Lifestyle

6 Model Rambut yang Justru Bikin Penampilan Tampak Lebih Tua

Penulis: Bernadheta Dian Saraswati
Tanggal: 15 Agustus 2022 - 12:57 WIB
Rambut Keriting - Freepik

Harianjogja.com, JOGJA-Model potongan rambut memberi dampak pada penampilan. Ada yang membuat penampilan wajah menjadi semakin fresh dan awet muda, namun sebaliknya ada pula yang justru terlihat tampak tua. 

Berikut ini beberapa kesalahan pemilihan model rambut yang sering membuat seseorang justru tampak lebih tua, dilansir dari Tresemme:

1. Memilih Warna Abu-abu yang Tidak Sesuai

Selain bereksperimen dengan gaya rambut, mengubah penampilan dengan mengganti warna rambut bisa menjadi hal yang menyenangkan. Beberapa orang terlihat lebih menarik setelah mengubah warna rambut aslinya dengan warna baru, salah satunya abu-abu. Namun, sebelum mengubah warna rambutmu menjadi abu-abu, ada baiknya rencanakan dulu dengan matang. Sebab, tak semua orang cocok memiliki warna rambut ini. Pilih tone warna abu-abu yang sekiranya paling cocok dengan warna kulitmu.

Tak hanya itu, ada baiknya Kamu juga menerapkan teknik highlight atau ombre dan hindari mengecat keseluruhan rambut dengan satu warna abu-abu yang sama. Hal ini karena warna blok abu-abu rentan membuat penampilan beberapa orang tampak lebih tua.

2. Rambut Terlalu Panjang

Pada beberapa tradisi masyarakat, ada yang masih memegang kepercayaan bahwa wanita harus memiliki rambut panjang. Meski begitu, ada baiknya hindari memiliki model rambut yang terlalu panjang. Pasalnya, rambut panjang yang melebihi punggung rentan membuat wajah terkesan lebih tua. Hal ini akan semakin parah, apabila Kamu membiarkan rambut panjangmu dipotong rata begitu saja tanpa layer. Tanpa penataan yang tepat, rambut panjang dengan ujung rata yang dibiarkan tergerai akan membuat otot wajah seolah-olah tertarik ke bawah. Di samping itu, rambut yang terlalu panjang akan menjadikan rambutmu terlihat lebih tipis dan mudah mengalami kerontokan.

3. Rambut Distyling Sangat Lurus

Memaksakan rambut terlihat sangat lurus sepertinya bukan pilihan yang tepat. Potongan rambut wanita yang sangat lurus dapat menjadikan rambut terlihat terlalu tipis dan menimbulkan kesan lepek. Apalagi bagi Kamu yang memiliki rambut asli bergelombang atau keriting, sebaiknya hindari penataan rambut terlalu lurus. Sebab, hal ini biasanya akan membuat wajahmu semakin terlihat kurus sehingga bisa menimbulkan kesal lesu dan lebih tua.

4. Menata Rambut dengan Belahan Tengah

Belah tengah memang sempat menjadi model potongan rambut wanita 2018 yang banyak digemari. Namun, apabila tidak diimbangi dengan gaya rambut yang tepat, menata rambut dengan belahan tengah justru berisiko membuat penampilanmu tampak lebih tua. Hal ini karena penataan belah tengah akan menjadikan fokus wajah semakin terlihat turun, sehingga wajah tampak kurang segar. Untuk mengakalinya, cobalah untuk menambahkan sedikit poni jika Kamu tetap ingin memilih tatanan rambut belah tengah.

5. Potongan Poni yang Tebal dan Rata

Poni bisa menjadi sentuhan akhir yang sempurna untuk menunjang potongan rambut wanita pilihanmu. Beberapa artis Korea terlihat sangat imut dengan gaya rambut berponi. Namun, kamu juga perlu mengetahui dengan baik seperti apa poni yang tepat untuk dipilih. Memilih poni yang tebal dan rata sepertinya merupakan hal yang harus dihindari. Sebab, potongan poni seperti ini akan menutupi wajah dan menjadikan matamu terlihat lebih kecil. Alih-alih ingin mendapatkan tampilan imut, Kamu malah akan terlihat lebih tua dan lesu.

6. Memilih Gaya Cepol Tinggi dan Besar

Bingung menentukan potongan rambut wanita untuk pergi ke pesta? Bagi Kamu yang memiliki rambut panjang, bisa memilih untuk membuat cepol rambut saat menghadiri pesta formal. Namun, jangan sampai cepol rambut yang Kamu buat tampak terlalu tinggi atau besar, ya. Sebab, cepolan besar hingga menyerupai sanggul akan membuat penampilanmu terlihat jadul. Usahakan juga untuk tidak mencepol rambut terlalu kencang jika tidak ingin kerutan dan bintik hitam di wajah terlihat jelas. Sebagai gantinya, Kamu bisa mencepol rambut agak longgar dan mengeluarkan sedikit bagian depan rambut untuk dijadikan ponytail.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

Perawatan Kulit Sebaiknya Dilakukan saat Malam Hari, Ternyata Ini Alasannya
Puncak Anniversary LBC Skincare ke-25, LBC Hadirkan Nowela Indonesian Idol
Tips Menumbuhkan dan Merawat Brewok Menurut Pakar
Catat! Ini 4 Kebiasaan Buruk Penyebab Komedo di Wajah

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Mahmud Ardi Widanta, Putra Bendahara Umum DPP PAN Maju di Pilkada Gunungkidul
  2. Komang Teguh Bawa Timnas U-23 Unggul 1-0 Atas Australia di Babak Pertama
  3. Angkut Rombongan Pegawai Dinkes, Mobil Ambulans Terguling di Tulungagung
  4. Cabuli Santriwati, Pengasuh Ponpes di Semarang Dihukum 15 Tahun Penjara

Berita Terbaru Lainnya

India Punya Lift Penumpang Terbesar di Dunia, Muat 235 Orang Sekaligus
Kiat Menjaga Kesehatan, Jaga Kualitas Waktu Tidur
3,3% Calon Dokter Spesialis di Indonesia Alami Depresi, Begini Cara Menjaga Kesehatan Mental
Job Seeker Inilah 15 Perusahaan dengan Pengembangan Karier Terbaik di Indonesia
Tak Cuma Paru-Paru, Peneliti Sebut Vape Juga Bisa Merusak Jantung
Berpotensi Cuan, 10 Ide Bisnis Ini Bisa Anda Jalankan Setelah Lebaran
Siap-siap! Pengguna Akun Baru X Bakal Dikenakan Biaya
Bukan Introvert, Ini 8 Tanda Pria Kesepian
Setop Migrain dengan Kenali Tahapan dan Cara Mengatasinya
Jaga Kesehatan Setelah Lebaran, Hindari Gorengan Agar Kolesterol Terjaga