Advertisement

Angka Kematian Akibat Covid-19 di Separuh Provinsi Prioritas Naik

Muhammad Khadafi
Kamis, 22 Oktober 2020 - 20:57 WIB
Bhekti Suryani
Angka Kematian Akibat Covid-19 di Separuh Provinsi Prioritas Naik Ilustrasi-Satgas gabungan menjaring warga tidak memakai masker saat digelar Operasi Yustisi Protokol Covid-19 di Pusat Kota Lhokseumawe, Aceh, Rabu (16/9/2020). - Antara/Rahmad

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mencatat 5 dari 10 provinsi prioritas melaporkan kenaikan jumlah kematian sepanjang periode 12 - 18 Oktober 2020 dibandingkan dengan satu pekan sebelumnya.

Aceh menjadi provinsi yang paling tinggi dengan kenaikan 43,8 persen.

Advertisement

“Kami meminta seluruh fasilitas pelayanan kesehatan untuk betul-betul mengikuti standar pengobatan dan pelayanan yang telah ditentukan oleh Kementerian Kesehatan bersama dengan lima organisasi profesi kedokteran,” kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito, Kamis (22/10/2020).

Wiku juga meminta pemerintah daerah memastikan kualitas terbaik dalam penanganan pasien Covid-19.


Penanganan pasien sejak dini, terutama pada kasus bergejala sedang dan berat merupakan kunci untuk menurunkan probabilitas kematian. 

Selain Aceh, provinsi prioritas yang juga mengalami jumlah kenaikan angka kematian adalah Sulawesi Selatan, Sumatra utara, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, dan DKI Jakarta.

Secara berurutan masing-masing provinsi mengalami kenaikan 42,9 persen, 34,8 persen, 23 persen, 9,1 persen, dan 6,7 persen.

“Untuk kematian, tidak bosan-bosan saya sampaikan bahwa 1 kematian terbilang nyawa,” kata Wiku.

Sementara itu provinsi prioritas dengan penurunan jumlah kematian tertinggi adalah Jawa Barat, yakni 36,7 persen. Kemudiain Jawa Timur turun 20 persen, Bali turun 16,7 persen. Sedangkan Papua melaporkan penambahan jumlah kematian yang stagnan.

Untuk kasus positif terjadi kenaikan cukup kencang di Papua, yakni 27,1 persen. Pada periode yang sama sejumlah provinsi melaporkan penurunan kasus positif.

Sumatra Utara melaporkan kasus positif turun 6,3 persen, DKI Jakarta turun 9,2 persen, Jawa Barat turun 8,7 persen, Jawa Timur turun 6,4 peren, dan Bali turun 17,3 persen.

Sedangkan Jawa Tengah naik 1,6 persen, Kalimantan Selatan naik 1,2 persen, Sulawesi Selatan naik 5,5 persen, dan Aceh naik 0,3 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Tingkatkan Daya Saing, Pemkot Jogja Dorong Sertifikasi dan Legalitas Produk UMKM

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 11:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement