Advertisement

Jokowi Akan Hadapi Banyak Masalah di Periode Kedua, Ini Alasannya

Setyo Aji Harjanto
Senin, 14 Oktober 2019 - 22:27 WIB
Budi Cahyana
Jokowi Akan Hadapi Banyak Masalah di Periode Kedua, Ini Alasannya Presiden Joko Widodo. - Antara/Puspa Perwitasari

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Indonesia Corruption Watch (ICW) menyebut pemerintahan Presiden Joko Widodo bakal menghadapi banyak masalah pada periode 2019-2024.

Koordinator Divisi Korupsi ICW Donal Fariz mengatakan kemungkinan tersebut terlihat dari pemerintahan sebelum Jokowi. Menurutnya presiden yang memimpin Indonesia kerap kali gagal di periode kedua.

Advertisement

"Kita bisa lihat dari sejarah terlebih dahulu bahwa acap kali presiden yang memimpin di periode kedua itu gagal atau paling tidak menghadapi turbulensi yang besar. The curse of second period,” kata Donal di sebuah diskusi di wiayah Jakarta Pusat, Senin (14/10/2019).

Salah satu contoh kasusnya adalah pemerintahan periode kedua mantan Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Menurut Donal, ketika itu SBY dibayangi banyak kasus korupsi yang menyeret sejumlah kader Partai Demokrat.

Misalnya, kasus Century dan Hambalang. Hal itu, kata dia membuat agenda pemerintahan menjadi terhambat.

Selain itu, di periode kedua, SBY juga melakukan sejumlah kesalahan salah satunya terkait dengan pemilihan kepala daerah (pilkada).

"Bahkan ada offside di ujung pemerintahan periode kedua yaitu mengubah desain pemilihan kepala daerah dari langsung jadi tidak langsung. Akhirnya kalang kabut dan keluar perppu,” ujar Donal.

Lebih lanjut, Donal menilai pekerjaan rumah di periode pertama pemerintahan Jokowi terbilang cukup banyak. Ia bakal menghadapi sejumlah persoalan terkait dengan pilitik dan hukum. Tidak tuntasnya Nawacita juga menjadi catatan tersendiri bagi mantan Wali Kota Solo itu.

“Pidato di Sentul seolah-olah meninggalkan Nawacita dari agendanya. Tiba-tiba Presiden dalam pidatonya tidak bicara bagaimana Nawacita pertama, apa capaian dan apa yang akan dilanjutkan di periode kedua. Tidak pernah disentuh oleh Jokowi,” ujar Donal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok dan Jadwal Donor Darah di Jogja Hari Ini, Jumat 19 April 2024

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement