Lifestyle

6 Tips Mudah Memudarkan Flek Hitam di Wajah

Penulis: Bernadheta Dian Saraswati
Tanggal: 15 Agustus 2022 - 09:17 WIB
Flek hitam pada wajah

Bisnis.com, JAKARTA - Bintik-bintik gelap atau hiperpigmentasi terjadi karena paparan sinar matahari atau juga karena ketidakseimbangan hormon dalam tubuh.

Flek hitam bisa dicegah dan bisa disamarkan dengan cara cepat, tanpa menimbulkan efek samping lainnya. Namun, sebelum mengatasi bintik hitam, maka diagnosis sangat penting.

Dilansir dari Olay, hiperpigmentasi terjadi pada kulit yang memproduksi lebih banyak melanin (pigmen pemberi warna kulit). Nah, karena produksinya berlebih, akhirnya menyebabkan munculnya bercak gelap di beberapa area kulit.

Noda hitam wajah ini sebenarnya merupakan kondisi kulit yang umum, penyebabnya bisa karena usia, genetik, dan yang paling sering adalah paparan sinar matahari yang berlebihan. Bukan cuma di wajah saja, noda hitam wajah ini juga sangat mungkin muncul di area kulit lengan, pundak, bahkan kaki.

Noda hitam wajah mungkin saja memudar seiring berkurangnya aktivitas kamu yang terpapar sinar matahari. Namun tak berarti bisa hilang sama sekali.

Baca juga: Solusi untuk Flek Hitam di Usia 40-an dari Elsheskin Clinic

Dilansir dari Bisnis.com--jaringan Harianjogja.com, berikut ini cara untuk memudarkan flek hitam di wajah:

1. Gunakan Tabir Surya

Bintik-bintik gelap akan terus menjadi gelap bahkan dengan sedikit paparan sinar matahari setiap hari. Oleh karena itu setidaknya untuk mencegahnya menjadi gelap, menggunakan tabir surya akan menjadi keharusan. Anda juga dapat menggunakan pelindung matahari tambahan seperti topi bertepi lebar atau payung.

2. Pengelupasan

Pengelupasan adalah cara yang bagus untuk mengungkapkan kulit baru dan merata di bawah lapisan atas sel kulit mati. Namun, hati-hati dengan pengelupasan fisik terutama jika Anda memiliki pigmentasi. Itu bisa memperburuk pigmentasi.

Pengelupasan kimia di sisi lain akan bekerja untuk mengangkat sel-sel mati dan juga menghilangkan lapisan berat melanin di atas pigmentasi untuk mengungkapkan warna kulit yang lebih merata. Asam glikolat, asam Azelat, asam laktat, dan retinol adalah bahan pengelupas kimia yang sangat baik dan tersedia dalam berbagai kekuatan, kombinasi, dan formulasi. Bicaralah dengan dokter kulit Anda untuk mengetahui mana yang paling cocok untuk kulit Anda.

3. Krim dan serum depigmentasi

Banyak agen depigmentasi hebat tersedia dalam bentuk krim dan serum. Ini memecah pigmen dan mencegah lebih banyak pembentukan melanin. Krim mengandung Arbutin, asam Kojic, ekstrak licorice dan Niacinamide memecah pigmentasi selain juga memiliki tindakan tambahan individu yang berbeda.

4. Vitamin C

Terutama sebagai antioksidan, membantu mengurangi sintesis melanin yang berlebihan dengan membatasi kerusakan yang berkurang secara gratis, secara real time, ketika diterapkan pada kulit. Penggunaan vitamin C topikal dalam waktu lama dapat membantu memudarkan bintik hitam. Oral vitamin C adalah cara lain untuk mencerahkan kulit dan bintik hitam.

5. Glutathione

Antioksidan kuat lainnya bila dikonsumsi secara oral mampu mengurangi kerusakan akibat radikal bebas pada kulit dan karenanya memudarkan bintik hitam.

6. Perawatan profesional

Terutama perawatan Q-switched Laser adalah cara terbaik, teraman dan tercepat untuk memudarkan bintik hitam. Laser adalah teknologi paling canggih yang tersedia saat ini yang dapat memecah pigmentasi sepenuhnya tanpa merusak kulit di sekitarnya atau di atasnya. Ini juga bebas dari efek samping apa pun jika dilakukan oleh dokter kulit yang berkualifikasi menggunakan mesin yang disetujui FDA AS.

Ini dapat memudarkan bintik-bintik dengan cepat dan masuk dalam metorde perawatan yang efisien dan canggih. Pengelupasan kimia juga dapat membantu mengurangi bintik hitam.

Di sisi lain, satu atau lebih perawatan mungkin diperlukan untuk memudarkan setiap atau berbagai jenis pigmentasi. Oleh karena itu, untuk mengidentifikasi dan mendiagnosis jenis pigmentasi yang tepat, penting untuk berkonsultasi dengan dokter kulit Anda dan juga mendiskusikan rencana perawatan individual terbaik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

Perawatan Kulit Sebaiknya Dilakukan saat Malam Hari, Ternyata Ini Alasannya
Puncak Anniversary LBC Skincare ke-25, LBC Hadirkan Nowela Indonesian Idol
Tips Menumbuhkan dan Merawat Brewok Menurut Pakar
Catat! Ini 4 Kebiasaan Buruk Penyebab Komedo di Wajah

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Bersihkan Sampah di Sungai Bengawan Solo, Pria Juwiring Klaten Malah Hanyut
  2. 4 Pemain Absen Termasuk Sidibe, Milo Yakin Persis Jinakkan Persija di Jakarta
  3. Waspada! Cuaca Ekstrem Berpotensi Landa Jateng hingga 18 April
  4. PDIP Segera Buka Pendaftaran Calon Bupati Sleman untuk Pilkada 2024

Berita Terbaru Lainnya

Siap-siap! Pengguna Akun Baru X Bakal Dikenakan Biaya
Bukan Introvert, Ini 8 Tanda Pria Kesepian
Setop Migrain dengan Kenali Tahapan dan Cara Mengatasinya
Jaga Kesehatan Setelah Lebaran, Hindari Gorengan Agar Kolesterol Terjaga
Tips Merawat Mobil yang Lama Ditinggal Mudik
Memelihara Kucing Bisa Picu Skizofrenia, Begini Hasil Penelitian Ahli
Bertemu Saat Rayakan Idulfitri, 3 Perempuan Tokoh Bangsa Ini Saling Komentari Fesyen
Ayah Bunda, Berikut Cara Mempersiapkan Anak Sekolah Usai Libur Lebaran
Ikan Sarden sampai Teri Efektif Cegah 750 ribu Kematian pada 2050
Kiat Mencegah Kolesterol dan Asam Urat di Momentum Lebaran