Advertisement

Gawat, Hutan Lindung di Kintamani Terbakar Hebat

Newswire
Jum'at, 14 September 2018 - 13:01 WIB
Kusnul Isti Qomah
Gawat, Hutan Lindung di Kintamani Terbakar Hebat Ilustrasi kebakaran hutan. - REUTERS/Fred Greaves

Advertisement

Harianjogja.com, BANGLI-Kebarakan hebat melanda hektaran kawasan hutan lindung Bukit Kembar di Desa Kutuh, Kintamani, Kabupaten Bangli, sejak Kamis (13/9/2018) malam. Tragisnya upaya pemadaman api hingga kini belum bisa dilakukan secara optimal, lantaran terkendala akses jalan yang terjal.

Oleh karenanya, upaya pengendalian api hanya bisa dilakukan secara konvensional oleh petugas kehutanan dibantu masyarakat setempat yang juga terliha panik karena besarnya kobaran api. Untuk mencegah kobaran api meluas hingga ke pemukiman, petugas kehutanan dibantu warga setempat melakukan pengendalian api secara konvensional serta membuat alur pemutus api.

Advertisement

Sebab, untuk pengendalian api dengan menggunakan armada pemadam kebakaran tidak bisa dilakukan karena terkendala medan dan tidak adanya akses jalan menuju titik api. Meski demikian, berkat usaha petugas dan masyarakat saat ini api sudah bisa mulai dikendalikan sehingga tidak sampai meluas ke pemukiman.

Hanya saja, dampak dari kebakaran tersebut dipastikan puluhan hektar kawasan hutan ludes terbakar. Diduga kebakaran hutan dipicu selain karena faktor cuaca ekstrem kemarau dan ulah oknum-oknum tak bertanggungjawab yang membuang puntung rokok sembarangan.

“Terlebih kondisi tumbuhan dan pepohonan hutan yang ada di wilayah setempat mulai mengering sehingga rawan terbakar,” ungkap Kasi Logistik dan Kedaruratan BPBD Bangli, I Ketut Agus Sutapa, Jumat (14/9/2018).

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, BPBD Kabupaten Bangli telah menyiagakan personel dan peralatannya termasuk juga telah berkoordinasi dengan tim Pemadam Kebakaran Kabupaten Singaraja yang wilayahnya lebih dekat dengan lokasi kebakaran, untuk membantu upaya pemadaman api jika sewaktu-waktu kebakaran kembali meluas mendekati pemukiman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Jadwal Keberangkatan Kereta Bandara YIA Jogja Hari Ini, Rabu 1 Mei 2024

Jogja
| Rabu, 01 Mei 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement