Advertisement

Gunung Merbabu Terbakar, Jalur Pendakian Sementara Ditutup

Newswire
Kamis, 12 September 2019 - 20:17 WIB
Bhekti Suryani
Gunung Merbabu Terbakar, Jalur Pendakian Sementara Ditutup Ilustrasi. /Bisnis-Bisnis - Paulus Tandi Bone

Advertisement

Harianjogja.com, BOYOLALI- Kebakaran hutan melanda kawasan Gunung Merbabu.

Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb) Boyolali, Jawa Tengah menutup sementara jalur pendakian Gunung Merbabu. Penutupan jalur pendakian tersebut terhitung mulai Kamis (12/9/2019).

Advertisement

Penutupan dilakukan karena adanya titik api di wilayah jalur pendakian Suwanting, Magelang.

Keputusan menutup jalur pendakian ini juga sudah disampaikan oleh BTNGMb melalui Surat Edaran No 417/T.35/TU/EVLAP/2019 yakni tentang Penutupan Sementara Jalur Pendakian Gunung Merbabu.

Kepala BTNGMb Junita Parjanti, mengungkapkan titik api di Suwanting terpantau dini hari sekira pukul 02.00 WIB. Untuk luasan lahan yang terbakar pihaknya belum bisa memastikannya.

"Dengan mempertimbangkan keselamatan dari para pendaki, untuk sementara jalur pendakian kami tutup. Penutupan sampai waktu yang belum ditentukan," terang Junita kepada Suara.com-jaringan Harianjogja.com, Kamis (12/9/2019).

Junita juga tidak bisa memastikan penyebab kebakaran yang terjadi. Mengingat, saat ini kondisi cuaca juga masih musim kemarau. Sehingga, kebakaran mudah terjadi.

"Lahan yang terbakar kebanyakan lahan gambut. Semua jalur pendakian kami tutup, mulai dari Selo, Suwanting, Wekas, Cunthel dan Thekelan," urainya.

Junita menambahkan, pihaknya mengimbau kepada seluruh warga terutama yang tinggal di sekitar gunung Merbabu agar berhati-hati. Selain itu juga jangan melakukan aktivitas yang bisa menyebabkan kebakaran.

"Kami juga meminta kepada warga agar ikut menjaga agar tidak terjadi kebakaran. Warga juga harus berhati-hati dan tidak melakukan aktivitas yang berpotensi menyebabkan kebakaran," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Sambut Pemudik dan Wisatawan Libur Lebaran 2024, Begini Persiapan Pemkab Gunungkidul

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement