Advertisement

Laboratorium Meledak, Belasan Karyawan PT OSS Keracunan

Newswire
Kamis, 15 Agustus 2019 - 00:57 WIB
Sunartono
Laboratorium Meledak, Belasan Karyawan PT OSS Keracunan Ilustrasi bom, - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com,  SULAWESI TENGGARA--Laboratorium PT Obsidian Stainlies Stell (OSS), di Desa Tani Indah, Kecamatan Kapoiala, Kabupaten Konawe, meledak dan mengakibatkan 19 orang keracunan akibat menghirup asap kebakaran pada Rabu (14/8/2019) siang itu.

Para korban terdiri dari 17 perempuan pekerja dan dua laki-laki, dan saat ini sudah dirawat di RS Bahteramas.

Advertisement

Menurut Kepala Bidang Humas Polda Sulawesi Tenggara AKBP Harry Goldenhardt, kejadian bermula sekitar pukul 08.00 WITA saat beberapa pekerja setempat yang sebagian besar adalah perempuan tengah membenahi bagian dalam gedung laboratorium PT OSS.

"Ada beberapa karyawan Tenaga Kerja Asing (TKA) China yang sedang mengelas anak tangga yang menuju lantai dua, sekitar pukul 10.45 WITA. Tiba-tiba muncul kepulan asap dari ruangan laboratorium tempat penyimpanan bahan kimia yang terletak di lantai dasar," kata Goldenhardt.

Selanjutnya, kepulan asap itu berhubungan langsung dengan anak tangga dilas oleh TKA China itu. "Selang berapa saat kemudian terdengar ledakan keras dari ruangan laboratorium tersebut, sehingga para karyawan yang mayoritas adalah perempuan yang berada didalam gedung itu berlarian keluar gedung untuk menyelamatkan diri," ujar dia.

Pada saat kebakaran itu terjadi, karyawan setempat dan beberapa TKA China yang tengah berada di sekitar lokasi kontan berupaya memadamkan kebakaran itu.

"Untuk sementara penyebab kebakaran diduga dari percikan api Las dan mengenai bahan kimia yang berada di ruangan laboratorium. Dan dugaan ledakan berasal dari AC duduk yang berada didalam ruangan laboratorium tersebut," kata Goldenhardt.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Sambut Pemudik dan Wisatawan Libur Lebaran 2024, Begini Persiapan Pemkab Gunungkidul

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement