Advertisement

Jokowi: Pemudik dari Jabodetabek Jadi ODP

Rayful Mudassir
Kamis, 02 April 2020 - 15:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Jokowi: Pemudik dari Jabodetabek Jadi ODP Ilustrasi-Pemudik melintas di jalur Tol Trans Jawa, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Minggu (2/6/2019). - ANTARA/Harviyan Perdana Putra

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Guna mencegah penyebaran virus Corona penyebab Covid-19 yang semakin meluas, Presiden Joko Widodo meminta pemerintah daerah untuk menetapkan pemudik dari wilayah Jabodetabek sebagai orang dalam pemantauan atau ODP. Mereka juga diminta melakukan isolasi mandiri.

“Pemudik yang pulang dari Jabodetabek bisa menjadi orang dalam pemantauan [ODP] sehingga harus direncanakan isolasi mandiri,” katanya saat membuka rapat terbatas virtual di Jakarta, Kamis (2/4/2020).

Advertisement

Presiden menyebut pengawasan dan pengendalian di tingkat daerah sudah mulai bergerak termasuk di level kelurahan atau desa. Presiden turut mendorong adanya partisipasi komunitas untuk mendata pemudik dari Jabodetabek. 

Partisipasi hingga di tingkat RT dan RW diperlukan guna mengendalikan penyebaran Covid-19. Langkah ini dilakukan untuk mengamankan masyarakat pemudik dan mencegah penambahan orang terinfeksi.

Di sisi lain, Jokowi meminta agar para menteri menyiapkan skenario komprehensif sebagai antisipasi pemudik di tengah penyebaran virus Corona. Skenario tersebut harus dipersiapkan sejak dari hulu hingga hilir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Wanita Berkebaya Gelar Aksi dengan Mata Tertutup di Tugu Jogja, Merespons Jelang Pembacaan Putusan MK

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement