Advertisement

Pakar: Kasus Covid-19 di Jawa Belum Sampai Titik Terburuk

Newswire
Sabtu, 08 Agustus 2020 - 11:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pakar: Kasus Covid-19 di Jawa Belum Sampai Titik Terburuk Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Pandemi virus corona (Covid-19) di Indonesia, khususnya Pulau Jawa, belum sampai titik terburuk. Hal tersebut disampaikan oleh.epidemiolog asal Universitas Griffith Australia, Dicky Budiman. Menurutnya, saat ini Indonesia belum mencapai puncak pandemi Covid-19.

"Situasi pandemi di Indonesia khususnya Jawa belum puncak dan juga belum yang terburuk," kata Dicky dikutip Okezone--jaringan Harianjogja.com, Sabtu (8/8/2020).

Advertisement

Berdasarkan hasil analisis Dicky, Indonesia masih akan menghadapi situasi yang lebih buruk dari saat ini. Sebab, ia melihat masih banyak warga yang sebenernya terinfeksi virus corona, namun belum terdeteksi.

Baca Juga: Ada Pandemi Corona, Jumlah Pelanggaran Lalu Lintas di DIY Turun

"Kita masih akan menghadapi situasi yang lebih buruk terutama karena masih terlalu banyak kasus covid di masyarakat yang belum terdeteksi. Yang paling menguatirkan sebetulnya terutama di provinsi selain DKI, karena cakupan testing tracingnya yang sangat rendah," bebernya.

Dicky menyoroti rendahnya tingkat pelacakan penularan serta pemeriksaan Covid-19 di beberapa daerah Indonesia. Hal itu, kata Dicky, dapat berdampak pada ledakan kasus corona dalam beberapa waktu kedepan.

"Yang lebih membuat ancaman ledakan kasus makin bertambah banyak adalah karena daerah-daerah dengan cakupan test rendah ini, merasa dalam zonasi aman," ujarnya.

"Sehingga aktifitas sosial menjadi longgar selain belum optimalnya kepatuhan semua pihak pada protokol kesehatan," sambungnya.

Berita ini sudah tayang di Okezone.com dengan judul "Situasi Pandemi Covid-19 di Indonesia Dinilai Belum Sampai Titik Terburuk".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Alert! Stok Darah di DIY Menipis, PMI Dorong Instansi Gelar Donor Darah

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement