Advertisement

Penelitian: Virus Corona Ternyata Toleran Terhadap Panas, dan Sangat Tangguh

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 20 September 2020 - 19:17 WIB
Bhekti Suryani
Penelitian: Virus Corona Ternyata Toleran Terhadap Panas, dan Sangat Tangguh Sel virus Corona - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA -Penelitian tentang virus Corona baru-baru ini mengonfirmasi bahwa virus tersebut sangat tangguh dan tahan terhadap suhu panas. 

Sebuah tim peneliti di Hongaria berupaya melakukan penelitian dengan mencubit virus corona dengan jarum halus untuk mengukur seberapa besar kekuatan yang diperlukan sebelum virus itu meletus seperti balon. Ternyata Itu tidak terjadi.

Advertisement

Virion asli Sars-CoV-2 partikel virus lengkap hanya berukuran sekitar 80 nanometer, dan ujung jarum untuk penelitian yang digunakan jauh lebih kecil dari itu. Ujungnya melaju dari atas virus ke bawah. Virion itu terjepit, namun segera memantul saat jarum dicabut.

Para peneliti mengulangi latihan tersebut 100 kali dan partikel virus yang sama tetap hampir utuh.

Ini "sangat tangguh," kata tim yang dipimpin oleh Dr Miklos Kellermayer dari Semmelweis University di Budapest dalam makalah non-peer-review yang diposting di biorxiv.org pada hari Kamis. Demikian dilansir dari SCMP. 

Virus corona baru terus mengejutkan para ilmuwan dengan strukturnya yang unik. Misalnya, tim dari Universitas Tsinghua di Beijing merilis rekonstruksi struktural paling rinci dari virus di jurnal Cell minggu ini dengan penemuan bahwa virus dapat menumpuk pita asam nukleat dalam jumlah besar yang membawa data genetik yang sangat rapat. 

BACA JUGA: Tertular Pedagang Pasar, Sembilan Warga Kokap Positif Covid-19

Namun, virus yang digunakan dalam penelitian ini dan penelitian sebelumnya lainnya dibekukan untuk mendapatkan bidikan yang tajam dan stabil untuk kamera.

Tim Kellermayer itu menangkap bagaimana virus tersebut berperilaku ketika masih hidup. Mereka meletakkan partikel virus di atas nampan yang dilapisi dengan bahan pengikat biologis.

Bahan tersebut dapat memperbaiki posisi virus. Di bawah mikroskop gaya atom yang memancarkan laser, para ilmuwan bermain-main dengan virus dengan jarum untuk melihat bagaimana ia merespons berbagai rangsangan.

Virus biasanya menjadi rentan setelah meninggalkan inangnya. Tetapi menurut beberapa penelitian, Sars-CoV-2 dapat bertahan di beberapa permukaan sehari-hari seperti lemari selama beberapa hari.

Bagaimana ia berhasil bertahan dari gangguan lingkungan masih belum jelas.

Tim Hongaria menemukan virus hampir tidak memberikan perlawanan saat ujung jarum mendarat di permukaan. Saat ujungnya melangkah lebih jauh, gaya penahan memuncak dan kemudian dengan cepat berkurang hingga hampir tidak ada.

Data eksperimental mereka menunjukkan Sars-Cov-2 bisa menjadi virus paling elastis secara fisik yang pernah dikenal manusia sejauh ini, dan deformasi berulang tampaknya juga tidak memengaruhi keseluruhan struktur dan konten di dalam virus.

"Sifat mekanis dan penyembuhannya sendiri dapat memastikan adaptasi terhadap berbagai keadaan lingkungan," kata Kellermayer dan rekannya.

Ilmuwan Cina memperkirakan bahwa Sars-CoV-2 ada di permukaannya 26 protein lonjakan yang bisa mengikat dengan sel inang. Para peneliti di Universitas Cambridge di Inggris memberikan perkiraan serupa sebanyak 24. Sebuah penelitian oleh para peneliti di Institut Max Planck di Jerman menghasilkan 40.

Kellermayer mengatakan ada 61 lonjakan pada spesimen mereka. Ini memberi kesan bahwa variabilitas struktur virus bisa lebih besar daripada yang diperkirakan, kata mereka.

Mereka menusuk protein lonjakan dengan jarum dan menemukan bahwa protein itu berayun dengan cepat pada frekuensi tinggi. Kamera atom dapat mengambil lebih dari 300 bidikan dalam satu detik tetapi masih hanya mendapatkan gambar paku yang buram.

Gerakan berkecepatan tinggi seperti itu dapat membantu virus lebih mudah menemukan dan menghubungkan ke sel inang, menurut para peneliti.

Sebuah studi oleh ilmuwan Prancis pada bulan April menemukan bahwa virus dapat berkembang biak di dalam sel hewan setelah terpapar suhu 60 derajat Celcius selama satu jam. Wabah besar-besaran di beberapa negara pada musim panas belahan bumi utara juga menunjukkan bahwa suhu tinggi tidak memperlambat penyebaran pandemi seperti yang diharapkan sebelumnya.

Kellermayer dan koleganya memanaskan partikel virus hingga 90 derajat selama 10 menit dan menemukan bahwa "secara luar biasa, penampilan global mereka hanya sedikit berubah".

Beberapa duri terlepas di bawah panas yang menyengat, tetapi struktur keseluruhan tetap utuh.

"Virion Sars-CoV-2 menampilkan stabilitas termal global yang tidak terduga, yang kemungkinan terkait dengan aerosol dan stabilitas permukaan," kata mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement