Advertisement

Kala Tentara Malaysia Bantu Kibarkan Bendera Indonesia saat HUT Kemerdekaan

Newswire
Minggu, 18 Agustus 2019 - 08:57 WIB
Bhekti Suryani
Kala Tentara Malaysia Bantu Kibarkan Bendera Indonesia saat HUT Kemerdekaan Upacara peringatan 74 tahun kemerdekaan RI di Entikong - Okezone/Ade Putra

Advertisement

Harianjogja.com, SANGGAU – Ada yang unik dari peringatan Kemerdekaan Indonesia di perbatasan Entikong, Kalimantan Barat.

Peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan Indonesia di seluruh penjuru Tanah Air berlangsung khidmat. Termasuk di perbatasan negara di Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

Advertisement

Rasa persatuan di hari kemerdekaan RI ini bahkan tidak hanya dirasakan warga negara Indonesia. Masyarakat Malaysia di sekitar perbatasan ini ikut merasakan semaraknya hari kemerdekaan Indonesia.

Tak hanya itu, persatuan di perbatasan RI-Malaysia juga tampak dari keterlibatan Tentara Darat Malaysia (TDM) membantu Tentara Nasional Indonesia (TNI) mengibarkan bendera merah putih raksasa.

Merah putih berukuran 45x17 meter itu dikibarkan di lereng bukit sebelah kiri Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong, Kabupaten Sanggau, Sabtu (17/8/2019), tepat pukul 10.00 WIB.

Merah putih ini dibentangkan menghadap langsung ke Negara Jiran setelah upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Komandan Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns Mayor Infanteri Dwi Agung Prihanto menjelaskan pengibaran bendera raksasa tersebut merupakan wujud syukur lintas elemen di perbatasan atas kemerdekaan Indonesia yang sudah menapaki usia 74 tahun.

"Kemerdekaan ini merupakan hasil perjuangan bangsa Indonesia. Sebagai wujud syukur itu, hari ini kita bersama mengibarkan merah putih ukuran 45x17 meter di lereng," jelas Dwi Agung Prihanto usai pengibaran.

Ia menerangkan, keterlibatan TDM dalam pengibaran bendera merah putih raksasa juga menjadi bentuk hubungan bilateral yang baik antara Indonesia dan Malaysia. "Keikutsertaan TDM dalam pengibaran ini juga wujud respek atau kepedulian TDM atas HUT ke-74 Indonesia," terangnya.

Senada dengan Dwi Agung, Komandan Pos Gabma RI-Malaysia Entikong dari Kompi A Batalion 11 Resimen Askar Melayu Diraja (RAMD) Malaysia Sersan Ridzuan menegaskan bahwa keikutsertaan pihaknya dalam pengibaran merah putih adalah bagian dari kerjasama Indonesia dan Malaysia. Khususnya TNI dan TDM.

"Enam anggota kami turut membantu mengibarkan bendera pada hari ini. Saya mewakili TDM mengucapkan selamat hari kemerdekaan kepada negara Indonesia," ucap Ridzuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Sabtu 20 April 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 04:17 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement