Lifestyle

Penting untuk Cewek! Berikut 7 Cara Menghindari Pelecehan Seksual

Penulis: Anshary Madya Sukma
Tanggal: 15 Agustus 2022 - 23:07 WIB
Ilustrasi pelecehan seksual. - Istimewa

Harianjogja.com, JAKARTA – Kasus pelecehan seksual seakan terus menjamur di Indonesia, salah satu kasus terbarunya adalah tindakan pelecehan yang diduga dilakukan oleh karyawan perusahaan Kawan Lama Group.

Pelecehan seksual merupakan tindakan tercela yang dapat membuat korbannya mengalami stres hingga depresi, walaupun pelecehan seksual sebagian besar dialami perempuan, akan tetapi korban pelecehan ini bisa dialami oleh siapa saja.

Simak cara agar bisa terhindar dari pelecehan seksual:

1. Hindari Catcalling

Catcalling sendiri merupakan panggilan yang memiliki tendensi kearah pelecehan seksual, perlakuan ini sering kali terjadi dalam perjalanan hingga membuat munculnya rasa ketidaknyamanan.

Untuk melawan hal ini, Anda perlu bersikap tegas, ketus dan memperlihatkan ketidaksukaan terhadap perlakuan ini.

2. Siapkan Senjata Rahasia

Tidak ada tempat yang benar-benar aman dalam pelecehan seksual, maka dari itu Anda perlu menyiapkan senjata untuk melindungi diri dari pelaku.

Misalnya, Anda bisa memanfaatkan botol semprotan bekas untuk dimasukan cairan pedas atau lada yang siap disemprotkan kapan saja ketika terindikasi pelecehan seksual.

3. Bersikap Tegas dan Berani Menegur

Jika ada indikasi pelecehan seksual di tempat umum seperti ruang publik, transportasi dan sebagainya, sebaiknya Anda menegur pelaku dan laporkan kepada pihak keamanan disana.

Namun, apabila Anda tidak memiliki keberanian itu maka berteriaklah sekencang mungkin agar Anda dapat menghindari pelecehan dan orang-orang disekitar pasti akan membantu Anda.

4. Bekali Dengan Ilmu Bela Diri

Ilmu bela diri bisa menjadi senjata terampuh dalam menghadapi pelaku pelecehan seksual, untuk poin ini Anda juga tidak harus benar-benar menguasai dan menjadi profesional. Cukup mengetahui dasarnya untuk menyerang titik vital dari pelaku, seperti menendang kemaluannya, mendorong pelaku, memukul dan sebagainya.

5. Bawa Ransel

Selanjutnya, dikutip dari brussels-express.eu pada Senin (15/8/2022). Cara sederhana seperti membawa ransel dapat membantu Anda mengurangi indikasi pelecehan, karena jika menggunakan ransel maka bagian sensitive tubuh Anda bisa lebih terlindungi.

Tujuan membawa ransel juga untuk membuat pelaku tidak nyaman dan harus berupaya ekstra untuk melakukan pelecehan seksual.

6. Perhatikan Posisi

Dalam situasi dalam ruangan yang ramai atau tempat umum, pilihlah tempat di mana Anda dapat berdiri dengan punggung menempel ke dinding atau struktur fisik apa pun seperti meja.

Misalnya, saat menaiki lift, berdirilah di dekat salah satu dari tiga dinding jika memungkinkan atau jika Anda sedang menunggu bus atau trem, tetaplah berada di dalam halte dengan membelakangi dinding.

7. Ketahui Batas Konsumsi Alkohol

Selain itu, mengutip internationalstudentinsurance.com, dengan mengetahui batas alkohol yang Anda minum maka hal dapat terhindar dari pelecehan seksual, seperti yang kita tahu bahwa dengan terlalu minum banyak minuman yang mengandung alkohol bisa membuat Anda tidak sadarkan diri.

Nah, dalam kondisi itu Anda bisa saja mendapat pelecehan, maka dari itu Anda perlu mewaspadai hal ini dan mengetahui batas alkohol yang dapat Anda minum.

Adapun, dilansir share.stanford.edu pada Senin (15/8/2022), untuk korban pelecehan dianjurkan untuk tidak terlalu lama memendam sendiri masalah ini, karena dengan mengeluarkan atau menceritakan sesegera mungkin, bisa jadi dapat mengurangi beban ini.

Walaupun memang tidak mudah, tetapi setidaknya bicarakan dengan orang sangat Anda percaya. Selain itu, tindakan ini juga sebagai upaya meminimalisir korban yang akan muncul selanjutnya,

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Berita Terkait

Kasus Oknum Petugas Damkar yang Melecehkan Anak Kandung Dapat Perhatian dari KemenPPPA
Tersandung Kasus Pelecehan, Ketua DPD PSI Jakarta Barat Mengundurkan Diri
ASN Ini Rekam 6 Teman Kerja Perempuan di Toilet Pakai Ponsel Tersembunyi
Terseret Kasus Pelecehan Seksual, Rektor Nonaktif UP Jalani Visum et Repertum Psikiatrikum

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Kenali Tanda-Tanda Terinfeksi Virus B yang Ditularkan dari Monyet
  2. Pemilihan Rektor UNS Solo Periode 2024-2029 Dimulai, Cek Jadwalnya
  3. Max Verstappen Tegaskan Tetap di Red Bull Selama Ia Bahagia Bersama Tim
  4. Mayoritas Kader PDIP Dukung Joko Purnomo Maju Jadi Calon Bupati 2024

Berita Terbaru Lainnya

Stres Memicu Sakit Punggung, Ini Penjelasannya
Stres Bekerja Juga Sebabkan Sakit Punggung Loh!
Jangan Sampai Menyesal, Ini Tips Memilih Jasa Open Trip Saat Berwisata
Ini Dia 20 Negara dengan Udara Paling Tercemar di Dunia, Indonesia Salah Satunya
India Punya Lift Penumpang Terbesar di Dunia, Muat 235 Orang Sekaligus
Kiat Menjaga Kesehatan, Jaga Kualitas Waktu Tidur
3,3% Calon Dokter Spesialis di Indonesia Alami Depresi, Begini Cara Menjaga Kesehatan Mental
Job Seeker Inilah 15 Perusahaan dengan Pengembangan Karier Terbaik di Indonesia
Tak Cuma Paru-Paru, Peneliti Sebut Vape Juga Bisa Merusak Jantung
Berpotensi Cuan, 10 Ide Bisnis Ini Bisa Anda Jalankan Setelah Lebaran