Advertisement

Ini Ruas Tol Terpanjang yang Pernah Diresmikan Jokowi

Aprianus Doni Tolok
Jum'at, 15 November 2019 - 19:37 WIB
Budi Cahyana
Ini Ruas Tol Terpanjang yang Pernah Diresmikan Jokowi Presiden Joko Widodo meresmikan jalan tol terpanjang di Sumatra, Jumat (15/11/2019). - JIBI/Bisnis.com/Aprianus Doni Tolok

Advertisement

Harianjogja.com, BANDAR LAMPUNG - Ruas Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang-Kayu Agung mulai beroperasi setelah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, Jumat (15/11/2019). Jokowi mengatakan bahwa ruas tol dengan panjang 189,3 kilometer itu pun menjadi yang terpanjang yang pernah diresmikannya.

"Tol dari Terbanggi Besar sampai Kayu Agung dengan panjang [sekitar] 189 kilometer, ini adalah jalan tol terpanjang yang pernah saya resmikan," ujarnya di Bandar Lampung.

Advertisement

Menurut Presiden, keberadaan ruas tol di Sumatra akan berdampak positif, di antaranya menciptakan titik-titik pertumbuhan ekonomi yang baru, dan perbaikan jaringan logistik yang lebih baik. Selain itu, jalan tol itu menjadi fasilitas sentra-sentra produksi yang ada sehingga akses menuju ke pasar menjadi lebih cepat.

Keberadaan ruas tol yang diharapkan akan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat menjadi bukti pemerataan pembangunan atau keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Jalan tol tidak hanya di Jawa saja. Kita harapkan dari Lampung sampai Aceh kita selesaikan pada 2024 sepanjang 2.700 kilometer," imbuhnya.

Adapun, ruas tol yang mulai dikerjakan oleh PT Hutama Karya (Persero) sejak Juli 2018 dengan biaya investasi sebesar Rp 21,95 triliun, juga berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) sebagai Ruas Tol Terpanjang di Indonesia.

Kinerja positif Hutama Karya (HK) juga diapresiasi Presiden karena pengerjaannya relatif cepat yakni hanya memakan waktu 841 hari atau sekitar 23 bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement