Advertisement

Kawasan Monas Pernah Banjir Parah pada 1897, Ini Fotonya

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 02 Januari 2020 - 16:17 WIB
Budi Cahyana
Kawasan Monas Pernah Banjir Parah pada 1897, Ini Fotonya Pekerja harian Lepas (PHL) membersihkan sampah di sepanjang jalan di kawasan Monas, Jakarta, Selasa (17/3). - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Banjir di Jakarta bukanlah hal baru. Setiap hujan lebat, Jakarta kerap tergenang, bahkan hingga setinggi dada orang dewasa.

Biasanya, banjir akan surut dalam rentang waktu yang berbeda, tergantung pada ketinggian banjir, hingga kondisi geografis kawasan tersebut. Banjir di Jakarta juga terjadi di pemukiman elite, bahkan di kawasan segitiga emas, termasuk juga di kawasan Medan Merdeka, yang merupakan pusat pemerintahan.

Advertisement

Banjir di kawasan Medan Merdeka Jakarta Pusat dekat dengan Monas ini, juga bukan terjadi saat ini. Berdasarkan informasi dari Twitter BNPB, banjir di kawasan Monas juga pernah terjadi pada tahun 1897 silam.

Artinya, genangan banjir di kawasan itu telah terjadi sejak 122 tahun yang lalu. Padahal, waktu itu, menurut BNPB belum banyak sampah menumpuk di Jakarta.

"Bencana merupakan peristiwa yg berulang. Sekitar tahun 1987 di Koningsplein (Jl. Medan Merdeka) / sekitaran Monas di Batavia sempat juga mengalami #banjir. Padahal saat itu sampah belum banyak, tapi Jakarta sudah banjir," tulis akun resmi BNPB.

Dalam foto yang diambil dari /digitalcollections.universiteitleiden.nl itu, tampak kawasan Monas tergenang banjir. Di sana terlihat foto becak yang sedang menerobos banjir. Tidak terlihat kendaraan bermotor yang lalu lalang atau melintasi di antara banjir tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Imsak dan Buka Puasa Wilayah Jogja dan Sekitarnya, Jumat 29 Maret 2024

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 02:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement