Advertisement

Dexamethasone Terbukti Jadi Obat Pertama Covid-19 & Banyak Dijual Murah di Apotek, Ini Harganya

Budi Cahyana
Rabu, 17 Juni 2020 - 12:17 WIB
Budi Cahyana
Dexamethasone Terbukti Jadi Obat Pertama Covid-19 & Banyak Dijual Murah di Apotek, Ini Harganya Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO telah menyatakan dexamethasone sebagai obat pertama yang terbukti mujarab mengurangi angka kematian pasien Covid-19. Obat tersebut banyak dijual di apotek Indonesia dan harganya sangat terjangkau.

Dexamethasone telah lolos uji klinis awal di Inggris dan terbukti dapat menyelamatkan nyawa pasien yang kritis akibat Covid-19. Obat itu mengurangi angka kematian sepertiga pasien yang menggunakan ventilator dan angka kematian seperlima pasien yang membutuhkan oksigen. Namun, manfaat dexamethasone hanya terlihat pada pasien Covid-19 yang sudah parah dan tidak diamati pada pasien dengan penyakit ringan.

Advertisement

Harian Jogja Hari Ini: Tahun Ajaran Baru di DIY Masih Daring

“Ini adalah pengobatan pertama yang ditunjukkan untuk mengurangi angka kematian pada pasien Covid-19 yang membutuhkan dukungan oksigen atau ventilator,” kata Tedros Adhanom Ghebreyesus, Direktur Jenderal WHO dikutip dari laman resminya, Rabu (17/6/2020).

“Ini adalah berita bagus dan saya mengucapkan selamat kepada Pemerintah Inggris, Universitas Oxford, dan banyak rumah sakit dan pasien di Inggris yang telah berkontribusi pada terobosan ilmiah yang menyelamatkan jiwa ini.”

Vaksin Covid-19 Asal China Merespon Antibodi 100 Persen

Dexamethasone adalah steroid yang telah digunakan sejak 1960-an untuk mengurangi peradangan dalam berbagai kondisi, termasuk jenis kanker tertentu. Obat ini telah terdaftar dalam Daftar Model Obat Esensial WHO sejak 1977 dalam berbagai formulasi, saat ini tidak memiliki paten dan tersedia dengan harga terjangkau di sebagian besar negara.

“Panduan klinis WHO akan diperbarui untuk mencerminkan bagaimana dan kapan obat harus digunakan dalam penanganan Covid-19.”

Begini Nasib Vaksin Covid-19 Buatan Indonesia

Dexamethasone tersedia di hampir semua apotek di Indonesia dan harganya sangat murah. Di laman salah satu apotek online besar, dexamethasone dihargai Rp1.870 per 10 tablet. Ada juga yang menjualnya seharga Rp2.500 per 10 tablet.

Dexamethasone tergolong obat keras dan harus dikonsumsi dengan petunjuk dokter. Obat ini menimbulkan efek samping seperti lemah otot, osteoporosis, gangguan penyembuhan luka, keringat berlebih, sakit kepala, gangguan siklus haid, menghambat pertumbuhan pada anak, hingga penurunan toleransi terhadap karbohidrat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal KRL Solo-Jogja, Berangkat dari Palur Rabu 24 April 2024

Jogja
| Rabu, 24 April 2024, 01:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement