Advertisement

Sandi Lega Jokowi Akui Adanya Kecurangan di Pemilu 2019

Feni Freycinetia Fitriani
Rabu, 01 Mei 2019 - 18:57 WIB
Budi Cahyana
Sandi Lega Jokowi Akui Adanya Kecurangan di Pemilu 2019 Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno (tengah) melayani relawan untuk berswafoto saat berkunjung ke GOR Pancasila, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (27/4/2019). - Antara/Moch Asim

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Calon wakil presiden Sandiaga Uno lega  terhadap pengakuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) perihal adanya kecurangan dalam Pemilu 2019.

Jokowi sebelumnya menyesalkan adanya istilah terstruktur, masif, dan sistematis (TSM) soal kecurangan Pemilu 2019. Jokowi menilai kalau pun ada kecurangan, sifatnya kasus per kasus.

Advertisement

Sandiaga, mantan Wakil Gubernur DKI, berpendapat kecurangan perlu dibuktikan menggunakan pendekatan hukum oleh pihak yang berwenang.  "Ya Alhamdulillah, Pak Jokowi sudah mengakui ada kecurangan," ujarnya  dalam siaran pers, Rabu (1/5/2019).

Sandiaga  memantau langsung penghitungan C1 yang dilakukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Koto Tengah, Padang. Dia didampingi Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit melihat langsung proses penghitungan suara tersebut. 

Begitu tiba di lokasi, puluhan warga khususnya emak-emak langsung menyerbu untuk mengajak swafoto (selfie) dengan Sandi. Dia mengatakan kedatangannya untuk menyemangati para sukarelawan yang telah bekerja keras untuk menjaga penghitungan suara 

“Terima kasih para relawan  di Koto Tengah yang masih bekerja keras  untuk menciptakan   pemilu yang jujur dan adil. Jangan lupa jaga kesehatan. Sudah cukup korban yang berjatuhan,” ujarnya

Sandi mengucapakan belasungkawa atas meninggalnya 300 lebih petugas, saksi, dan relawan yang berjuang mengawal Pilpres 2019. Bahkan, saat ini sudah 2.000 orang yang dirawat di rumah sakit.

Menurutnya, kejadian ini memberikan rasa khawatir dan prihatin seluruh bangsa Indonesia. Oleh karena itu, dia mengigatkan semua pihak agar menjaga keberlangsungan hasil pemilu hingga 22 Mei nanti.

“Saya juga ingin memastikan proses disini dapat berjalan jujur dan adil," katanya.

Di saat yang bersamaan, Sandiaga juga menyampatkan diri masuk dalam gedung tempat proses penghitungan suara hasil Pemilu  2019 di PPK Koto Tengahdi lantai satu dan dua. Dia bersama Prabowo Subianto juga mengapresiasi setinggi-tingginya kepada sukarelawan atas ketulusannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

DBD Menggila di Kulonprogo, Ini Kapanewon dengan Kasus Terbanyak

Kulonprogo
| Minggu, 05 Mei 2024, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement