari tindakan yang tidak diinginkan. 

8. Selalu Berkabar

Beri kabar kepada keluarga di rumah kemanapun Anda pergi. Update terus lokasi dimana Anda sedang berada kepada mereka. Jangan sampai keluarga dan orang terdekat bingung selama Anda pergi sendirian. 

Berita Terkait

Mau Numpang Mandi di Jogja dengan Fasilitas Hotel? Cobain Shower Locker!
Rayakan Anniversary Moana Bike Tour Ajak Masyarakat dengan Beach Clean Up dan Pelepasan Tukik
Perlengkapan Wajib Untuk Traveler Perempuan, Nomor 5 Menyelamatkan
Persiapan Liburan Natal dan Tahun Baru, Ada Promo dari OTA

Video Terbaru

Advertisement

Berita Lainnya

  1. 3.000 Karyawan Holywings Dirumahkan, Wagub DKI Tawarkan Solusi Ini
  2. Giliran UBS Anjlok! Cek Harga Emas Pegadaian, Kamis 30 Juni 2022
  3. Pergerakan IHSG Diprediksi Menguat, Terdorong Faktor Eksternal?
  4. Simpanan Deposito Masih Laris, LPS: Ada Rp2.809 Triliun

Berita Terbaru Lainnya

Cara Menambah Tinggi Badan dengan Cepat dan Alami
Ladies, Diet Ini Bisa Tekan Risiko Kanker Payudara
Tak Sama! Ini Perbedaan Cacar Monyet dan Cacar Air
Resep Chicken Katsu Untuk Bekal Anak Sekolah
Wajib Tahu! Ini Alasan Tulisan Ambulance Terbalik
5 Zodiak yang Sangat Keras Kepala, Kamu Termasuk?
Cara Gampang Mengatasi Internet 'Lemot' di HP
Ini Nih..Tren Beauty Goals 2022, Harmonisasi Wajah dan Tubuh
Kenali Ciri-Ciri Teman yang Toxic, Salah Satunya Suka Bergosip
6 Fitur Baru WhatsApp yang Harus Anda Coba