Advertisement

Belajar Baca Al-Quran dan Tafsirnya Makin Mudah Lewat Metode Digital

Media Digital
Senin, 30 Maret 2020 - 04:27 WIB
Budi Cahyana
Belajar Baca Al-Quran dan Tafsirnya Makin Mudah Lewat Metode Digital Ilustrasi - Harian Jogja/dok

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Indonesia merupakan negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia. Jumlahnya saat ini yakni sekitar 200 juta jiwa atau 87 persen dari total populasi. Kendati memegang predikat tersebut, banyak masyarakat Indonesia yang belum bisa membaca AlQuran. Dari survei yang dilaksanakan Kampus Perguruan Tinggi Ilmu Al-Quran (PTIQ) Jakarta pada 2017 lalu, sedikitnya 50-60 persen penduduk Muslim di Indonesia tidak bisa membaca Al-Qur’an.

Padahal, membaca Al-Quran merupakan salah satu amalan wajib yang harus dikerjakan oleh setiap Muslim. Barang siapa yang membaca dan mengamalkan AlQuran dijanjikan pahala berlipat ganda dan syafaat pada hari kiamat kelak. Memang tidak mudah untuk dilakukan, belajar membaca AlQuran perlu ketekunan tersendiri dan niat yang besar.

Advertisement

Di tengah perkembangan teknologi informasi dewasa ini, ini banyak metode belajar baca AlQuran yang sangat efektif untuk dilakukan. Anda bahkan bisa mengakses metode belajar membaca AlQuran dengan ponsel pintar yang Anda miliki. Saat ini banyak situs atau website di internet yang menyediakan layanan belajar membaca AlQuran yang praktis dan bisa dilakukan kapanpun dan di manapun.

Salah satu yang cukup dikenal yakni website Bisaquran.com. Website yang satu ini menghadirkan sarana full digital berupa kelas online berbasis aplikasi instant messaging, atau menggunakan website khusus sebagai Learning Management System (LMS). Tak hanya itu, ada pula yang menggunakan sistem hybrid yakni menggabungkan materi klasik berupa buku dan video pembelajaran.

Dengan metode yang sangat mudah dicerna dan dipahami pengguna bahkan bisa mulai paham cara membaca AlQuran yang baik hanya dalam hitungan hari. Seperti yang dirasakan Sri Enyati (62 tahun). Warga Cilandak, Jakarta Selatan, ini mengaku metode belajar Al-Quran digital sangat membantu, terutama buat orang tua yang baru belajar baca Al-Quran.

“Waktu kecil saya tidak percaya kalau dalam 3 hari sudah bisa membaca al-Qur’an, tetapi setelah saya menjalaninya, ternyata benar. Metode ini memang luar biasa,” katanya.

Tak hanya pelajaran membaca AlQuran, Anda juga bisa mempelajari inti sari dari surah-surah yang ada dalam AlQuran secara online. Sekarang telah tersedia fasilitas untuk belajar tafsir dengan berbagai kemudahan. Berbagai tafsir dari surah-surah populer semacam Surah Al-Fatihah, Surah Al-Baqarah, Surah Ad-Dhuha, Surah An-Naba, Surah Yusuf, bisa anda akses secara online.

Seperti yang ditawarkan oleh Tafsirweb.com, yang memberikan akses untuk mempelajari tafsir Al-Quran dengan beragam versinya. Di antaranya yakni, Tafsir Kementrian Agama Republik Indonesia, Tafsir Kementrian Agama Saudi Arabia, dan lain sebagainya.

Semua versi tafsir tersebut tersedia gratis untuk dibaca. Anda juga bisa dengan mudah mengakses tafsir dari surah-surah populer lain seperti Surah Yasin, Surah Al-Waqiah, Surah Al-Kahfi, Surah Al-Muluk, dan Ar-Rahman. Dengan adanya fasilitas digital untuk belajar membaca Al-Quran dan tafsirnya, tentunya tidak ada lagi alasan untuk tidak belajar Al-Quran bukan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kirab Pengantin Tebu di Pabrik Gula Madukismo

Bantul
| Selasa, 23 April 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement